Sukses

Harga Sapi Simental 2024 Nyaris Rp 100 Juta, Hewan Kurban untuk Idul Adha

Harga sapi Simental tahuj 2024 mulai dari 40 juta hingga 100 juta.

Liputan6.com, Jakarta Harga sapi simental memang tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu perhatian bagi para peternak, maupun pelaku bisnis di bidang peternakan. Sapi simental dikenal sebagai salah satu jenis sapi yang memiliki tingkat pertumbuhan cepat, dan memiliki berat badan yang cukup besar. Keunggulan itulah yang membuat sapi simental memiliki nilai jual yang cukup tinggi di pasaran.

Kisaran harga sapi simental sendiri sangat bervariasi tergantung pada berat badan sapi tersebut. Sapi simental dengan berat badan sekitar 500-600 kg dapat dihargai mulai dari Rp 40 juta hingga Rp 50 juta. Sementara itu, sapi simental dengan berat badan lebih dari 600 kg, harganya bisa mencapai Rp 70 juta hingga Rp 80 juta.

Namun, harga sapi simental juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti kualitas sapi, kondisi pasar, dan lokasi penjualan sapi tersebut. Kualitas sapi simental yang baik, misalnya sapi yang sehat, mempunyai potensi pertumbuhan yang baik, memiliki genetika unggul, serta memiliki rekam jejak yang bagus, biasanya akan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan sapi simental biasa.

Untuk mendapatkan harga sapi simental yang sesuai dengan keinginan, sebaiknya peternak atau pelaku bisnis di bidang peternakan melakukan riset terlebih dahulu. Mencari informasi mengenai pasar sapi simental, serta mencari tahu kondisi pasokan sapi simental di daerah masing-masing sangat penting. Hal ini akan membantu dalam menentukan harga jual yang kompetitif dan menguntungkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sapi Simental dan Harga Jualnya

Sapi Simental yang berasal dari daerah Simme di Switzerland, adalah jenis sapi yang dikenal dengan kemampuan luar biasa, baik sebagai sapi perah maupun sapi pedaging. Jenis sapi ini telah menarik perhatian para peternak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, karena berbagai kelebihan yang dimilikinya. Sapi Simental memiliki ciri-ciri fisik yang khas dan mudah dikenali. Warna bulu sapi Simental biasanya coklat kemerahan atau merah bata, dengan bagian muka, lutut ke bawah, dan ujung ekor berwarna putih. Selain itu, sapi Simental dikenal dengan ukuran tubuh yang besar. Sapi jantan dewasa bisa mencapai berat hingga 1.150 kg, sementara sapi betina dewasa dapat mencapai sekitar 800 kg. Bentuk tubuh sapi Simental panjang dan padat, menunjukkan potensi sapi ini dalam menghasilkan daging yang melimpah.

Keunggulan sapi Simental tidak hanya terletak pada penampilannya yang menarik, tetapi juga pada fungsionalitasnya yang luar biasa. Sapi Simental merupakan tipe sapi yang unggul baik sebagai sapi perah maupun sapi pedaging. Kemampuan ini memberikan fleksibilitas bagi peternak dalam memilih arah produksi, apakah fokus pada susu atau daging. Persentase karkas sapi Simental cukup tinggi dengan kandungan lemak yang sedikit, menjadikan daging sapi Simental lebih diminati karena kualitas daging yang baik dan lebih sehat. Pertambahan bobot harian sapi Simental juga mengesankan, bisa mencapai 2,1 kg per hari, menunjukkan efisiensi pakan yang baik dan potensi produksi daging yang besar dalam waktu yang relatif singkat. Selain itu, sapi jenis ini sangat cocok dipelihara di tempat yang memiliki iklim sedang. Kemampuan adaptasi yang baik, membuat sapi Simental bisa bertahan dan berkembang dengan baik di berbagai kondisi iklim.

 

Berikut ini ksaran harga sapi simental:

1. Sapi Jantan Simental/Limosin Dewasa

Harga sapi jantan Simental atau Limosin dewasa di pasar memiliki variasi yang cukup signifikan. Untuk harga jual tertinggi, sapi jenis ini bisa mencapai Rp. 21.500.000,00-, sedangkan harga beli tertinggi adalah Rp. 21.000.000,00-. Di sisi lain, harga jual terendah untuk sapi dewasa ini adalah Rp. 14.000.000,00-, dengan harga beli terendah Rp. 13.500.000,00-.

2. Sapi Jantan Simental/Limosin Usia 1 Tahun

Sapi jantan Simental atau Limosin yang berumur 1 tahun juga memiliki nilai yang cukup tinggi. Harga jual tertinggi untuk kategori ini adalah Rp. 16.000.000,00-, dan harga beli tertinggi adalah Rp. 15.000.000,00-. Harga jual terendah mencapai Rp. 10.000.000,00-, sedangkan harga beli terendah adalah Rp. 9.000.000,00-.

3. Sapi Jantan Simental/Limosin Usia 3-5 Bulan (Pedet)

Untuk sapi jantan Simental atau Limosin yang masih pedet (berusia 3-5 bulan), harga jual tertinggi adalah Rp. 11.500.000,00-, dan harga beli tertinggi Rp. 11.000.000,00-. Harga jual terendah untuk kategori ini adalah Rp. 6.000.000,00-, dengan harga beli terendah Rp. 5.600.000,00-.

4. Sapi Betina Simental/Limosin Dewasa

Sapi betina Simental atau Limosin dewasa dijual dengan harga tertinggi Rp. 19.500.000,00-, dan harga beli tertinggi Rp. 19.000.000,00-. Harga jual terendah adalah Rp. 11.500.000,00-, sedangkan harga beli terendah Rp. 11.000.000,00-.

5. Sapi Betina Simental/Limosin Usia 1 Tahun (Dara)

Untuk sapi betina Simental atau Limosin yang berusia 1 tahun, harga jual tertinggi adalah Rp. 13.000.000,00-, dan harga beli tertinggi Rp. 12.500.000,00-. Harga jual terendah mencapai Rp. 8.500.000,00-, dengan harga beli terendah Rp. 8.000.000,00-.

6. Sapi Betina Simental/Limosin Usia 3-5 Bulan (Pedet)

Harga jual tertinggi untuk sapi betina Simental atau Limosin yang masih pedet adalah Rp. 8.000.000,00-, dengan harga beli tertinggi Rp. 7.000.000,00-. Harga jual terendah mencapai Rp. 5.000.000,00-, sedangkan harga beli terendah adalah Rp. 4.500.000,00-.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Sapi Termahal di Indonesia 2024

Di Indonesia, terdapat berbagai jenis sapi yang dikenal memiliki nilai ekonomi tinggi. Masing-masing jenis sapi ini memiliki keunggulan tersendiri yang membuatnya diminati oleh peternak dan konsumen. Berikut adalah beberapa jenis sapi termahal di Indonesia pada tahun 2024, yang diulas dengan lebih mendetail.

Sapi Simental

Sapi Simental berasal dari daerah Simme di Swiss dan telah dikembangkan secara luas di berbagai negara. Sapi ini memiliki dua tipe utama, yaitu sapi potong dan sapi perah. Sapi Simental dikenal dengan ukuran tubuhnya yang besar dan kemampuan pertumbuhan yang cepat. Sapi Simental dewasa dapat mencapai berat antara 700 hingga 800 kg, dengan beberapa individu mampu mencapai berat hingga 1 ton.

Kelebihan sapi Simental tidak hanya pada bobotnya yang besar, tetapi juga pada efisiensi konversi pakan yang tinggi, yang berarti mereka dapat menghasilkan daging lebih banyak dengan pakan yang lebih sedikit dibandingkan dengan jenis sapi lainnya. Karena keunggulan tersebut, harga sapi Simental sangat tinggi, yaitu sekitar Rp 100 juta per ekor untuk sapi dengan berat rata-rata 1 ton. Harga ini mencerminkan kualitas dan produktivitas tinggi yang ditawarkan oleh sapi jenis ini.

Sapi Madura

Sapi Madura merupakan salah satu sapi lokal Indonesia yang memiliki keistimewaan tersendiri. Sapi ini biasanya memiliki bobot rata-rata mencapai 500 kg. Meskipun termasuk sapi lokal, sapi Madura banyak diminati karena dagingnya yang tebal, tulangnya yang kecil, dan kandungan lemaknya yang rendah.

