Sukses

Onadio Leonardo Tanya Bolehkah Minum Alkohol untuk Menghangatkan Tubuh? Habib Husein Ja'far: Haram, Kan Ada Bandrek

Simak penjelasan Habib Husein Ja'far soal hukum meminum khamar dalam Islam.

Liputan6.com, Jakarta - Selama bulan Ramadhan Onadio Leonardo memiliki konten podcast bersama Habib Husein Ja'far di YouTube Deddy Corbuzier. Dalam kesempatan ini, Onadio Leonardo banyak bertanya kepada sang ustaz soal Islam.

Salah satu yang membuat Onadio Leonardo penasaran adalah, mengapa banyak sekali larangan dalam agama Islam. Terutama larangan dalam hal-hal yang menurut pria bertato ini enak atau nikmat.

"(makan) babi, tato, alkohol, (makan) bangkai, (makan) darah, judi. Itu kan di negara-negara maju kayak, ya sudah itu urusan lo, kalau di Islam kan saklek, enggak boleh. Reason-nya apa kalau kita mulai dari alkohol?" tanya suami Beby Prisillia.

"Alkohol kalau di Islam disebut sebagai khamar, khamar itu sesuatu yang memabukkan secara zat. Yang sedikitnya pun haram walaupun tidak memabukkan, walau hanya setetes," jawab sang habib.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bolehkah Minum Alkohol untuk Menghangatkan Tubuh?

Dengan rasa keingintahuan yang tinggi, ayah satu anak ini bertanya lagi, bagaimana jika mengonsumsi alkohol dengan tujuan bukan untuk bermabuk-mabukan, melainkan untuk menghangatkan tubuh.

"Untuk menghangatkan situasi karena udara yang dingin, mislanya di Puncak?" tanya dia.

"Tetap haram, kan ada bandrek (minuman hangat dengan bahan utama jahe)," jawab Habib Ja'far dengan santai. Sempat tertawa kecil, Onad pun setuju dengan jawaban sang ustaz.

3 dari 4 halaman

Orang Eropa Minum Alkohol di Musim Dingin

Sayangnya, mantan personel Killing Me Inside ini masih tak puas dengan jawaban tersebut. Dia penasaran bagaimana dengan kebiasaan orang luar negeri yang meminum alkohol di saat musim dingin.

"Ya kan biasanya kan itu kan kalau orang-orang Eropa kan dingin, winter. Bukan untuk memabukkan, menghangatkan badan," kata Onadio.

4 dari 4 halaman

Menghangatkan Tubuh Bisa Tanpa Alkohol

Menghangatkan tubuh sebenarnya bisa saja tanpa meminum sesuatu. Bisa dengan mengoles minyak-minyakan misalnya.

"Repot banget, lo mau menghangatkan badan? itu yang lo pegang? (minyak angin) terus kenapa masih pakai alkohol? Jadi di Islam khamar sedikitnya haram karena secara zat dia memabukkan," kata Habib Husein Ja'far.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.