Sukses

Fungsi Approve New Participants Fitur Baru di WhatsApp dan Cara Mengaktifkannya

Simak fungsi dan cara mengaktifkan Approve New Participants yang merupakan fitur baru dari Grup WhatsApp.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi Approve New Participants yang menjadi fitur baru di WhatsApp sangat penting untuk diketahui. Fitur tersebut muncul pada grup di WhatsApp, sehingga tidak bisa digunakan secara sembarangan.

Seperti yang kita ketahui, WhatsApp adalah aplikasi berkirim pesan dan panggilan yang sederhana, aman, dan reliabel, serta dapat diunduh ke ponsel di seluruh dunia secara gratis. Dalam aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur untuk menunjang penggunaan WhatsApp. Salah satunya adalah fitur Approve New Participants atau Menyetujui Peserta Baru. Fitur ini sudah tersedia untuk pengguna di Indonesia.

Fitur Approve New Participants ini merupakan fitur yang diperkenalkan oleh WhatsApp (WA) untuk meningkatkan keamanan dan privasi di dalam grup. Dalam praktiknya, terdapat fungsi khusus dan cara mengaktifkannya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai fungsi Approve New Participants fitur baru di WhatsApp dan cara mengaktifkannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi Approve New Participants Fitur Baru di WhatsApp

Seperti yang telah dijelaskan di atas, fitur Approve New Participants ini merupakan salah satu fitur yang diperkenalkan oleh aplikasi WhatsApp (WA) untuk meningkatkan keamanan dan privasi di dalam grup.

Fungsi utama dari Approve New Participants adalah membantu admin grup di WhatsApp untuk mengembangkan memoderasi, dan melindungi grup dari peretas. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, mengharuskan admin meninjau setiap permintaan untuk bergabung ke grup sebelum peserta diizinkan untuk bergabung. Fitur ini meningkatkan privasi dan keamanan untuk semua peserta dalam grup.

Hal yang perlu anda ketahui bahwa fitur Approve New Participants tersebut dinonaktifkan secara default. Dalam hal ini, setiap peserta yang meminta untuk bergabung dengan grup akan diberikan izin masuk.

Selain itu, fungsi lain dengan adanya fitur Approve New Participants adalah membantu administrator grup untuk mengontrol dan melindungi grup mereka dengan lebih baik. Ini memberikan opsi untuk membantu memperluas, mengelola, dan melindungi grup mereka. Fitur ini juga bisa menjadi solusi untuk menghindari akun-akun spam yang sifatnya mengganggu.

Saat fitur ini diaktifkan di pengaturan grup, admin harus memverifikasi setiap permintaan untuk bergabung ke grup sebelum mengizinkan peserta untuk bergabung. Fitur ini meningkatkan privasi dan keamanan semua anggota grup. Secara default, fitur Approve New Participants dinonaktifkan. Dalam hal ini, entri akan diberikan kepada setiap individu yang ingin bergabung dengan grup.

3 dari 4 halaman

Penggunaan dari Fitur Approve New Participants

Sepeti yang telah dijelaskan di atas, fitur baru Approve New Participants di WhatsApp memungkinkan admin grup untuk lebih selektif menerima anggota baru yang masuk di grup. Dengan adanya fitur baru tersebut, admin grup bisa menyetujui atau menolak permintaan bergabung dari anggota baru yang masuk melalui tautan yang sebelumnya telah dibagikan.

Saat fitur ini diaktifkan, biasanya akan muncul pengumuman yang bertuliskan “New participants need admin approval to join this group” atau artinya “Anggota baru perlu persetujuan dari admin grup untuk bergabung ke dalam grup”. Kemudian dari pengumuman tersebut admin grup akan menerima pemberitahuan dan memiliki opsi untuk menyetujui atau menolak.

Apabila permintaan disetujui, orang tersebut dapat bergabung ke dalam grup WhatsApp sehingga dapat mengakses konten dan percakapan di dalamnya. Namun, apabila permintaan ditolak, orang tersebut tidak akan bisa mendapatkan akses untuk berhubungan dengan anggota grup lain.

4 dari 4 halaman

Cara Mengaktifkan Fitur Approve New Participants

Berikut ini ada beberapa cara mengaktifkan fitur baru Approve New Participants di WhatsApp, yakni:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di perangkat seluler Anda.
  2. Klik nama grup di WhatsApp yang ingin Anda aktifkan fitur Approve New Participants.
  3. Ketuk nama grup WhatsApp yang telah anda pilih tersebut dan buka opsi Info Grup.
  4. Carilah di layar untuk mendapatkan opsi Pengaturan Grup.
  5. Apabila telah menemukannya, kemudian klik  Pengaturan Grup dan cari fitur Approve New Participants.
  6. Terakhir, pilih opsi On pada pop up untuk mengaktifkan fitur Approve New Participants.

Apabila fitur tersebut telah On, anda sebagai anggota yang ingin bergabung ke grup akan melihat pesan “An admin must approve your request” (Admin harus menyetujui permintaan Anda) di atas tombol permintaan untuk bergabung. Peserta akan dapat membagikan alasan permintaan mereka dengan admin grup atau batalkan permintaan. Saat permintaan peserta disetujui, obrolan akan menunjukkan admin grup mana yang menambahkan peserta atau jika mereka bergabung melalui tautan undangan grup.

Sedangkan apabila anda sebagai admin grup dan fitur Approve New Participants telah On, maka akan diberi tahu saat mereka memiliki permintaan yang tertunda untuk ditinjau. Admin mungkin melihat pemberitahuan atau notification di obrolan grup atau dapat mengakses layar peserta yang tertunda dari halaman Info Grup. Saat meninjau permintaan, admin dapat menyetujui atau menolak permintaan tersebut. Apabila admin grup tidak memiliki cukup informasi tentang orang yang meminta akses, maka admin group dapat mengetuk pengguna untuk membuka info kontaknya dan memulai obrolan dengan orang tersebut untuk lebih bertanya-tanya secara detail.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.