Sukses

Keseimbangan Statis Adalah Keselarasan Tubuh dalam Posisi Tetap, Kenali Cara Latihannya

Keseimbangan statis adalah salah satu jenis latihan keseimbangan, di samping keseimbangan dinamis.

Liputan6.com, Jakarta Keseimbangan statis adalah istilah yang mungkin masih kurang familier bagi sebagian orang. Keseimbangan statis berhubungan dengan kebugaran jasmani. Hal ini berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam menjaga keseimbangan tubuh.

Keseimbangan tubuh sangat penting dalam olahraga. Latihan keseimbangan tubuh ini biasanya diajarkan di lingkungan keluarga, lingkungan tempat tinggal, hingga sekolah melalui mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga.

Keseimbangan statis adalah salah satu jenis latihan keseimbangan, di samping keseimbangan dinamis. Keseimbangan dibutuhkan untuk dapat mempertahankan posisi dan stabilitas ketika tengah bergerak dari satu posisi ke posisi lain.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/7/2023) tentang keseimbangan statis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Apa Itu Keseimbangan Statis

Keseimbangan statis adalah salah satu jenis dari keseimbangan. Keseimbangan sendiri merupakan kemampuan seseorang mengontrol keseimbangan tubuh dalam beberapa hal. Keseimbangan adalah kemampuan memelihara pusat massa tubuh dengan cara menjaga batasan stabilitas yang ditentukan oleh pusat dasar penyangga.

Sementara itu, Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), keseimbangan statis adalah kemampuan untuk menjaga keseimbangan dalam posisi tetap. Keseimbangan statis adalah saat tubuh berhasil mempertahankan posisi tetap di tempat atau tidak berubah. Tujuan keseimbangan statis adalah untuk memperkuat tubuh dalam keadaan atau posisi diam.

Contoh keseimbangan statis adalah saat kamu berdiri dengan satu kaki. Selain itu, contoh keseimbangan statis adalah berdiri dengan salah satu kaki kemudian berjongkok, berdiri di atas papan keseimbangan, duduk dengan mengangkat kedua kaki, serta berdiri dengan membentuk sikap kapal terbang.

Keseimbangan Dinamis

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), keseimbangan dinamis adalah keseimbangan ketika berada di permukaan benda yang bergerak. Keseimbangan dinamis merupakan keseimbangan untuk bertahan dan mempertahankan tubuh disertai dengan gerak fisik tertentu.

Contoh keseimbangan dinamis yaitu ketika kamu sedang mengayuh sepeda. Kamu tentunya harus menyeimbangkan tubuh supaya tubuh tidak jatuh dan supaya sepeda tetap berjalan melalui kayuhan pedalnya. Tujuan latihan keseimbangan dinamis ini adalah untuk memperkuat sejumlah otot yang memungkinkan tubuh terjaga kesetimbangannya ketika bergerak.

3 dari 4 halaman

Cara Melatih Keseimbangan Statis

Keseimbangan statis adalah salah satu jenis dari keseimbangan yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Faktor yang memengaruhi keseimbangan statis dan dinamis di antaranya yaitu sistem sensoris, vestibuler, proprioseptif dan muskuloskeletal.

Kemampuan keseimbangan baik itu secara statis maupun dinamis sama-sama membutuhkan upaya mengendalikan organ syaraf otot, terutama ketika melakukan gerakan yang cepat dengan perubahan letak titik berat badan secara cepat pula.

Beberapa cara melatih keseimbangan statis di antaranya yaitu dengan melakukan latihan peregangan statis (static stretching). Latihan peregangan statis ini biasanya dipraktikkan dalam kegiatan yoga. Hal ini juga termasuk dalam program latihan kebugaran jasmani.

Kegiatan yoga ini memiliki beragam manfaat, mulai dari melatih keseimbangan, melancarkan fungsi organ, meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan, hingga mengurangi depresi dan stress yang dirasakan.

Dalam latihan static stretching, seseorang harus mengambil sikap sedemikian rupa sehingga dapat meregangkan beberapa otot tertentu. Biasanya sikap dalam latihan ini berupa sikap berdiri dengan tungkai lurus, badan dibungkukkan, dan tangan mencoba menyentuh lantai, yang mana dapat berfungsi untuk meregangkan otot belakang paha. Berhubung latihan ini termasuk pada keseimbangan statis, maka gerakan tersebut harus dipertahankan selama beberapa detik dengan tidak bergerak-gerak.

Durasi waktu yang harus dipertahankan dalam latihan ini ada beberapa pendapat yang berbeda, bisa 6-12 detik, sekitar 10 detik, atau bisa juga 10-30 detik. Latihan keseimbangan statis ini perlu memperhatikan beberapa hal, yakni harus menghindari peregangan yang tiba-tiba terlalu jauh atau terlalu ekstrim sehingga dapat menyebabkan otot terasa sakit.

Latihan keseimbangan statis ini kerap dijadikan olahraga favorit sebab memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan latihan keseimbangan dinamis, yakni dalam hal menghilangkan kemungkinan terjadinya cedera otot, sendi, hingga ligamen pada tubuh, menghindari rasa sakit selesai melakukan latihan berat, otot-otot yang diregangkan menjadi lebih rileks selama latihan, sikap statis yang dipertahankan lebih lama nantinya akan mengalami pemanjangan otot, serta lebih sedikit energi yang dikeluarkan dibandingkan dengan latihan keseimbangan dinamis.

4 dari 4 halaman

Cara Melatih Keseimbangan Dinamis

Latihan keseimbangan dinamis biasanya dapat kamu lakukan dengan cara menggerak-gerakkan anggota tubuh secara berirama. Gerakan latihan keseimbangan dinamis ini berupa gerakan memutar atau memantul-mantulkan anggota tubuh sehingga otot-otot akan terasa diregangkan.

Namun, beberapa latihan keseimbangan dinamis mendapatkan kritik dari beberapa ahli, hal ini karena peregangan yang dilakukan secara kuat dan cepat justru dapat menyebabkan refleks-regang pada otot. Maka dari itu, dalam latihan keseimbangan dinamis seharusnya dilakukan secara tidak berlebihan supaya otot tidak berkontraksi.

Contoh latihan keseimbangan dinamis yang dapat kamu lakukan contohnya adalah melakukan kegiatan menyapu, berjalan, berlari, senam, dan lain sebagainya. Kamu bisa melakukan latihan keseimbangan dinamis ini di rumah dengan memperhatikan kondisi tubuh kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.