Sukses

8 Makanan yang Menyebabkan Badan Lelah dan Lemas

Makanan yang menyebabkan badan lelah dan lemas dipengaruhi kandungan nutrisinya.

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang menyebabkan badan lelah dan lemas harus dibatasi konsumsinya, terutama saat kamu memerlukan tenaga menjalani aktivitas. Hal ini berkaitan dengan kandungan beberapa makanan yang dapat mengakibatkan kamu menjadi lelah dan lemas.

Makanan pada dasarnya akan diubah menjadi energi dalam tubuh. Namun, ada beberapa makanan yang justru membuat kamu cepat lelah dan lemas. Bukannya semakin bersemangat menjalani hari, rasanya kamu ingin langsung tidur saja setelah makan makanan ini.

Makanan yang menyebabkan badan lelah dan lemas dipengaruhi kandungan nutrisinya. Makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, gula, triptofan, magnesium, kalsium, vitamin B6, dan makanan dengan indeks glikemik tinggi merupakan penyebab badan lelah dan lemas tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang makanan yang menyebabkan badan lelah dan lemas dari berbagai sumber, Rabu (25/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Roti dan Susu

Roti

Makanan yang menyebabkan badan lelah dan lemas pertama adalah roti. Roti merupakan salah satu makanan yang memiliki nilai indeks glikemik tinggi.

Karbohidrat sederhana dalam roti akan membuat gula darah melonjak tinggi untuk kemudian cepat menurun secara drastis, sehingga kamu merasa lebih lemas dan mengantuk karena kekurangan energi. Selain itu, makanan manis juga akan menambah rasa haus meski mengonsumsi air dalam jumlah banyak.

Susu

Berikutnya, susu merupakan minuman yang kaya akan kandungan triptofan dan kalsium. Dalam tubuh, triptofan memicu produksi hormon serotonin. Sementara itu, kalsium membantu tubuh mengubah triptofan menjadi serotonin.

Serotonin adalah zat kimiawi di otak yang bertugas mengendalikan mood dan kondisi relaksasi. Ketika serotonin meningkat tinggi, kamu akan merasa lebih bahagia dan santai. 

Serotonin ini selanjutnya digunakan untuk membuat melatonin, hormon pemicu ngantuk. Selain susu, triptofan juga terkandung dalam keju, yogurt, ikan, telur, dan daging unggas lainnya.

Namun, efek ngantuk dari makanan tinggi triptofan tidak bisa bekerja sendirian. Kamu akan lebih cepat ngantuk dan merasa lelah ketika mengombinasikan susu dengan makanan tinggi karbohidrat lainnya, seperti roti dan susu untuk sarapan atau seporsi ikan, telur, dan nasi saat makan siang.

3 dari 5 halaman

Daging Merah dan Kalkun

Daging Merah

Daging juga menjadi salah satu makanan yang menyebabkan badan lelah dan lemas, terutama daging merah. Daging merah merupakan sumber makanan tinggi zat besi yang juga berperan untuk menghasilkan energi. Di sisi lain, daging juga tinggi kandungan lemak.

Asupan lemak berlebih membuat tubuh bekerja ekstra keras untuk mengolahnya menjadi energi. Untuk semakin mempercepat proses ini, secara tidak sadar tubuh mengerahkan seluruh sisa energi kepada sistem pencernaan. Akibatnya, badan cepat lelah setelah makan daging.

Daging Kalkun

Sedangkan, konsumsi daging kalkun yang kaya tryptophan akan menimbulkan rasa kantuk sepanjang hari. Dengan konsumsi daging kalkun dalam jumlah banyak, kandungan tryptophan di dalamnya akan merangsang pembentukan melatonin, sehingga tubuh menjadi rileks dan mengantuk.

4 dari 5 halaman

Ikan dan Pisang

Ikan

Makanan yang menyebabkan badan lelah dan lemas selanjutnya adalah ikan. Selain tinggi triptofan, ikan, khususnya salmon dan tuna, mengandung tinggi vitamin B6 yang dibutuhkan dalam pembuatan melatonin. Vitamin B6 akan membantu mengubah triptofan menjadi melatonin yang membuat kamu cepat merasa ngantuk dan lelah.

Pisang

Pisang mengandung tinggi magnesium yang bisa membuat tubuh jadi lebih cepat lelah. Dalam tubuh, magnesium bekerja membuat otot rileks. 

Magnesium juga dikenal sebagai mineral pemicu ngantuk karena membantu mengatur siklus tidur, menenangkan sistem saraf, dan membantu menonaktifkan adrenalin, hormon yang membuat kamu waspada. Maka tidak heran jika kamu jadi cepat mengantuk dan merasa lemas ketika makan makanan tinggi magnesium di siang hari.

5 dari 5 halaman

Gorengan dan Kafein

Gorengan

Gorengan juga merupakan salah satu makanan yang menyebabkan badan lelah dan lemas. Makanan yang diproses dengan cara digoreng secara deep-fry seperti kentang goreng, ayam goreng, dan beberapa jenis gorengan lainnya mengandung minyak cukup tinggi yang dapat menyebabkan badan terasa lebih lemas.

Kandungan lemak jenuh pada minyak akan menyebabkan proses pencernaan bekerja lebih keras yang akan berdampak pada terkurasnya energi dalam tubuh. Selain itu, asupan minyak terlalu banyak dapat menimbulkan rasa haus berlebihan.

Minuman Kafein

Selain itu, minuman mengandung kafein juga dapat menyebabkan badan lelah dan lemas. Kopi yang sering dimanfaatkan untuk mengusir rasa kantuk dapat menyebabkan badan lemas bila dikonsumsi berlebihan. Kopi yang tinggi kafein dapat menyebabkan timbulnya rasa gelisah serta pola tidur yang tak beraturan, sehingga menyebabkan badan terasa lemas pada keesokan harinya.

Sedangkan, minuman berenergi juga mengandung kafein dalam kadar tinggi yang dapat menyebabkan detak jantung meningkat, rasa gelisah, dan terganggunya pola tidur. Selain itu, kandungan penambah rasa dan gula di dalam minuman berenergi juga akan menguras energi serta membuat badan mudah haus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.