Sukses

Gita Wirjawan: Nasib Konvensi Capres Terserah SBY

Jubir Partai Demokrat Ruhut Sitompul sebelumnya mengatakan, partainya akan tetap mengusung capres dari hasil konvensi.

Liputan6.com, Jakarta - Peserta Konvensi Capres Partai Demokrat Gita Wirjawan angkat tangan terkait nasib konvensi dan munculnya wacana poros tengah. Dia menyerahkan kepada Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Tanya SBY," kata Gita Wirjawan di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (30/4/2014).

Nasib Konvensi Capres Partai Demokrat seperti di ujung tanduk. Mengingat hasil yang diperoleh pada Pemilu Legislatif 2014, 9 April 2014, sekitar 10% suara berdasarkan hasil hitung cepat beberapa lembaga survei.

Suara demokrat jeblok dari perolehan suarat Pileg 2009 yaitu 20,85 %. Yang mana artinya, tak mungkin bagi Demokrat untuk mengusung capresnya sendiri, mengingat syarat pengusungan capres sendiri oleh partai harus dengan 20 persen kursi di DPR atau 25 persen suara nasional.

Juru bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul sebelumnya mengatakan, partainya akan tetap mengusung capres dari hasil konvensi. Capres konvensi itu nantinya akan didukung oleh partai koalisi lain, dalam hal ini oleh poros tengah yang diwacanakan SBY.

"Oleh karena itu, saya mau bilang ini akan jadi poros baru. Jangan bilang ini poros keempat karena nanti akan ada capres yang menjadi korban," ujar Ruhut belum lama ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.