Sukses

7 Cara Menyimpan Taoge Agar Awet dan Tetap Segar

Cara menyimpan taoge bisa dengan rendaman atau kering.

Liputan6.com, Jakarta Cara menyimpan taoge agar awet dan tetap segar perlu diperhatikan. Pasalnya, taoge merupakan salah satu bahan makanan yang tidak mudah untuk disimpan dalam waktu yang lama. Taoge memang sebaiknya segera dimasak atau diolah karena sifatnya yang gampang busuk.

Namun dengan beberapa cara khusus, kamu bisa menyimpan taoge agar tetap segar dalam waktu yang lama. Menyimpannya dengan cara yang tepat dapat membuat taoge tidak cepat layu dan bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Cara menyimpan taoge bisa dengan rendaman atau kering. Langkah yang paling penting tentunya adalah kamu membersihkan taoge terlebih dahulu dari sisa akar dan kulitnya. Selain itu, buang juga taoge yang sudah menghitam atau busuk agar tidak mengontaminasi taoge lainnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (23/11/2020) tentang cara menyimpan taoge.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menyimpan Taoge

Buang Bagian Taoge yang Kotor atau Hitam

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara menyimpan taoge yang pertama adalah membuang bagian yang kotor dan hitam. Pisahkan taoge yang masih bagus dari taoge yang sudah lembek atau kotor dan hitam. Karena kalau tercampur semua, proses pembusukannya akan lebih cepat.

Selain itu, bagian kepala atau ekor taoge yang masih hitam sebaiknya dibuang dulu sebelum disimpan. Membersihkan taoge sebelum menyimpannya di dalam kulkas akan mengurangi kemungkinan tauge tercemar sehingga membuat bakteri berkembang dari kotoran tersebut.

Jangan Simpan dalam Keadaan Basah

Jangan mencuci taoge lebih dulu jika ingin menyimpannya dalam waktu lama. Taoge yang disimpan dalam keadaan basah hanya akan mempercepat pembusukannya. Setelah dibeli, langsung simpan taoge di dalam kulkas.

Masukkan dalam Plastik Tanpa Air

Cara menyimpan taoge agar awet dan tetap segar berikutnya adalah memasukkannya ke dalam plastik tanpa air. Taoge yang masih segar dan sudah bersih (akar dan ekornya sudah dibuang) bisa langsung disimpan dalam plastik. Tak perlu menambahkan air. Tapi jangan sampai plastiknya menggelembung. Cukup ikat dengan rapat saja, kemudian simpan di dalam kulkas.

3 dari 4 halaman

Cara Menyimpan Taoge

Bagi dalam Beberapa Plastik Kecil

Kalau ada rencana untuk membuat olahan taoge dalam waktu berbeda, kamu bisa coba menyimpan taoge dengan cara menyimpannya dalam beberapa plastic kecil. Siapkan beberapa plastik kecil yang diisi air untuk menyimpan taoge dengan porsi secukupnya. Simpan dalam kulkas. Jadi begitu butuh taoge, kamu bisa langsung mengambil bungkusan plastik sesuai kebutuhan.

Simpan dalam Jumlah yang Pas

Sebagai cara menyimpan taoge yang berhubungan dengan cara sebelumnya, kamu tidak boleh menyimpan taoge dalam wadah tertutup yang terlalu sesak atau isinya begitu padat. Jangan menumpuk atau memadatkan taoge dalam wadah kecil. Pilih wadah penyimpanan yang agak besar sehingga tauge satu dengan yang lainnya tidak saling menggencet. Tidak adanya sela atau ruang bebas akan membuat tauge lebih cepat membusuk.

4 dari 4 halaman

Cara Menyimpan Taoge

Siapkan Wadah yang Diberi Alas Tisu Dapur

Cara menyimpan taoge agar awet dan tetap segar selanjutnya adalah menyimpannya di wadah yang sudah diberi alas tisu dapur. Menjaga kelembapan adalah kunci agar taoge tidak cepat busuk. Cara yang paling mudah adalah menyimpannya dalam wadah tertutup yang sudah diberi alas tisu dapur. Baru kemudian simpan di dalam kulkas di bagian yang khusus sayuran.

Simpan dalam Rendaman Air yang Diberi Irisan Jeruk Nipis

Cara menyimpan taoge yang satu ini diyakini bisa menjaga kesegarannya sampai empat hari ke depan. Selain itu juga bisa memberi sensasi rasa yang lebih segar. Simpan taoge dalam wadah yang sudah berisi air yang diberi irisan jeruk nipis secukupnya. Tutup wadah dengan rapat baru kemudian simpan di dalam kulkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini