Sukses

Jokowi Kaget Dengar Ruhut Siap Jadi 'Herder'-nya

Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul menyatakan dukungannya terhadap capres dan cawapres nomor urut 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Liputan6.com, Palembang - Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul menyatakan dukungannya terhadap capres dan cawapres nomor urut 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla. Bahkan, Ruhut menyebutkan siap menjadi 'herder' untuk Jokowi.

Mengetahui itu, Jokowi yang mendengar ungkapan 'herder', sempat terkejut kemudian terkekeh. Namun, dia mengatakan pilihan Ruhut untuk mendukungnya dan Jusuf Kalla merupakan tindakan yang baik.

"Hah? Hehehe. Bagus. Artinya ada perubahan, dari yang dulu Pak Ruhut sering menyerang kita," ujar mantan Walikota Surakarta itu di sela-sela kampanyenya di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (25/6/2014).

Menurutnya, perubahan 180 derajat itu pasti memiliki alasan tertentu. Apakah karena Ruhut melihatnya secara pribadi atau pun fisik. Hanya, Jokowi tak ingin berandai-andai. Dia mengaku senang mendengar semakin bertambahnya dukungan kepadanya dan Jusuf Kalla.

"Itu pasti ada sesuatu. Entah lihat pribadi atau fisik. Entah nggak tahu lihat apanya. Mungkin lihat sosok saya. Saya nggak tahu," jelas Jokowi.

Pada jumpa pers dalam rangka deklarasi dukungannya kepada Jokowi-JK Senin 23 Juni, Ruhut mengaku akan tetap menggunakan watak kerasnya untuk membela Jokowi dari 'serangan' lawan politik, layaknya 'herder'.

"Bicara debat kapan aku bisa kalah? Jujur saja saya, siapa yang saya dukung, saya siap menjadi 'herder'-nya," ujar Ruhut.

Ruhut mengakui, dia selama ini selalu diibaratkan sebagai 'herder' karena pernyataan-pernyataannya yang keras. Seperti ketika menjabat sebagai Ketua Bidang Luar Negeri KNPI, Ruhut mengaku menjadi 'herder' bagi Ketua Umum KNPI saat itu, Tjahjo Kumolo, dari serangan. Begitu juga, saat menjadi kader Partai Demokrat, ia menjaga SBY layaknya 'herder'.

Herder adalah anjing ras gembala dari Jerman atau German Shepherd. Anjing ini berbadan besar dan mempunyai kemampuan untuk dilatih sebagai penjaga rumah maupun pelacak. Sangat populer di dunia sebagai anjing penjaga.

Herder juga berguna dalam melakukan tugas-tugas militer seperti melacak, menjaga, mengirim pesan, bahkan mendeteksi ranjau. Anjing ras unggul ini juga dipakai sebagai unit kepolisian atau K9. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini