Sukses

9 Inspirasi Desain Rumah Modern Tropis, Cocok dengan Iklim Indonesia

Rumah modern tropis adalah pilihan ideal untuk iklim di Indonesia. Kenali beberapa desain rumah modern tropis ini dan pilih salah satunya sebagai tempat tinggal impianmu. Ayo, simak penjelasannya!

Liputan6.com, Jakarta Konsep rumah modern tropis saat ini semakin populer di Indonesia karena negara ini memiliki iklim tropis. Arsitektur tropis dari desain rumah ini dianggap sangat sesuai dengan cuaca di Indonesia, yang ditandai dengan sinar matahari yang melimpah dan tingkat curah hujan yang tinggi.

Berikut ini ada 9 inspirasi desain rumah modern tropis, dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (13/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 15 halaman

Rumah Modern Tropis Minimalis

Desain pertama yang bisa menjadi inspirasi hadir dari konsep rumah tropis modern beratap miring, dikombinasikan dengan elemen kayu dan ekspos bata pada bagian fasad rumah. Elemen kayu serta material ekspos pada bagian eksterior menyatu dengan cantik dan menghasilkan hunian yang tampak meneduhkan.

3 dari 15 halaman

Rumah Modern Tropis Bentuk Kotak

Desain rumah modern tropis dengan bentuk kotak menjadi desain tempat tinggal yang sangat populer di zaman ini. Kombinasi desain kotak dengan gaya tropis menghasilkan sebuah hunian yang tampil estetik. Keberadaan tanaman hias rambat pun menambah kesan cantik dan segar alami dari rumah ini, karena warnanya yang tampak sedikit mencolok.

4 dari 15 halaman

Rumah Modern Tropis 1 Lantai

Desain rumah modern tropis satu ini lebih berfokus pada penggunaan material ekspos, seperti dinding acian semen dan bata. Kehadiran pohon dan tanaman pun menambah elemen alami yang membuat hunian terasa semakin sejuk. Konsep rumah modern tropis ini juga memiliki ruang terbuka yang bisa menunjang berbagai aktivitas keluarga di dalam rumah.

5 dari 15 halaman

Rumah Modern Tropis 2 Lantai

Desain rumah modern tropi 2 lantai ini dibangun dengan elemen kayu dan aksen dekoratif kotak di bagian fasadnya. Fasad rumah inilah yang mampu menciptakan kesan rumah tropis dan modern dalam artian sesungguhnya. Elemen menarik lainnya terdapat pada bagian atap yang dibuat miring, tetapi dirancang dengan unik sehingga tampak lebih kekinian.

6 dari 15 halaman

Rumah Modern Tropis dengan Tanaman Rambat

Desain rumah modern tropis memang sangat dekat dengan unsur alam. Sebab itu, menanam tumbuhan merambat dari lantai atas rumah menjadi opsi yang sangat bagus dan pas. Tanaman hijau dapat membawa kesan tropis yang sejuk dan menyegarkan rumah. Perhatikan juga jenis tanaman yang dipilih, pastikan tahan terhadap berbagai cuaca, perawatannya mudah, serta memiliki tampilan estetik.

7 dari 15 halaman

Rumah Modern Tropis dengan Sliding Door

Penggunaan sliding door sebagai elemen utama untuk menggantikan dinding menjadi ciri khas utama dari desain rumah satu ini. Sliding door dan jendela berukuran besar bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih stylish dan modern.

8 dari 15 halaman

Rumah Modern Tropis Sederhana dengan Void

Void adalah istilah untuk ruang kosong yang terletak di antara lantai satu dan dua sebuah rumah. Rumah dengan plafon yang tinggi sangat cocok untuk dipadukan dengan void di rumah, sebagai sentuhan desain tropis. Untuk membuatnya, cukup ganti beberapa genteng rumah dengan jendela skylight atau dibiarkan terbuka sepenuhnya. Tambahkan beberapa jenis tanaman indoor atau tanaman kering agar void tidak kosong.

9 dari 15 halaman

Rumah Modern Tropis Lantai Kayu

Lantai kayu bisa menjadi jalan alternatif untuk menciptakan tampilan rumah modern tropis. Penggunaan lantai tersebut bisa membuat nuansa di dalam rumah berubah menjadi lebih nyaman, karena kayu dapat memberikan efek hangat. Jika belum mampu membeli lantai kayu sungguhan, penggunaan lantai kayu tiruan atau lantai parket dengan harga murah juga bisa menjadi opsi.

10 dari 15 halaman

Rumah Modern Tropis Gaya Industrial

Rumah modern tropis bergaya industrial ini begitu kental dengan penggunaan material semen ekspos pada bagian fasadnya. Tidak hanya satu bagian, semen ekspos menyelimuti hampir setiap sudut rumah. Sedangkan, untuk elemen tropis, bisa dilihat dari penambahan pohon besar dan beberapa tanaman hias pada bagian depan rumah.

11 dari 15 halaman

Apa Itu Warna Tropis?

Warna-warna tropis identik dengan palet warna cerah, segar namun tetap hangat. Ada beberapa pilihan warna tropis yang bisa kamu aplikasikan pada ruangan. Kamu bisa menyesuaikan warna cat dengan keadaan ruangan ataupun memilih warna sesuai dengan preferensi pribadimu.

12 dari 15 halaman

Kenapa Dinamakan Tropis?

Tropis adalah bentuk kata sifatnya. Kata tropika berasal dari bahasa Yunani, tropos yang berarti "berputar", karena posisi Matahari yang berubah antara dua garis balik dalam periode yang disebut tahun.

 

13 dari 15 halaman

Apa Saja Ciri-ciri Tropis?

Memiliki curah hujan yang tinggi, dan lebih lama pada setiap tahunnya, hal ini juga menjadikan tanah di iklim tropis menjadi subur.Penguapan pada air laut cukup tinggi karena terdapat awan di atmosfer.Daerah iklim tropis terletak di antara 23,5 derajat LU dan 23,5 derajat LS.

14 dari 15 halaman

Apa Itu Konsep Arsitektur Tropis?

Arsitektur tropis merupakan representasi konsep bentuk yang dikembangkan berdasarkan respon terhadap iklim yang dialami oleh Negara Indonesia yaitu tropis lembab.

15 dari 15 halaman

Apa Itu Rumah Tropis Modern?

Rumah desain modern tropis adalah gaya arsitektur yang mampu bertahan dengan iklim dan cuaca tropis. Setiap komponen bangunan dirancang sedemikian rupa agar cahaya dapat masuk dan keluar dengan leluasa. Berhubung iklim di Indonesia adalah tropis , maka pas sekali jika kita merancang rumah dengan desain modern tropis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini