Sukses

3 Manfaat Konsumsi Air Kelapa Sebelum dan Saat Ramadan

Banyak manfaat yang bisa dirasakan bagi mereka yang biasa mengonsumsi air kelapa. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Salah satu minuman yang banyak dikonsumsi banyak orang sebelum dan saat berbuka puasa adalah air kelapa. 

Selain menyegarkan dan lezat, air kelapa juga memiliki sejumlah manfaat. Air kelapa mengandung nutrisi dan elektrolit. Melansir dari laman wellandgood.com, Senin (5/4/2021), berikut manfaat air kelapa yang disampaikan oleh Serena Poon, seorang chef, ahli gizi bersertifikat, dan master Reiki.

1. Air Kelapa Baik untuk Rehidrasi

Hidrasi adalah salah satu manfaat air kelapa yang paling terkenal, berkat elektrolitnya seperti natrium, kalium, dan magnesium. Elektrolit bagus untuk konsumsi sehari-hari. Air kelapa juga membantu mengatur pH, menjaga Anda tetap terhidrasi, dan mengontrol kontraksi otot, serta  sangat membantu dalam situasi tertentu.

Air kelapa bisa menjadi pilihan yang baik untuk rehidrasi setelah latihan lama. Begitu juga air kelapa bermanfaat bagi mereka yang mengalami muntah atau diare setelah seharian di bawah terik matahari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Membantu Pencernaan

Mengonsumsi delapan gelas air membuat pencernaan berjalan baik. Hal itu memungkinkan nutrisi air kelapa diserap dalam aliran darah.

Magnesium yang ada dalam kandungan air kelapa membantu mengendurkan otot Anda. Air kelapa juga membantu meringankan sembelit akibat sering minum suplemen. Air kelapa memiliki sekitar 25 miligram magnesium dan 1,1 gram serat per 100 gram.

3. Membantu Kesehatan Kulit

Mengonsumsi air kelapa tak hanya menjaga tubuh tetap sehat dan terhidrasi, tetapi juga membantu kesehatan kulit yang optimal. Kandungan vitamin C air kelapa telah terbukti mendukung produksi kolagen, yang dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. 

Air kelapa membuat kulit indah, tapi juga bisa membantu Anda menumbuhkan kecantikan dari dalam ke luar. Berdasarkan besarnya manfaatnya, air kelapa juga bisa dikonsumsi jelang dan saat berbuka puasa.

3 dari 3 halaman

Manis Pahit Kopi untuk Kesehatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.