Sapi Madura juga dikenal dengan daya tahan tubuh yang kuat dan adaptabilitasnya yang tinggi terhadap berbagai kondisi lingkungan di Indonesia. Keunggulan ini membuat harga sapi Madura cukup tinggi, dengan rata-rata mencapai Rp 22 juta per ekor untuk sapi dengan berat 500 kg. Kualitas daging yang baik dan produktivitas yang tinggi menjadikan sapi Madura sebagai pilihan favorit bagi banyak peternak lokal.

Sapi Ongole

Sapi Ongole berasal dari India dan dikenal dengan ciri fisik khasnya yang berwarna putih dengan gelambir di sekitar leher. Sapi Ongole dewasa bisa mencapai berat hingga 800 kg. Sapi ini memiliki keunggulan dalam hal daya tahan terhadap kondisi iklim tropis dan kemampuannya untuk beradaptasi dengan baik di lingkungan yang keras.

Karena ukuran dan kualitas dagingnya, harga sapi Ongole dibanderol hingga Rp 60 juta per ekor. Sapi Ongole juga dikenal dengan kemampuan reproduksi yang baik, sehingga sering digunakan dalam program pembiakan untuk meningkatkan populasi sapi potong di Indonesia. Daya tarik utama dari sapi Ongole adalah kombinasi antara ukuran tubuh yang besar dan kemampuan bertahan hidup yang tinggi.

4 dari 4 halaman

Sapi Brahman

 

Sapi Brahman, yang juga berasal dari India dan kemudian dikembangkan di Amerika, adalah salah satu sapi termahal di Indonesia pada tahun 2024. Sapi Brahman jantan memiliki berat yang bisa mencapai 1,1 ton. Untuk sapi dengan berat rata-rata 350 hingga 580 kg, harganya berkisar antara Rp 25 juta hingga Rp 37 juta per ekor.

Sapi Brahman terkenal dengan daya tahan yang tinggi terhadap berbagai kondisi cuaca dan penyakit, membuatnya sangat dihargai oleh peternak. Sapi ini juga memiliki efisiensi konversi pakan yang baik, sehingga dapat tumbuh dengan cepat dan menghasilkan daging berkualitas tinggi. Kombinasi antara produktivitas tinggi dan daya tahan yang kuat menjadikan sapi Brahman sebagai pilihan utama bagi banyak peternak.

Sapi Limousin

Sapi Limousin sering menjadi pilihan favorit kalangan artis dan pejabat karena keunggulan fisiknya. Sapi ini memiliki massa otot yang lebih banyak, kulit halus, dan kerangka tulang yang kuat. Sapi Limousin betina rata-rata memiliki berat hingga 650 kg, sementara sapi jantan bisa mencapai berat 1 ton.

Sapi Limousin juga dikenal dengan kualitas daging yang sangat baik, dengan tekstur yang lembut dan rasa yang superior. Harga sapi Limousin bervariasi tergantung pada beratnya, mulai dari Rp 22 juta per ekor untuk sapi dengan berat 300-350 kg hingga Rp 100 juta per ekor untuk sapi dengan berat 1 ton. Sapi ini sangat cocok untuk peternak yang ingin menghasilkan daging premium untuk pasar kelas atas.

Sapi Bali

Sapi Bali merupakan salah satu jenis sapi asli Indonesia yang memiliki keunggulan pada dagingnya yang tebal dan rendah lemak. Sapi Bali dewasa rata-rata memiliki berat sekitar 500 kg. Sapi ini dikenal dengan adaptasinya yang baik terhadap iklim tropis dan kemampuannya untuk bertahan dalam kondisi pakan yang minim.

Harga sapi Bali bervariasi tergantung pada beratnya, dengan kisaran harga antara Rp 17 juta hingga Rp 27 juta per ekor untuk sapi dengan bobot kurang dari 300 kg. Sapi Bali sering dipilih oleh peternak lokal karena keunggulannya dalam hal efisiensi pakan dan kualitas daging yang baik. Selain itu, sapi Bali juga memiliki kemampuan reproduksi yang baik, menjadikannya pilihan yang berkelanjutan untuk program pembiakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.