Sukses

4 Pasangan Ini Catatkan Rekor Dunia dengan Pernikahan Tertua dan Terpanjang

Guinness World Records mencatat beberapa pasangan tertua dan terpanjang dalam pernikahan di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Ada yang mengatakan bahwa pernikahan bukanlah sekedar kata-kata, melainkan kalimat yang panjang dan membelenggu. Namun, Guinness World Records Memiliki pandangan yang lebih positif. Terdapat bukti nyata bahwa cinta yang sejati dan pernikahan langgeng memang ada.

Guinness World Records mencatat beberapa pasangan tertua dan terpanjang dalam pernikahan di dunia. Berikut pasangan yang berhasil membina rumah tangga hingga usia senja yang Liputan6.com langsir dari laman guinnessworldrecords.com, Rabu (28/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pernikahan Terpanjang

Rekor pernikahan terpanjang yang pernah ada diraih oleh Herbert Fisher (AS, lahir 1905) dan Zelmyra Fisher (AS, lahir 1907). Pasangan ini telah menikah selama 86 tahun 290 hari pada tanggal 27 Februari 2011, ketika Mr. Fisher meninggal dunia.

Mereka bersama-sama melewati masa Depresi Besar dan Perang Dunia II, hidup dalam gerakan Hak-Hak Sipil, dan akhirnya menjadi saksi pertama kali terpilihnya presiden Amerika Serikat keturunan Afrika-Amerika. Presiden Obama bahkan mengirimkan penghargaan yang ditandatangani kepada mereka pada tahun 2010!

Herbert dan Zelmyra tumbuh bersama sebagai sahabat terbaik di North Carolina, Amerika Serikat, dan menikah pada tanggal 13 Mei 1924. Herbert berusia 18 tahun dan Zelmyra berusia 16 tahun. 

"Sahabat untuk seumur hidup; pernikahan kami telah berlangsung sepanjang hidup," kata mereka dalam sesi tanya jawab di Twitter pada Hari Valentine 2010.

Namun, jika Anda mencari rahasia terbesar mereka dalam pernikahan yang langgeng, Anda mungkin akan kecewa mengetahui bahwa tidak ada rahasia khusus. Setiap hari yang berlalu, hubungan mereka semakin kuat dan aman.

 "Cerai tidak pernah menjadi pilihan, atau bahkan pemikiran," tulis mereka.

Nasihat pernikahan terbaik yang Zelmyra dan Herbert pernah terima adalah untuk "Saling menghormati, mendukung, dan berkomunikasi satu sama lain. Tetap setia, jujur, dan tulus. Cintai satu sama lain dengan sepenuh hati."

Dari pernikahan yang berhasil mencatatkan rekor ini, pasangan Herbert dan Zelmyra melahirkan 5 orang anak. Dalam catatan Guinness World Records, pasangan ini juga memiliki 5 orang anak, 10 cucu, 9 cicit, dan 1 cicit-cicit yang hebat. 

3 dari 5 halaman

2. Pernikahan Terpanjang untuk Pasangan yang Masih Hidup

Eugene Gladu (AS, lahir 1919) dan Dolores Gladu (AS, lahir 1922) telah menjadi suami dan istri lebih lama daripada pasangan lain yang masih hidup saat ini. Menikah pada tanggal 25 Mei 1940 di Woonsocket, Rhode Island, pasangan ini mendapatkan gelar Guinness World Records mereka pada bulan Juli 2021 setelah 81 tahun 57 hari menikah.

Pasangan ini telah melahirkan lima generasi dalam keluarga mereka. Eugene dan Dolores saat ini tinggal bersama di sebuah fasilitas perawatan, masih menikmati kebersamaan satu sama lain setelah semua tahun-tahun ini. Pasangan ini menjalani gaya hidup aktif dan menghabiskan tahun-tahun terbaik mereka dengan menari, berperahu, berkendara snowmobile, mendaki, dan bepergian bersama. 

