Sukses

Bacaan Sholawat Busyro Arab dan Artinya: Dibaca Setiap Selesai Subuh, Raih Keutamaannya

Sholawat Busyro merupakan salah satu sholawat yang sering dilantunkan masyarakat Indonesia. Di balik sholawat yang memiliki keutamaan luar biasa ini terdapat kisah yang datang melalui mimpi seorang habib.

Liputan6.com, Jakarta - Sholawat Busyro merupakan salah satu sholawat yang sering dilantunkan masyarakat Indonesia. Di balik sholawat yang memiliki keutamaan luar biasa ini terdapat kisah yang datang melalui mimpi seorang habib. 

Mengutip situs Jam’iyah ahlith Thariqah Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyah (Jatman),  Rektor UII Dalwa Pasuruan, Habib Segaf bin Hasan Baharun menceritakan sejarah sholawat Busyro yang diijazahkan langsung oleh Rasulullah SAW.

Sholawat ini bermula dari mimpi salah satu putra Habib Hasan Baharun. Namun, Habib Segaf tidak menyebutkan nama putra yang mendapat ijazah sholawat ini.

Habib tersebut bermimpi didatangi oleh Rasulullah SAW pada suatu malam. Dalam mimpinya, Rasulullah SAW membacakan sholawat (kini dikenal sholawat Busyro) kepada habib itu sebagai bentuk kasih sayang nabi kepada umatnya bertepatan dengan malam Asyura’ tanggal 10 Muharram.

Rasulullah SAW menjelaskan, sholawat ini dianjurkan untuk dibaca setiap selesai sholat Subuh sebanyak 41 kali setiap harinya. Jika sholawat ini dibaca secara istiqomah akan mendapat keutamaannya.

Keutamaan sholawat ini yakni dapat melancarkan rezekinya, membawa kegembiraan dan kesenangan, melancarkan urusan, mengabulkan segala hajat dan niat-niat lain yang ingin dituju. Tentu semua ini atas izin Allah SWT.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bacaan Sholawat

Setelah terbangun dari tidurnya, habib tersebut hafal bacaan sholawatnya. Ia juga merasakan aroma gaharu selama tiga hari berturut-turut. 

Setelah ditirakati, sholawat ini disebarluaskan sebagaimana perintah Rasulullah SAW dalam mimpinya. Kini sholawat ini dikenal dengan sholawat Busyro.

Berikut adalah bacaan Sholawat Busyro arab, latin, dan artinya.

اَللّهُمَّ صَلِّى وَ سَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَاحِبِ اْلبُشْرَى صَلاَةً تُبَشِّرُنَابِهَا

وَأَهْلَنَا وَأَوْلَادَنَا وَجَمِيْعِ مَشَايِخِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَطَلَبَتَنَا وَطَالِبَاتِنَا

مِنْ يَوْمِ هَذَا اِلى يَوْمِ اْلآخِرَةِ

Arab-latin: Allahumma shalli wa sallim ‘ala Sayyidina Muhammadin shahibil busyro shalatan tubasysyiruna biha. Wa ahlana wa auladana wa jami’I masyayikhina wa mu’allimina wa thalabatana wa thalibatina. Min yaumina hadza ila yaumil akhirah.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan keselamatan atas baginda kami, Nabi Muhammad sebagai pembawa kabar gembira dengan berkah shalawat yang (juga) dapat memberikan kebahagiaan kepada kami, keluarga kami, anak-anak kami dan seluruh guru-guru kami dan orang yang senantiasa mengajarkan ilmunya kepada kami. Juga kepada murid-murid kami sejak hari ini hingga hari kiamat kelak.”

 

Wallahu’alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.