Sukses

Sunmori Adalah Akronim dari Sunday Morning Ride, Ini Kegiatan dan Manfaatnya

Sunmori merupakan sebutan yang akrab di telinga para pecinta motor yang menghabiskan Minggu pagi mereka di atas sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta Sunmori adalah akronim dari sunday morning ride. Sunmori merupakan sebutan yang akrab di telinga para pecinta motor yang menghabiskan Minggu pagi mereka di atas sepeda motor. Aktivitas ini menjadi ajang berkumpulnya para pengendara motor dari berbagai kalangan untuk bersama-sama menikmati perjalanan. Mengarungi jalanan yang lengang di pagi hari, mereka merasakan kebebasan dan keseruan yang tiada tara.

Kegiatan Sunday Morning Ride bukan hanya soal perjalanan, tetapi juga tentang membangun kebersamaan di antara sesama pengendara. Sering kali, rute perjalanan dirancang untuk melewati pemandangan indah atau destinasi menarik yang bisa dinikmati bersama. Momen-momen seperti ini mempererat ikatan dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai kegiatan sunmori dan manfaatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (27/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Kegiatan Sunmori

Sunmori adalah singkatan dari Sunday Morning Ride, yang secara harfiah artinya adalah berkendara di Minggu pagi. Dilansir dari laman Suzuki, Sunmori sudah menjadi istilah umum bagi para anggota komunitas sepeda motor untuk berkumpul dan berkendara.

Kegiatan ini biasanya menjadi salah satu agenda rutin dari club motor untuk berkumpul dengan anggotanya. Sunmori banyak digunakan oleh komunitas pecinta motor yang ada di seluruh Indonesia dengan peserta dari berbagai macam kalangan.

Biasanya kegiatan ini diadakan sebagai agenda rutin di mana sesama anggota suatu club motor akan berkumpul di suatu tempat, lalu melakukan riding. Agenda sunmori dijadikan sebagai ajang berkumpul antar sesama anggota klub saja atau bersama komunitas lainnya. Kegiatan riding dengan jarak yang sudah ditentukan ini menjadi salah satu hal menyenangkan bagi pecinta motor karena dilaksanakan di pagi hari.

3 dari 4 halaman

Tujuan dan Manfaat Sunmori

Tujuan dari sunmori adalah untuk menikmati perjalanan bersama dan mempererat hubungan di antara sesama pengendara. Aktivitas ini memberikan kesempatan bagi para pecinta motor untuk mengeksplorasi rute-rute baru, menikmati pemandangan alam, dan merasakan kebebasan berkendara di jalanan yang relatif lengang pada Minggu pagi. Selain itu, kegiatan ini sering kali menjadi ajang untuk berbagi pengetahuan tentang motor, teknik berkendara, dan pengalaman pribadi, yang semuanya memperkaya wawasan dan keterampilan para peserta.

Dilansir dari laman Suzuki, terdapat beberapa manfaat dari sunmori adalah sebagai berikut ini:

1. Menurunkan Stress

Manfaat kegiatan sunmori yang pertama adalah menghilangkan stress dari padatnya aktivitas ketika weekdays. Apalagi kegiatan ini dijalankan di hari minggu yang merupakan waktu tepat untuk berlibur dan berkumpul bersama rekan.

2. Memupuk Jiwa Sosial

Manfaat berikutnya, sunmori juga akan memupuk jiwa sosial karena melalui agenda ini Anda akan berkumpul dan berinteraksi dengan orang banyak. Selain itu, di agenda sunmori terkadang juga diadakan kegiatan bakti sosial untuk memupuk kepedulian terhadap sesama.

3. Salah Satu Kegiatan Positif

Sunmori juga merupakan salah satu kegiatan positif yang patut diikuti oleh pecinta motor agar hobinya lebih terarah. Kegiatan sunmori lebih baik jika dibandingkan Anda mengikuti kegiatan balap liar atau touring yang tidak memiliki arah jelas.

4. Melatih Konsentrasi

Mengikuti kegiatan sunmori juga bisa bermanfaat untuk melatih konsentrasi karena dapat membuat pikiran kembali segar. Setelah menikmati udara segar saat sunmori, maka konsentrasi di hari berikutnya akan meningkat dan Anda siap untuk menyelesaikan pekerjaan kembali.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Satu lagi manfaat sunmori adalah meningkatkan fungsi otak karena sudah mendapatkan asupan oksigen yang segar. Selain itu, melalui kegiatan sunmori Anda akan memiliki semangat baru yang membuat lebih siap dalam menghadapi hari.

