Sukses

Apa Arti Khodam? Kenali Pengertian dan Ciri-Ciri Orang yang Memilikinya

Apa arti khodam merujuk pada sesuatu yang gaib selain manusia.

Liputan6.com, Jakarta Apa arti khodam mungkin belum dipahami oleh sebagian orang. Istilah khodam akhir-akhir ini sering digunakan dalam percakapan, baik secara online di media sosial maupun secara langsung. Khodam berkaitan dengan makhluk gaib.

Apa arti khodam merujuk pada sesuatu yang gaib selain manusia. Khodam juga dikenal sebagai gambaran umum dari hubungan manusia dengan jin. Sampai sekarang, khodam masih dipercayai oleh sebagian orang Indonesia.

Khodam dikenal juga sebagai pendamping manusia, yang didapatkan dengan cara diturunkan oleh leluhur ataupun dari diri sendiri. Seseorang yang memiliki khodam dianggap dapat berkomunikasi dengan jin atau makhluk gaib.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/5/2023) tentang apa arti khodam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Arti Khodam?

Apa arti khodam yaitu suatu gambaran umum dari hubungan manusia dengan jin. Seseorang yang memiliki khodam dianggap memiliki kemampuan berkomunikasi dengan jin. Apa arti khodam berasal dari bahasa Arab, yang artinya yaitu pembantu, penjaga, pengawal khusus untuk mendampingi seseorang. Khodam atau pembantu ini kerap kali digambarkan sebagai sosok dari kalangan jin.

Apa arti khodam yaitu pendamping manusia, yang bisa didapatkan oleh seorang manusia karena diturunkan dari leluhur atau dari diri sendiri. Pemanfaatan khodam yaitu kemampuan manusia berkomunikasi dengan alam gaib atau jin.

Apa arti khodam disebut juga dengan makhluk yang tercipta dari diri manusia baik secara sengaja ataupun tidak. Khodam memiliki kemampuan yang bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah bagi manusia, dan inilah yang dipercayai oleh kebanyakan orang. Berbagai macam wujud khodam yang dipercayai oleh masyarakat Indonesia tersebut, disebut memiliki kemampuan penyembuh hingga memiliki kemampuan pengasihan.

Apa arti khodam yaitu pendamping manusia, yang tentunya memiliki berbagai macam wujud. Khodam pendamping atau leluhur bisa berwujud khodam macan putih, khodam macan kumbang, kodam naga, khodam jin qorin, khodam ular, khodam buaya putih, khodam ratu, khodam harimau loreng, khodam nenek tua, khodam singa api, khodam buto ijo, khodam wesi kuning, khodam merah delima, khodam singo barong, khodam keris semar mesem, khodam idu geni sabdo dadi, dan masih banyak lagi.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Khodam

Apa arti khodam yaitu pendampingan manusia oleh jin sebagai makhluk gaib. Banyak orang menyebut seseorang yang memiliki khodam, berbeda dengan mereka yang tidak memiliki khodam dalam dirinya. Dalam buku berjudul Ilmu Mistik Kejawen: Menguak Rahasia Hidup Orang Jawa oleh Petir Abimanyu, ada enam cara mengetahui seseorang memiliki khodam atau tidak. Ciri-ciri seseorang memiliki khodam yaitu sebagai berikut:

1. Pola Pikirnya Dewasa

Ciri-ciri seseorang yang memiliki khodam salah satunya adalah memiliki pola pikir yang dewasa, sekalipun usianya masih muda. Pola pikir menjadi hal yang paling penting diperhatikan jika kamu ingin mengetahui seseorang memiliki khodam atau tidak. Seorang anak atau remaja umumnya memiliki pola pikir yang belum dewasa dan keras kepala. Ini berbeda dengan pemilik khodam, mereka dapat memiliki pemikiran layaknya orang dewasa yang bijaksana.

2. Kepekaan Batin Tinggi

Kepekaan batin yang tinggi juga merupakan satu di antara beberapa ciri-ciri orang yang memiliki khodam. Jadi, cara mengetahui seseorang memiliki khodam atau tidak adalah melihat dari kepekaan batinnya. Mereka dengan khodam memiliki kepekaan batin yang tinggi. Contohnya seperti kemampuannya melihat hal yang tidak kasat mata.

3. Kemampuan Melihat Masa Lalu

Ciri-ciri seseorang memiliki khodam selanjutnya yaitu dapat melihat masa lalu. Cara mengetahui seseorang memiliki khodam atau tidak memang dapat terlihat dari kemampuan seseorang melihat masa lalu. Dijelaskan, bahwa khodam adalah makhluk yang sudah ada sejak lama dan tidak bisa dimusnahkan, namun bisa diturunkan. Maka dari itu, seseorang dengan khodam pendamping atau leluhur pasti akan memiliki kemampuan melihat masa lalu.

4. Penasaran Terhadap Masa Lalu

Orang memiliki khodam akan lebih penasaran dengan hal-hal yang berkaitan dengan sejarah. Mereka dengan khodam akan suka bertanya kepada orang-orang tua dan mempelajari tentang masa lalu. Ini termasuk saat mereka masih kecil, mereka lebih tertarik mendengarkan cerita dari kekek neneknya daripada bermain.

5. Terlihat dari Tanda Khusus pada Fisik

Cara mengetahui seseorang memiliki khodam atau tidak adalah terlihat dari tanda-tanda khusus pada tubuhnya secara fisik. Seseorang yang memiliki khodam biasanya akan bercak hitam atau coklat pada bagian tubuh tertentu.

6. Sangat Menghormati Keluarga atau Leluhur

Ciri-ciri seseorang memiliki khodam berikutnya terlihat dari penghormatannya kepada keluarga. Apa arti khodam pendamping atau leluhur, sangat memengaruhi sikap pemiliknya. Mereka dengan khodam leluhur akan menghormati dan menghargai jerih payah yang sudah dilakukan para leluhur.

4 dari 4 halaman

Khodam dalam Islam

Khodam dalam Islam dimaknai dengan pendapat yang berbeda-beda. Ada pendapat yang memperbolehkan manusia memiliki khodam pendamping untuk dimanfaatkan dan ada pendapat yang tidak memperbolehkan karena berisiko menyesatkan manusia.

Dalam buku berjudul Kumpulan Tanya Jawab Keagamaan oleh Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB, memelihara khodam dalam Islam hukumnya boleh selama pelakunya disiplin syariat dan tidak menimbulkan dharar atau perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Walaupun ini tentunya sangat sulit dilakukan oleh seorang manusia.

Sementara itu, hukum memiliki apa itu khodam pendamping atau leluhur bisa berubah haram jika pelakunya fasik atau keluar dari ketaatan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Terlebih jika perbuatan pemanfaatan khodam dapat menimbulkan dharar syar’i dan tidak memberikan manfaat sama sekali. Jadi, kamu selau bersumber kepada Al-Quran dan hadis untuk segala keputusan yang kamu buat dalam hidup, ikuti perintah Allah SWT dan jauhilah larangan-Nya. Sebaiknya hindari hal-hal yang tidak kamu pahami dan tidak ada dalilnya dalam Al-Quran dan hadis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.