Sukses

Niacinamide Adalah Zat Turunan dari Vitamin B3, Ketahui Manfaatnya untuk Kecantikan

Niacinamide adalah salah satu zat turunan dari vitamin B3 (niacin).

Liputan6.com, Jakarta Niacinamide adalah salah satu zat turunan dari vitamin B3 (niacin). Nama lain dari vitamin B3 yang juga merupakan antioksidan. Niacinamide menjadi salah satu bahan perawatan kulit atau skin care yang paling banyak dicari dan digunakan saat ini.

Niacinamide dipercaya mampu mengatasi jerawat, mencerahlan kulit, mengecilkan pori-pori wajah, hingga mengurangi garis halus dan kerutan di wajah. Zat yang satu ini dapat ditemukan dalam kebanyakan jenis perawatan wajah mulai dari pembersih, serum, toner dan daily cream.  

Niacinamide bekerja dengan menghambat pelepasan zat kimia yang memicu reaksi peradangan di dalam tubuh. Senyawa ini juga memperlambat proses perpindahan butir pigmen (zat pemberi warna) ke dalam sel-sel kulit sehingga kulit tampak lebih cerah.

Berikut ini penjelasan mengenai apa itu niacinamide dan manfaatnya untuk kecantikan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (25/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Niacinamide

Dikutip dari newbeauty.com, niacinamide adalah bentuk dari niacin atau vitamin B3 untuk mengatasi masalah kulit. Niacinamide berfungsi sebagai barrier pada kulit. Ketika diaplikasikan, niacinamide mampu menangkal polusi dan gangguan atau serangan dari luar sekaligus menjaga kelembapan alami dari dalam. Skin barrier merupakan garda utama yang melindungi kulit dari berbagai faktor eksternal mulai dari menangkal infeksi bakteri, polusi, sinar UV, bahan kimia berbahaya, hingga menjaga kulit dari gesekan atau goresan. Barrier alami kulit akan semakin melemah seiring bertambahnya usia dan faktor luar lainnya. Di sinilah niacinamide menjalankan tugasnya dengan maksimal.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perlu ada takarannya untuk menggunakan niacinamide ini. Niacinamide juga sebaiknya hanya digunakan sekali sehari untuk kita yang punya kulit sensitif. Selain itu, penggunaan niacinamide yang terlalu tinggi dosisnya yang dipakai berulang kali dapat membuat kulit menjadi mudah kemerahan dan iritasi.

Konsentrasi 2-10 persen niacinamide biasanya sudah cukup untuk memberikan hasil yang terlihat. Oleh karena itu, perhatikan kadarnya dalam daftar kandungan. Manfaat lain yang juga diunggulkan dari zat aktif ini adalah mencerahkan kulit yang kusam dengan cara menyamarkan bintik hitam di wajah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Niacinamide untuk Kecantikan

Berikut ini beberapa manfaat niacinamide untuk kecantikan yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat niacinamide yang pertama adalah dapat mengatasi jerawat. Menurut penelitian, mengoleskan krim yang mengandung niacinamide ke wajah dapat mengatasi jerawat, termasuk jerawat parah jenis pustula dan papula. Zat ini juga dapat memperbaiki kondisi kulit wajah apabila digunakan secara rutin. Manfaat ini akan lebih optimal, jika dikombinasikan dengan retinol. Selain jerawat, niacinamide juga bisa mengobati gangguan kulit lain, seperti eksim dan rosacea.

2. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Selanjutnya, manfaat niacinamide adalah mampu melindungi kulit dari radikal bebas. Melindungi kulit dari radikal bebas, sinar ultraviolet matahari, polusi, dan zat berbahaya juga menjadi salah satu manfaat niacinamide. Tak hanya itu, niacinamide juga memiliki efek antioksidan dan dapat memperbaiki DNA yang rusak.

3. Mengurangi Garis Halus dan Keriput

Selanjutnya, manfaat niacinamide adalah mengurangi garis halus dan keriput. Apabila di wajah Anda mulai muncul keriput dan garis halus, cobalah gunakan produk perawatan wajah yang mengandung niacinamide. Menurut penelitian, menggunakan produk peratawan wajah dengan kandungan niacinamide sebanyak 5% dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, termasuk garis halus dan keriput.

