Sukses

10 Tempat Wisata di Turki yang Mengesankan Sambil Belajar Sejarah

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Turki memiliki pesona dan keunikannya sendiri. Dengan perpaduan budaya Eropa dan Asia, Turki memiliki daya tarik bagi banyak wisatawan dunia. Tempat wisata di Turki juga begitu beragam mulai dari sejarah hingga belanja. 

Selain beragam atraksi dan event menarik yang digelar, tempat wisata di Turki memang sangat kuat untuk memanjakan dan memberikan pengalaman istimewa bagi para turis. Tak ayal tempat wisata di Turki menjadi destinasi wisata turis dari seluruh dunia.

Dikemas dengan monumen kuno yang tersisa dari parade penakluk dan diberkahi dengan pemandangan yang tidak pernah gagal untuk mengesankan mata, Turki adalah tujuan yang mempesona di kawasan Eurasia.

Budayanya yang semarak, makanannya yang terkenal, dan sejarahnya yang luar biasa memukau semua orang yang berkunjung ke berbagai tempat wisata di Turki.

Sementara bentang alamnya yang indah, dari Mediterania yang bermandikan sinar matahari hingga pegunungan yang kokoh dan padang rumput yang gersang, menjadi sorotan tersendiri bagi salah satu tempat wisata di Turki ini. Berikut tempat wisata di Turki yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Religi

Hagia Sophia

Hagia Sophia menjadi salah satu ikon terkenak di Turki. Awalnya Hagia Sophia erupakan bangunan gereja yang sudah dibangun sejak abad ke-4. Bangunan ini kemudian beralih fungsi sebagai masjid pada masa kekuasaan Kesultanan Utsmani (1453 sampai 1931).

Meski difungsikan sebagai masjid, untuk menghormati sultan sebelumnya, simbol-simbol gereja yang ada di dalam Hagia Sofya tidak dihapus. Pada 1 Februari 1935 bangunan ini disekulerkan dan dibuka sebagai museum oleh Republik Turki. Kini Hagia Sofya menjadi bangunan dengan arsitektur paling monumental dan banyak dikunjungi wisatawan saat sedang melancong ke Turki.

Blue Mosque

Blue Mosque atau Masjid Sultanahmed dibangun antara tahun 1609 dan 1616 atas perintah Sultan Ahmed I. Masjid ini dibangun untuk menandingi Hagia Sophia dengan gaya arsitektur Turki Utsmani. Disebut Blue Mosque karena pada masa lalu interiornya berwarna biru. Di halaman Blue Mosque menjadi lokasi menarik wisatawan untuk berfoto. Tak jarang mereka menghabiskan waktunya dengan duduk di taman.

3 dari 6 halaman

Wisata bersejarah

Istana Topkapı

Istana Topkapı merupakan kediaman resmi Sultan Utsmaniyah selama lebih dari 600 tahun. Istana Topkapi juga merupakan rumah bagi banyak peninggalan suci dari Nabi Muhammad, yang menjadikan istana ini tujuan populer bagi umat Islam.

Koleksi di Istana Topkapi meliputi Mantel Suci Nabi Muhammad (Hırka-i Saadet), sehelai rambut janggut Nabi, gigi Nabi yang tanggal ketika beliau ikut Perang Uhud, sandal Nabi, stempel Nabi, busur serta pedang Nabi. Selain itu, ada pula manuskrip tua salinan awal Alquran dan ubin indah milik tokoh-tokoh penting Islam.

Benteng Rumeli Hisari

Benteng Rumeli dibangun Rumeli Hisari Muzesi pada 1452. Benteng ini digunakan untuk mengatur lalu lintas laut serta untuk pertahanan Kerajaan Bynzantium yang menduduki Turki beberapa abad silam.

Benteng Rumeli Hisari terletak di Distrik Sarıyer di Istanbul, Turki, di sebuah bukit di sisi Eropa dari Selat Bosporus. Hingga kini benteng Rumeli Hisari masih berdiri kokoh dan ramai dikunjungi wisatawan.

4 dari 6 halaman

Wisata lanskap unik dan khas

Cappadocia

Lembah batu Cappadocia yang nyata dan menukik adalah impian setiap fotografer. Tebing-tebing tebing dan puncak-puncak bukit adalah rumah bagi panorama berombak batu seperti gelombang atau puncak berbentuk aneh yang telah tertentuk alam ribuan tahun lalu.

Yang unik dari wilayah ini adalah pemandangan balon-balon udara yang menghiasi langit. Tempat ini menjadi wilayah favorit wisatawan menikmati keindahan Turki yang khas.

Ephesus

Kota metropolitan klasik terlengkap di Eropa, Ephesus adalah situs kuno yang terletak di Aegean Turki. Pada abad ke-1 SM, Ephesus adalah salah satu kota terbesar di seluruh Kekaisaran Romawi, yang memiliki salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno, Kuil Artemis.

Reruntuhan Ephesus terpelihara dengan baik dan terkandung dalam situs arkeologi besar, menjadikannya salah satu tempat wisata paling populer di Turki. Daya tariknya termasuk Teater besar, Kuil Hadrian dan Perpustakaan Celsus yang megah, struktur dua lantai yang dibangun untuk menampung lebih dari 12.000 gulungan.

5 dari 6 halaman

Wisata alam

Gunung Nemrut

Destinasi untuk Turki Timur adalah gundukan pemakaman puncak Gunung Nemrut tersebar dengan sisa-sisa patung-patung yang dulunya sangat besar. Tempat yang unik dan sunyi ini menjadi salah satu situs arkeologi paling unik di Turki.

Kepala-kepala batu raksasa dari dewa-dewa yang telah lama terlupakan menatap keluar dari puncak, menciptakan suasana yang menakutkan di atas puncak gunung yang tandus. Waktu yang paling tepat untuk mengunjunginya adalah saat matahari terbit, sehingga Anda dapat menyaksikan patung-patung saat mereka muncul dari kegelapan.

Pamukkale

Salah satu keajaiban alam paling terkenal di Turki, teras travertine putih bersih di Pamukkale. Selama ribuan tahun, mata air panas ini menjadi tempat berendam banyak orang. Cekungan karang membendung air, dan air terjun beku menghiasi tebing di daerah itu.

Mengalir 400 liter per detik, air panas Pamukkale mengandung kalsium dan magnesium yang tinggi, sehingga dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit kulit.

6 dari 6 halaman

Wisata belanja

Istiklal Street

Jalan Istiklal juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat kemegahan Istanbul. Trem nostalgia membentang sepanjang Jalan Istiklal. Kawasan ini merupakan pusat belanja para wisatawan di Turki. jalan pejalan kaki yang penuh warna dan boulevard besar memotong Beyoglu dan penuh dengan semua jenis toko, restoran, kafe, pertunjukan jalanan yang menarik.

Grand Bazaar

Grand Bazaar Istanbul sangat disukai oleh banyak turis untuk berbelanja. Situs besar ini adalah pasar tertutup terbesar di dunia. Di sini ada 61 jalan tertutup dan lebih dari 3.000 toko dapat menarik pengunjung sebanyak 250.000 sampai 400.000 setiap harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini