Sukses

Menkes Imbau Pengendara Istirahat Tiap 4 Jam Saat Mudik

Posko-posko Kementerian Kesehatan itu akan dibuka 24 jam selama masa mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan ribuan posko kesehatan untuk pemudik. Hal ini guna menjaga agar jutaan orang yang akan pulang kampung tetap dalam keadaan sehat, terutama mereka yang memilih mudik melalui jalur darat.

"‎Kita sudah siapkan posko kesehatan sebanyak 3.100 di titik-titik jalur mudik. Jadi dari Pantura sampai Makassar," kata Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (30/6/2016).

Posko-posko itu akan dibuka 24 jam selama masa mudik. Para pemudik dapat memanfaatkan secara maksimal layanan kesehatan yang sudah disediakan pemerintah itu.

Nila meminta agar aspek kesehatan diperhatikan secara serius oleh para pemudik. Bagi yang mengendarai kendaraan pribadi diharapkan istirahat tiap 4 jam.

"Saya minta tolong sampaikan kepada para pengemudi itu 4 jam istirahat karena itu penting terus kami akan periksa tekanan darah, alkohol, dan obat-obatan yang bikin ngantuk. Kita ingatkan terus kalau sudah lelah harus istirahat, dan semua itu gratis, biasanya mau mereka," tutur Nila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.