4. Menghilangkan Noda Hitam

Selanjutnya, manfaat niacinamide adalah menghilangkan noda hitam. Rajin menggunakan skin care yang mengandung 5% niacinamide selama 4 minggu dipercaya dapat mencerahkan dan menghilangkan noda hitam (hiperpigmentasi) di kulit.

5. Mengendalikan Produksi Minyak Wajah dan Mengecilkan Pori-Pori

Selanjutnya, manfaat niacinamide adalah mengendalikan produksi minyak wajah dan mengecilkan pori-pori. Pori-pori pada kulit wajah berminyak biasanya terlihat lebih besar. Niacinamide dapat mengecilkan pori dengan cara mengendalikan produksi minyak yang berlebihan oleh kelenjar sebaceous di kulit wajah.

6. Mencegah Kanker Kulit

Selanjutnya, manfaat niacinamide adalah mencegah kanker kulit. Tak hanya dioleskan, niacinamide juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Mengonsumsi suplemen niacinamide diyakini dapat mencegah kanker kulit, terutama pada orang yang pernah menderita kanker kulit nonmelanoma sebelumnya.

7. Meningkatkan Ketahanan Kulit

Niacinamide membantu pembentukan keratin, yakni protein yang menjaga kulit tetap sehat dan kuat. Tidak hanya itu, niacinamide juga merangsang pembentukan lapisan ceramide yang berfungsi sebagai pelindung dan penjaga kelembapan jaringan kulit.

8.  Memudarkan Bekas Jerawat

Hiperpigmentasi adalah kondisi munculnya bercak atau noda gelap pada kulit akibat produksi pigmen melanin yang berlebihan. Bercak gelap terkadang dapat disebabkan oleh peradangan yang terjadi selama kulit berjerawat. Studi terdahulu mengungkapkan bahwa nicotinamide dengan konsentrasi minimum 5% bisa membantu menyamarkan noda gelap. Senyawa ini bekerja dengan menghambat pembentukan melanin dan merangsang pembentukan kolagen.

9. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Bekas jerawat bisa kembali meradang bila kulit sering terkena sinar matahari. Di sini, nicotinamide untuk kulit berfungsi sebagai pelindung. Senyawa ini menjaga kelembapan dan kekuatan kulit sehingga sinar matahari tidak mencederai noda bekas jerawat.

10. Mencegah Stres Oksidatif

Stres oksidatif adalah yang disebabkan oleh faktor lingkungan pada kulit. Niacinamide dapat membantu meminimalisir itu dan membangun sel kulit dan melindunginya dari paparan stres lingkungan. Seperti polusi, paparan sinar matahari, dan racun.

11. Mencegah Melanoma

Melanoma merupakan jenis kanker kulit yang bisa muncul pada sel penghasil melanin, yaitu sejenis pigmen pemberi warna kulit. Kanker kulit melanoma bisa dikatakan sebagai kerusakan sel akibat paparan sinar UV. Untuk mencegahnya, kamu bisa gunakan skin care berbahan niacinamide atau mengkonsumsi suplemen. Kandungan niacinamide dipercaya dapat meningkatkan perbaikan DNA pada kulit yang telah rusak karena paparan sinar UV.

4 dari 4 halaman

Cara Memilih Produk yang Mengandung Niacinamide

Pada beberapa produk perawatan kulit, niacinamide dapat ditulis sebagai niacin atau nicotinamide. Apabila Anda ingin mendapatkan berbagai manfaat niacinamide, seperti mengatasi noda hitam, pilihlah produk perawatan kulit dengan kandungan niacinamide sebesar 5%.

Namun, apabila kulit Anda tergolong sensitif, pilihlah produk dengan kandungan niacinamide yang lebih rendah. Kandungan niacinamide sebesar 2% sudah mampu mengatasi masalah kulit, seperti eksim. Selain menggunakan produk perawatan yang mengandung niacinamide, Anda juga bisa mempraktikkan cara-cara berikut ini agar kulit Anda selalu sehat dan bebas dari masalah kulit:

  1. Mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih yang cukup.
  2. Mengoleskan tabir surya secara rutin, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.
  3. Tidak merokok dan menghindari asap rokok.
  4. Mencuci wajah setelah bangun tidur, sebelum tidur, dan setelah berkeringat.
  5. Menggunakan produk perawatan sesuai jenis kulit.
  6. Mengendalikan stres.
  7. Mengonsumsi makanan yang bergizi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.