Sukses

8 Contoh Desain Rumah Kontemporer Beserta Karakteristiknya, Nyaman dengan Gaya yang Khas

Tak perlu khawatir bahwa desain rumah impianmu ketinggalan zaman. Pilih salah satu dari desain rumah kontemporer ini, dan tempat tinggal impianmu akan terlihat menarik selamanya. Yuk, ikuti penjelasannya!

Liputan6.com, Jakarta Desain rumah gaya kontemporer umumnya menonjolkan unsur minimalis, meskipun mirip dengan desain rumah modern. Perbedaannya terletak pada penekanan pada sisi minimalis, garis struktur bangunan, dan pandangan ke arah masa depan.

Selain itu, desain kontemporer juga memprioritaskan keberlanjutan, efisiensi energi, dan kepedulian terhadap lingkungan. Jenis desain rumah ini terus berkembang, sehingga sulit untuk didefinisikan secara pasti atau mutlak.

Berikut ini ada 8 contoh desain rumah kontemporer dengan karakteristiknya masing-masing, dirangkum dari BLKP pada Kamis (13/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 14 halaman

Desain Rumah Kontemporer Tropis

Desain rumah kontemporer tropis menggabungkan antara estetika modern dengan unsur tropis. Pemilihan material alami seperti kayu, batu, hingga tanaman hijau menciptakan suasana yang hangat dan alami.

 

Desain terbuka memungkinkan aliran udara yang baik. Sedangkan, kolam renang atau area hijau juga dapat menjadi bagian penting dari desain eksterior.

3 dari 14 halaman

Desain Rumah Kontemporer Bangunan Bertingkat

Desain kontemporer satu ini berfokus pada struktur bangunan yang bertingkat, sekaligus memanfaatkan kaca dan logam untuk menciptakan tampilan futuristik. Ruang terbuka, khususnya dengan penggunaan jendela besar memberikan pemandangan yang menakjubkan. Teknologi bangunan pintar dan desain yang ergonomis juga sering kali menjadi bagian penting dari konsep rumah ini.

4 dari 14 halaman

Desain Rumah Kontemporer Ala Jepang

Desain rumah kontemporer ketiga ini menggabungkan antara elemen tradisional Jepang dengan sentuhan modern. Tatami, shoji screen, serta taman di dalam ruangan menciptakan atmosfer yang tenang dan nyaman. Penggunaan material alami seperti kayu dan batu pun menambah kesan hangat. Sedangkan, desain interior terbuka menghubungkan bagian dalam rumah dengan lingkungan luar.

5 dari 14 halaman

Desain Rumah Kontemporer Scandinavian

Sesuai namanya, desain rumah satu ini tentu terinspirasi oleh gaya Skandinavia. Desain yang mengutamakan kesederhanaan dan fungsionalitas. Palet warna netral, furniture minimalis, serta penggunaan material kayu alami menciptakan atmosfer yang bersih dan nyaman. Pencahayaan alami juga diutamakan di rumah ini, tujuannya untuk menonjolkan elemen desain.

6 dari 14 halaman

Desain Rumah Kontemporer Minimalis

Desain rumah kontemporer minimalis ini menekankan pada nilai esensial dan ketertiban. Dinding yang minim ornamen, furniture dengan garis bersih, serta palet warna netral menjadi bagian dari ruang sederhana dan elegan di dalam rumah ini. Pencahayaan yang baik dan penggunaan ruang yang efisien adalah kunci utama dari desain satu ini.

7 dari 14 halaman

Desain Rumah Kontemporer Japandi

Desain rumah Japandi merupakan campuran antara gaya Jepang dan Skandinavia. Desain yang satu ini menciptakan harmoni antara kedua budaya tersebut. Material alami, warna netral dengan sentuhan hitam atau abu-abu, serta furniture yang fungsional dan elegan adalah ciri khas utamanya. Desain ini juga mengutamakan keseimbangan dan ketenangan.

8 dari 14 halaman

Desain Rumah Kontemporer Semi Outdoor

Penambahan elemen luar ruangan seperti teras atau taman untuk interior rumah memberikan kesan alam pada desain rumah semi outdoor ini. Penggunaan jendela dengan ukuran besar atau pintu geser juga menciptakan hubungan yang erat dengan lingkungan luar. Furniture serta material tahan cuaca juga termasuk bagian penting dari desain rumah kontemporer semi outdoor ini.

9 dari 14 halaman

Desain Rumah Kontemporer 1 Lantai

Desain rumah kontemporer 1 lantai berfokus pada kenyamanan dan kepraktisan dengan mengandalkan satu tingkat. Pemilihan material yang perawatannya mudah, ruang terbuka yang mengalir, serta penekanan pada desain ergonomis membuatnya cocok untuk menemani gaya hidup yang dinamis. Sentuhan modern dalam rumah ini diperkuat dengan pemilihan furniture yang sesuai dan pencahayaan yang baik.

10 dari 14 halaman

Kontemporer Itu Apa Sih?

Kontemporer artinya kekinian, modern atau lebih tepatnya adalah sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama atau saat ini. Jadi, seni kontemporer adalah seni yang tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dulu dan berkembang sesuai zaman sekarang.

11 dari 14 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Arsitektur Kontemporer?

Arsitektur kontemporer mengacu pada pendekatan desain arsitektur yang mencerminkan zaman dan konteks sosial saat ini. Ini melibatkan penggunaan ide-ide, teknologi, dan gaya yang baru dan inovatif, dengan penekanan pada ekspresi kreatif dan pembaruan desain.

 

 

12 dari 14 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Desain Kontemporer?

Dalam desain sendiri, kontemporer menggambarkan sesuatu yang fleksibel dan selalu berubah. Sebab, seiring dengan berjalannya waktu, maka material dan model baru terus tercipta. Biasanya konsep satu ini akan memadukan beberapa gaya pilihan yang bisa disesuaikan dengan desain hunian.

13 dari 14 halaman

Apakah Modern dan Kontemporer Itu Sama?

Seni modern adalah seni yang diciptakan antara periode tahun 1860-an dan akhir tahun 1960-an. Sedangkan seni kontemporer adalah, karya seni yang dibuat setelah periode tersebut.

14 dari 14 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Rumah Kontemporer?

Salah satu gaya arsitektur populer yang akan Anda temui adalah rumah kontemporer. Rumah kontemporer menggabungkan elemen desain yang mengikuti tren saat ini sekaligus memberi pemilik rumah kesempatan untuk mengembangkan kreativitas.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini