Sukses

Please Artinya Silakan, Ketahui Arti Lain, Sinonim, dan Contoh Kalimatnya

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, please artinya silakan.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata bahasa Inggris "please." Sebab, kata tersebut sering sekali digunakan bahkan dalam percakapan bahasa Indonesia. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, please artinya silakan.

Meski demikian, silakan satu-satunya arti dari kata please. Please artinya bisa berbeda-beda tergantung konteks pembicaraan dan kalimatnya. Dalam konteks tertentu, please artinya bisa jadi mohon, yang bertujuan agar lawan bicara mau menuruti permintaan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui secara pasti please artinya apa, kita juga harus mencermati konteks kalimat dan pembicaraannya. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai please artinya apa saja, serta bagaimana contoh penggunaan kata please dalam sebuah kalimat.

Berikut adalah penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (24/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Definisi Please Berdasar Kamus

Untuk memahami kata, langkah yang paling mudah adalah dengan menggunakan bantuan kamus. Karena kata please merupakan kosakata dalam bahasa Inggris, maka sumber yang digunakan adalah kamus Bahasa Inggris-Bahasa Inggris yang tersedia secara online.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, please artinya ada banyak sekali, tergantung konteks pembicaraan dan kalimatnya. Menurut Cambridge Dictionary, please artinya adalah kata yang digunakan unruk membuat permintaan lebih sopan; digunakan untuk menambah kekuatan permintaan atau tuntutan; digunakan terutama oleh anak-anak kepada seorang guru atau orang dewasa lainnya untuk mendapatkan perhatian mereka.

Selain terkait dengan permintaan dan tuntutan, please artinya juga bisa lain lagi, yakni dapat digunakan untuk mengungkapkan penerimaan dengan cara yang lebih sopan.

Sebagai contoh pada percakapan berikut,

A: "Would you like dessert?" (Kamu mau makanan penutup?)

B: "Oh, yes please." (Ah, ya, tolong.)

3 dari 5 halaman

Definisi Please Berdasarkan Kelas Kata

Selain berdasarkan konteks pembicaraan dan kalimat, please artinya bisa berbeda-beda berdasarkan kelas katanya. yang dimaksud kelas kata adalah Kelas kata adalah golongan kata dalam satuan bahasa berdasarkan kategori bentuk, fungsi, dan makna dalam sistem gramatikal.

Dalam bahasa Inggris, kata "please" termasuk dalam dua kelas kata, yakni kata seru, kata kerja (verb), dan kata keterangan (adverb). Sebagai kata seru, please artinya seperti yang telah dijelaskan di bagian sebelumnya, yakni digunakan untuk menekankan ekspresi permintaan atau tuntutan.

Sebagai kata seru, please artinya juga dapat digunakan untuk mengekspresikan penerimaan terhadap sesuatu dengan lebih sopan atau antusias.

Sementara itu, jika digunakan sebagai kata kerja (verb), please artinya bisa lain lagi. Menurut Cambridge Dictionary, sebagai kata kerja please artinya adalah untuk membuat seseorang merasa bahagia atau puas, atau untuk memberikan seseorang kesenangan.

Selain itu, please artinya juga bisa dipahami sebagai sesukanya atau semaunya sendiri. Sebagai contoh dalam kalimat berikut,

"I shall go out with whoever I please." (Saya akan pergi dengan siapa pun yang saya suka.)

Selain dapat berfungsi sebagai kata seru dan kata kerja, kata please juga dapat masuk ke dalam kelompok kata keterangan (adverb). Menurut Merriam Webster, sebagai kata keterangan please artinya digunakan sebagai kata fungsi untuk menyatakan ketidaksetujuan, ketidaksepakatan, atau ketidakpercayaan yang memiliki kesan mencemooh.

Sebagai contoh dalam kalimat berikut,

"You believe that? Oh, please."

4 dari 5 halaman

Sinonim Kata Please

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, please artinya ada banyak lagi tergantung bagaimana kata tersebut digunakan. Dalam bahasa Inggris sendiri terdapat sejumlah kata yang artinya mirip dengan kata please atau bersinonim. Berikut adalah sejumlah sinonim dari kata please,

  1. delight: menyenangkan dengan sangat
  2. satisfy: memenuhi harapan, kebutuhan, atau keinginan (seseorang).
  3. glad: membuat senang, bahagia
  4. entertain: menyediakan (seseorang) dengan hiburan atau kenikmatan.
  5. rejoice: merasakan atau menunjukkan kegembiraan atau kegembiraan yang besar.
  6. pleasure: perasaan senang dan puas.
  7. gratify: memberikan (seseorang) kesenangan atau kepuasan.
  8. amuse: menyebabkan (seseorang) menemukan sesuatu yang lucu; menghibur.
  9. want: memiliki keinginan untuk memiliki atau melakukan (sesuatu); berharap untuk.
  10. wish: merasakan atau mengungkapkan keinginan atau harapan yang kuat akan sesuatu yang tidak mudah dicapai; menginginkan sesuatu yang tidak dapat atau mungkin tidak akan terjadi.
  11. will: mengungkapkan permintaan.
5 dari 5 halaman

Contoh Kalimat dengan Menggunakan Kata

Untuk lebih memahami please artinya apa setelah melihat beberapa sinonim dan artinya berdasarkan kamus, penting bagi kita untuk mengetahui contoh kalimatnya. Berikut adalah sejumlah contoh kalimat dengan menggunakan kata "please,"

1. Could I have two coffees and a tea, please? (Bisakah saya minta dua kopi dan satu teh?)

2. Please remember to close the windows before you leave. (Harap ingat untuk menutup jendela sebelum Anda pergi.)

3. Please, David, put the knife down. (Tolong, David, letakkan pisaunya.)

4. Oh, please. Do shut up! (tolonglah diam!)

5. Please, Miss, I know the answer! (Tolong, Nona, saya tahu jawabannya!)

6. A: "More potatoes?" (Mau kentang lagi?)

    B: "Please." (Silakan.)

7. A: "May I bring my husband?" (Bolehkah aku membawa suamiku?)

    B: "Please do." (Silakan bawa.)

8. A: "Would you like dessert?" (Kamu mau makanan penutup?)

    B: "Oh, yes please." (Ah, ya, tolong.)

9. I only got married to please my parents. (Saya menikah hanya untuk menyenangkan orang tua saya.)

10. He was always a good boy, very friendly and eager to please. (Dia selalu menjadi anak yang baik, sangat ramah dan bersemangat untuk menyenangkan.)

11. She thinks she can just do whatever/as she pleases. (Dia pikir dia bisa melakukan apa saja sesukanya.)

12. I shall go out with whoever I please. (Saya akan pergi dengan siapa pun yang saya suka.)

13. Take your seats, ladies and gentlemen, if you please. (Silakan duduk, tuan dan nyonya, jika Anda mau.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.