4 dari 5 halaman

3. Pasangan Menikah Paling Tua

Pasangan asal Ekuador, Waldramina Maclovia Quinteros Reyes (lahir 16 Oktober 1915) dan Julio Cesar Mora Tapia (lahir 10 Maret 1910) menjadi pasangan menikah dengan usia paling tua. Julio Cesar yang berusia 110 tahun dan Waldramina yang berusia 105 tahun memiliki usia gabungan 215 tahun 231 hari. 

Julio Cesar dan Waldramina telah menikah selama 79 tahun ketika Julio Cesar meninggal dunia pada Oktober 2020. Kisah cinta panjang keduanya dimulai pada musim panas tahun 1934, ketika Julio Cesar diperkenalkan kepada Waldramina saat sedang mengunjungi kakak perempuannya.

Waldramina merupakan cinta pada pandangan pertama bagi Julio Cesar. Julio Cesar kemudian mulai merayu gadis pujaannya dengan puisi. Waldramina juga terpesona oleh semangat muda, kepribadian perhatiannya, dan kemampuan Julio Cesar dalam berbahasa.

Tujuh tahun kemudian, pada tanggal 7 Februari 1941, pasangan ini memutuskan untuk menikah. Mereka mengadakan upacara rahasia karena keluarga mereka tidak akur dan tidak menyetujui pernikahan ini.

"Tidak mudah karena hubungan keluarga kami tidak baik, tetapi dengan waktu dan kesabaran, kami berhasil menyatukan mereka dan menjadi contoh dan teladan terbaik bagi generasi muda." Julio Cesar dan Waldramina menganggap saling menghormati, cinta, dan kematangan sebagai kunci dalam pernikahan yang panjang dan bahagia.

"Rasa hormat, kasih sayang, dan pertimbangan yang kami jaga dalam hubungan kami sangat penting; kami tidak pernah bertengkar atau berkelahi. Memang ada perbedaan pendapat, tetapi itu tidak terlihat oleh anak-anak kami yang juga pantas mendapatkan rasa hormat dan cinta."

Julio Cesar dan Waldramina memiliki lima anak. Saat ini, keluarga mereka telah bertambah menjadi 11 cucu, 21 cicit, dan 9 cicit-cicit yang hebat.

5 dari 5 halaman

4. Pasangan dengan Usia Paling Tua Saat Menikah

Pada tahun 2015, setelah 27 tahun pacaran, Doreen Luckie yang berusia 91 tahun (Inggris, lahir 6 September 1923) menikah dengan George Kirby yang berusia 103 tahun (Inggris, lahir 13 Juni 1912) pada ulang tahunnya yang ke-103. George melamar Doreen pada Hari Valentine 2015, setelah didorong oleh anak-anaknya yang telah dewasa.

"Kami sedang makan malam, dan saya bertanya kepada Doreen apakah dia ingin menikah dengan saya untuk waktu yang singkat. Saya sangat bahagia bahwa dia berkata ya," kata George kepada The Telegraph.

George dan Doreen bertemu pada tahun 1988 melalui layanan perjodohan bagi orang-orang lanjut usia. Layanan perjodohan ini menghubungkan mereka berdasarkan kesukaan dan ketidaksukaan yang saling sama.

Doreen adalah "wanita yang sopan, teman yang hebat, dan teman yang baik" menurut George, yang segera jatuh cinta padanya. Mereka mulai tinggal bersama di sebuah hotel yang dimiliki oleh putra George di East Sussex, tempat mereka akhirnya menikah.

Setelah George mengetahui bahwa mereka telah memecahkan rekor dunia, laki-laki berusia seratus tahun yang suka berselancar di internet ini memposting di halaman Facebook-nya.

"Saya diberitahu bahwa Guinness Book of Records secara resmi mengakui bahwa Doreen dan saya akan menjadi pasangan tertua di dunia yang menikah. Siapa yang bisa menyangka. Saya perlu berbaring sekarang untuk memikirkannya lebih lanjut," tulisnya.

"Sepertinya kami telah masuk di semua koran nasional. Untungnya saya tidak menikahinya bertahun-tahun yang lalu," candanya.

Pada tahun 2016, George meninggal dunia, sebulan sebelum ulang tahun pernikahan pertama mereka dengan Doreen. Pihak keluarga mengatakan bahwa George meninggal dalam keadaan semangat yang baik, tertawa, dan bercanda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.