Sukses

5 Pesantren Modern Terbaik di Bogor, Nomor Terakhir Lulusannya ke Mesir hingga Jerman

Lulusan pesantren di Bogor jangan diragukan lagi. Bahkan, ada santri yang melanjutkan pendidikannya ke luar negeri seperti Mesir hingga Jerman. Tentu saja ini tergantung pesantrennya.

Liputan6.com, Bogor - Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang menitikberatkan pada pendidikan agama. Banyak orangtua yang memilih pesantren sebagai tempat pendidikan anaknya agar menjadi pribadi yang saleh dan sukses dunia-akhirat.

Jumlah pesantren di Indonesia terbilang banyak. Berdasarkan laporan Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, ada 26.975 pesantren di Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah Tanah Air.

Bogor, Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang jumlah pesantrennya cukup banyak. Meski bukan dijuluki sebagai ‘kota santri’, namun Bogor mampu melahirkan santri-santri yang berhasil melalui pendidikan pesantrennya.

Lulusan pesantren di Bogor jangan diragukan lagi. Bahkan, ada santri yang melanjutkan pendidikannya ke luar negeri seperti Mesir hingga Jerman. Tentu saja ini tergantung pesantrennya.

Bagi ibunda dan ayahanda yang ingin memasukkan anaknya ke pesantren di Bogor, berikut ini rekomendasi Liputan6.com berdasarkan peringkat dan ulasan di Google, Jumat (23/12/2022).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pondok Pesantren Modern Sahid

Pondok Pesantren Modern Sahid mengintegrasikan iman dan taqwa (imtaq) dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Artinya, pendidikan di bidang keilmuan, keterampilan dan kebudayaan yang bersifat islami atau sesuai dengan ajaran Islam yang tercermin pada akhlakul karimah atau watak dan perilaku sehari-hari yaitu berbudi pekerti luhur, berwatak mulia dan hidup amanah.

Pondok pesantren ini berada di Jalan  KH Abdul Hamid Km.6, Gunung Menyan, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810.

3 dari 6 halaman

2. Pondok Pesantren Darussalam Bogor

Pondok Pesantren Darussalam berdiri pada tahun 1992 di atas tanah wakaf yang secara yuridis formal memiliki kekuatan hukum yang tetap dari Kepala Kantor Pertanahan Kab. Bogor (Akta Ikrar Wakaf tanggal 26-06-2002, No. K.01/BA.02/w.2/05/VI/2002). 

Berdasarkan sejarahnya, pesantren ini berdiri karena rasa kepedulian dan tanggung jawab moral dari para alumni Pondok Modern Gontor terhadap masalah pendidikan bagi para generasi islami. Sejak berdirinya hingga saat ini, Pondok Pesantren Darussalam telah meluluskan alumninya yang kini telah berkiprah di tengah-tengah masyarakat dengan berbagai profesi dan kegiatan.

Pesantren ini berlokasi di kampung Bubulak Padasuka Ciomas Bogor. Pendidikan dan Pengajarannya mengacu pada Manhaj (kurikulum) Pondok Modern Gontor, nasional, dan tradisional.

4 dari 6 halaman

3. Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho Sentul

Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho adalah salah satu pondok alumni Darussalam Gontor Mlarak Ponorogo Jawa Timur yang dirintis oleh KH. Asmuni bin H. Rohili sejak tahun 2011 dan resmi berdiri pada 20 Sya’ban 1433 H/ 1 Juli 2012 M dengan SK Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bogor nomor: Kd.10.01/5/PP.007/6612/2012.

Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho Sentul berdiri di bawah naungan Yayasan Ar Ridho Palmerah Jakarta. Pengalaman Yayasan Ar-Ridho Palmerah dalam kiprahnya sejak tahun 1983 dalam bidang pendidikan yang bekerja sama dengan Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar Jakarta sebagai salah satu sekolah Islam terkemuka di Indonesia melahirkan suatu pendidikan yang global. 

Saat ini Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho Sentul dipimpin oleh KH. Ir. Hudori. MSc putra ketiga dari KH. Asmuni bin H. Rohili. Pondok pesantren ini berlokasi di Kampung Parung Aleng, RT.003/RW.003, Desa Cikeas, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia 16710. 

5 dari 6 halaman

4. Pondok Pesantren Rafah

Pondok Pesantren Rafah berdiri di bawah naungan Yayasan Ar Rahmah yang didirikan pada tahun 1999 dan dipimpin oleh KH Muhammad Zein. Misinya adalah melahirkan kader ulama intelek yang berkiprah nyata dengan manhaj ahlussunnah wal jama’ah.

Mulai tahun ajaran 2009 – 2010 Pondok Pesantren Rafah membuka kurikulum pendidikan Tarbiyatul Mu’allimin Al Islamiyyah (TMI) program Reguler / MTs dan MA dengan jenjang pendidikan 6 tahun untuk lulusan MI/SD. Dan mulai tahun ajaran 2011 – 2012 dibuka Program Intensif / MA dengan jenjang pendidikan 4 tahun untuk untuk lulusan SMP/MTs, didukung dengan program unggulan hafalan Al Qur’an, kemampuan percakapan harian dengan Bahasa Arab dan Inggris serta praktek berorganisasi dan pengembangan kemampuan / skill lainnya. 

Pada bulan Sya’ban 1432 H / Agustus 2011 M Pondok Pesantren Rafah mendapatkan mu’adalah / persamaan dari Jami’ah Islamiyyah Al Madinah Al Munawwarah. Pada tahun 2016 TMI Rafah mendapatkan SK Mu’adalah Mu’allimin dari Menteri Agama RI yang diserahkan langsung pada Acara Peringatan 90th Pondok Modern Gontor Ponorogo pada hari Jum’at, 01 Dzulhijjah 1437 H / 02 September 2016 M. 

Adapun lokasi pesantren ini berada di Kampung Sukajadi, Desa Mekarsari, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, 16310, Jawa Barat.

6 dari 6 halaman

5. Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami

Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami mulai beroperasi pada 10 Juli 199 yang dipimpin oleh KH. Helmy Abdul Mubin, Lc. Beliau adalah penggagas dan pendiri pesantren ini. Beliau juga merupakan seorang ulama yang berasal dari Jawa Timur dan alumni dari Pesantren Modern Gontor. 

Pada tahun pertama pendidikan, santri Ummul Quro Al-Islami berjumlah 37 orang. Seiring bertambahnya usia pesantren dan kepercayaan masyarakat meningkat, kini ratusan bahkan ribuan santri dari berbagai pelosok indonesia memercayakan pendidikannya kepada Pesantren Ummul Quro Al-Islami.

Tidak hanya dibekali khazanah ilmu keagamaan, tapi juga dipadukan dengan kurikulum nasional dan kurikulum khas Gontor sebagai pelopor pesantren modern di Indonesia.

Alumni Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami tersebarnya di berbagai negara untuk melanjutkan pendidikannya di antara Mesir, Yaman, Maroko, Turki, Jerman, Australia, dan negara lainnya. 

Selain itu, alumni pesantren ini juga melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti Universitas Indonesia, IPB University, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, dan universitas ternama lainnya.

Lokasi pesantren ini berada di Jalan Moh Noh Noer RT 04 RW 04 Kp. Banyusuci, Desa, Leuwimekar, Kec. Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16640.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.