4 dari 4 halaman

Istilah Lain yang Sering Digunakan dalam Sepeda Motor

1. Kopdar

Istilah yang satu ini juga sering diucapkan. Kopdar memiliki kepanjangan kopi darat, yang berarti pertemuan antara anggota-anggota komunitas motor atau forum otomotif. Kopdar umumnya memiliki jadwal tersendiri setiap seminggu sekali. Kopdar biasanya diselenggarakan di akhir pekan, dengan agenda yang diadakan adalah seperti diskusi, pembahasan rencana kegiatan, atau perkenalan jika ada anggota baru.

2. Kopgab

Kopgab sendiri adalah singkatan dari kopi gabungan yang mempertemukan lebih dari 1 komunitas otomotif. Meskipun berbeda kelompok, bukan berarti tidak saling kenal dan berhubungan baik. Oleh karenanya, kopgab diselenggarakan dengan tujuan mempererat hubungan antar komunitas.

3. Jamnas

Jamnas atau jambore nasional merupakan pertemuan besar yang diadakan sebuah komunitas pada skala nasional. Beberapa komunitas otomotif biasanya berskala nasional, dengan perwakilan-perwakilan di setiap daerah di Indonesia. Nah, jamnas ini adalah ajang pertemuan seluruh perwakilan daerah dan membentuk acara pertemuan nasional. Apabila merujuk ke KBBI, istilah jambore berarti pertemuan. Jambore sendiri tidak hanya populer di kalangan komunitas motor atau club otomotif, tetapi juga untuk acara kepramukaan atau partai politik.

4. Rolling

Rolling masih memiliki kaitan dengan beberapa istilah-istilah di atas. Ini adalah kegiatan berkendara yang diadakan usai kopdar, kopgab, atau jamnas.  Namun, rute yang dilalui pada kegiatan rolling ini biasanya tidak mengambil jarak yang jauh.

5. Tourjib dan Tourgab

Jika Rolling menempuh jarak dekat, Touring biasanya dilakukan dengan berkendara dengan jarak yang jauh. Touring dibedakan menjadi dua jenis. Pertama, ada touring wajib yang disingkat tourjib. Pada touring ini, seluruh anggota harus mengusahakan diri berpartisipasi dengan tujuan perjalanan yang beragam. Sementara tourgab adalah akronim dari touring gabungan yang isinya kegiatan berkendara dengan peserta dari beberapa komunitas.

6. Road Captain (RC)

Sebelumnya, istilah-istilah yang dibahas adalah seputar kegiatan komunitas. Nah, kali ini kita bergeser ke istilah yang merujuk pada peran dalam suatu kegiatan komunitas otomotif. Dalam sebuah kegiatan touring, akan ada yang namanya road captain (RC). Seorang RC merupakan pemimpin touring yang bertanggungjawab atas kelancaran dan keselamatan para peserta. Selain itu, seorang RC juga umumnya diberi tugas untuk mengurus hal-hal administratif seperti surat izin jalan dari kepolisan. RC juga berperan menjadi penunjuk arah ke destinasi touring.

7. Safety Officer (SO)

Berikutnya, ada safety officer yang memiliki peran keamanan dan keselamatan. Seorang SO bertugas untuk memastikan jalur touringaman untuk dilewati. SO akan bekerjasama dan berkomunikasi dengan orang lain yang memegang tugas voorjider untuk mengatur kecepatan para peserta touring. Seorang SO haruslah dia yang memahami situasi jalan yang akan dilewati. Oleh karenanya, SO umumnya ada di barisan depan sesudah RC.

8. Voorijder (VO)

Peran ini juga berhubungan dengan keamanan dan keselamatan peserta touring. Voorjider (VO) bertugas untuk mengatur ritme kecepatan para peserta touring dengan mendengarkan pertimbangan dari SO, sweeper, dan RC. Untuk memberi isyarat, VO akan menggunakan tanda-tanda kaki yang mempunyai makna tertentu. Pesan dari VO akan disampaikan berantai ke seluruh peserta touring dari terdepan hingga belakang.

9. Sweeper (SW)

Terakhir, ada peran seorang sweeper yang bertugas memastikan barisan peserta touring tetap rapi. Sweeper terdiri dari 2 jenis, yaitu sweeper tengah dan sweeper belakang. Sweeper biasanya berada di sisi kanan untuk mengatur barisan. Selain itu, sweeper juga dapat bertugas mengingatkan para peserta dan memperjelas perintang yang diberikan VO.

10. Anniversary

Anniversary merupakan agenda tahunan yang diadakan untuk memperingati ulang tahun dari suatu komunitas motor. Kegiatan yang dilaksanakan saat anniversary ini beraneka ragam, salah satunya kumpul bersama dengan mengundang perwakilan dari komunitas lain.

11. Sowan

Istilah terakhir yang biasanya sering diucapkan komunitas motor, yaitu sowan berupa kegiatan mengunjungi komunitas lainnya. kegiatan sowan ini diadakan untuk membangun silaturahmi yang baik antar komunitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.