Sukses

7 Cara Mengatasi Sakit Gigi Setelah Makan Daging, Kenali Penyebabnya

Cara mengatasi sakit gigi setelah makan daging bisa dilakukan segera saat nyeri terasa.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi sakit gigi setelah makan daging mungkin bikin banyak orang penasaran. Pasalnya, kondisi satu ini tidak jarang terjadi pada kamu setelah makan daging. Apalagi, di hari raya Idul Adha, saat daging kurban menjadi hidangan utama di rumah-rumah.

Penyebab sakit gigi setelah makan daging biasanya berhubungan dengan gigi berlubang. Serat yang keras pada daging dapat terselip di sela-sela gigi berlubang dan menyebabkan sakit pada gusi. Hal ini tentu tidak nyaman dan dapat memengaruhi kegiatan sehari-hari kamu.

Cara mengatasi sakit gigi setelah makan daging bisa dilakukan segera saat nyeri terasa. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi sakit gigi, dan juga menggunakan alat-alat pembersih gigi yang tepat untuk menghilangkan sakit gigi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/7/2023) tentang cara mengatasi sakit gigi setelah makan daging.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Kumur dengan Air Garam

Cara mengatasi sakit gigi setelah makan daging yang paling sederhana adalah berkumur air garam. Air garam adalah disinfektan alami, dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi. Berkumur dengan air garam saat sakit gigi juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

Manfaat ini diperoleh dari sifat antiradang dan antibakteri alami yang terdapat dalam air garam. Berkumur dengan air garam juga diketahui dapat membantu mengeluarkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi. Kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air. Gunakan air yang hangat, jangan terlalu panas ataupun dingin.

3 dari 8 halaman

2. Gunakan Benang Gigi atau Dental Floss

Menggunakan benang gigi juga bisa dijadikan cara mengatasi sakit gigi setelah maka daging. Serat-serat dari benang gigi bisa masuk dan membersihkan hingga celah antara gigi. Jika dilakukan dengan teknik yang benar, penggunaan benang gigi yang disebut juga dengan flossing ini tidak hanya dapat membersihkan sisa makanan di gigi, tapi juga yang berada di area gusi. 

Tidak hanya itu, membersihkan gigi secara rutin dengan dental floss juga bisa mencegah terjadinya penumpukan plak di gigi. Hal ini dapat meningkatkan risiko timbulnya masalah pada gigi dan mulut, seperti gigi berlubang, bau mulut, hingga penyakit gusi.

4 dari 8 halaman

3. Segera Sikat Gigi

Segera menggosok gigi juga bisa dilakukan sebagai cara mengatasi sakit gigi setelah makan daging. Menyikat gigi dapat membantu membersihkan gigi secara sempurna setelah kamu melakukan flossing. Hal ini dapat membantu membersihkan sisa-sisa serat daging yang masih menempel di sela-sela gigi dan gusi. Dengan begitu, gigi yang terasa sakit karena daging yang tersangkut akan kembali merasa nyaman. Jangan lupa untuk memperhatikan sikat gigi yang digunakan. Kamu harus menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut, yang dapat mencegah gusi berdarah dan tidak akan mengakibatkan sakit gigi bertambah parah.

5 dari 8 halaman

4. Hindari Penggunaan Tusuk Gigi

Cara mengatasi sakit gigi setelah makan daging berikutnya adala menghindari penggunaan tusuk gigi. Hal ini tentu perlu diperhatikan lagi, karena banyak orang yang malah menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan gigi dari daging yang terselip di sela-sela gigi. Padahal, menggunakan tusuk gigi dapat menyebabkan sisa makanan tersebut malah semakin masuk ke sela-sela gigi yang lebih dalam dan membuat gigi semakin nyeri. Selain itu, ukuran tusuk gigi yang kurang pas juga bisa menyebabkan celah di sela-sela gigi kamu menjadi semakin melebar.

6 dari 8 halaman

5. Kompres Dingin

Kompres dingin bisa menjadi cara mengatasi sakit gigi setelah makan daging selanjutnya. Saat menerapkan kompres dingin, hal ini menyebabkan pembuluh darah di area tersebut menyempit. Cara meredakan sakit gigi ini membuat rasa sakit tidak terlalu parah. Dingin juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan. Kamu bisa mengompres pipi atau rahang untuk meredakan nyeri karena sakit gigi. Kamu hanya perlu membungkus es dengan handuk, lalu menempelkannya pada area yang sakit tak lebih dari 20 menit.

7 dari 8 halaman

6. Minum Obat Pereda Nyeri

Obat yang dijual bebas, seperti acetaminophen, paracetamol dan ibuprofen, dapat meredakan nyeri sementara untuk sakit gigi. Beberapa salep obat juga dapat membantu sebagai cara mengatasi sakit gigi setelah makan daging. Gel dan salep mati rasa OTC yang mengandung bahan-bahan seperti benzokain dapat membuat area tersebut mati rasa.

 

8 dari 8 halaman

7. Gunakan Bahan-Bahan Alami

Selain itu, cara mengatasi sakit gigi setelah makan daging juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan seperti bawang putih, madu dan teh, cengkih, jahe, hingga kunyit untuk mengatasi rasa nyeri pada gigi. Bahan-bahan alami tersebut memiliki kandungan-kandungan yang berguna untuk  menjaga kesehatan gigi dan mengatasi rasa sakit gigi yang kamu alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.