Sukses

Doa-Doa Khusus untuk Orang yang Sudah Meninggal, Lengkap dengan Artinya

Doa-doa khusus untuk orang yang sudah meninggal uang umum dilafalkan oleh umat muslim.

Liputan6.com, Jakarta Doa khusus untuk orang yang sudah meninggal adalah praktik penting dalam Islam. Doa ini memiliki arti penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Dalam Islam, kematian dipandang sebagai bagian kehidupan yang wajar dan tak terhindarkan, dan diyakini bahwa jiwa orang yang meninggal ada di akhirat. 

Muslim percaya bahwa doa khusus untuk orang yang sudah meninggal dapat membawa kenyamanan dan berkah bagi orang yang mereka cintai yang telah meninggal, dan juga dapat berfungsi sebagai sarana untuk mencari pengampunan atas kesalahan yang dilakukan selama hidup mereka. Praktek doa khusus untuk orang yang sudah meninggal untuk orang mati berakar pada ajaran Alquran dan Sunnah.

Al-Quran menekankan pentingnya melakukan perbuatan baik dan mencari pengampunan sebelum terlambat. Ini juga menekankan gagasan pertanggungjawaban atas tindakan seseorang di akhirat. Oleh karena itu, doa khusus untuk orang yang sudah meninggal dipandang sebagai cara untuk terus berbuat baik bagi mereka yang telah meninggal dan memohon ampunan atas nama mereka.

Lantas apa saja doa-doa khusus untuk orang yang sudah meninggal yang bisa kita lafalkan? Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (13/3/2023). Doa-doa khusus untuk orang yang sudah meninggal uang umum dilafalkan oleh umat muslim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mencari pengampunan dan memberikan kenyamanan

Umat Muslim didorong untuk berdoa bagi orang yang mereka cintai yang telah meninggal secara teratur, terutama selama acara-acara khusus seperti Ramadhan dan Idul Fitri. Doa-doa ini diyakini dapat memberikan kenyamanan dan penghiburan bagi almarhum dan anggota keluarganya, serta mempererat ikatan antara yang hidup dan yang mati.

Doa khusus untuk orang yang sudah meninggal berfungsi sebagai sarana untuk mencari pengampunan dan memberikan kenyamanan bagi mereka yang telah meninggal. Ini adalah praktik yang berakar kuat dalam ajaran Al-Qur'an dan Sunnah, dan terus menjadi aspek penting dari budaya dan spiritualitas Muslim.

Ada beberapa doa khusus untuk orang yang sudah meninggal dunia dalam agama Islam, di antaranya adalah:

1. Doa Takbir Jenazah

"Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Subhanallahi walhamdu lillahi wala ilaha illal-lahu wallahu akbar. Allahumma ighfir lihayyina wa mayyitina wa shahidina wa gha'ibina wa saghirina wa kabirina wa dhakarina wa unthana. Allahumma man ahyaytahu minna fa-ahihi 'alal-islam, wa man tawaffaytahu minna fatawaffahu 'alal-imaan. Allahumma la tahrimna ajrahu wa la tudillana ba'dahu."

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar. Ya Allah, berikanlah ampunan kepada orang yang masih hidup dan orang yang sudah meninggal, kepada yang hadir dan yang tidak hadir, kepada yang kecil dan yang besar, kepada yang laki-laki dan yang perempuan. Ya Allah, orang yang Engkau hidupkan di antara kami, hidupkanlah dia dengan Islam, dan orang yang Engkau wafatkan di antara kami, wafatkanlah dia dengan iman. Ya Allah, janganlah Engkau jadikan kematian ini sebagai kehilangan bagi kami, dan janganlah Engkau sesatkan kami setelahnya."

3 dari 3 halaman

2. Doa Selamatkan Dari Siksa Kubur

"Allahumma inni a'udzubika min 'adzabil-qabri, wa min 'adzabi jahannam, wa min fitnatil-mahya wal-mamat, wa min syarri fitnatil-masihid-dajjal."

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, dari siksa neraka, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari kejahatan fitnah Al-Masih Ad-Dajjal."

3. Doa untuk Meninggal Dunia dengan Husnul Khatimah

"Allahumma ya Rabbal 'alamin, as aluka husn al-khatimah, wa a'udhu bika min sayyid al-khatimah."

Artinya: "Ya Allah, wahai Rabb semesta alam, aku memohon kebaikan akhir hidupku, dan aku berlindung kepada-Mu dari akhir hidup yang buruk."

4. Surah Al-Fatihah

Surah Al-Fatihah adalah doa yang paling umum dibaca ketika menghadapi kematian seseorang. Ini adalah doa pembukaan Al-Qur'an, dan membacanya memberikan keberkahan dan pengampunan untuk orang yang telah meninggal dunia.

5. Doa untuk orang yang telah meninggal dunia (Al-Fatiha)

"Allahumma ighfir li hayyina wa mayyitina wa shahidina wa gha'ibina wa saghirina wa kabirina wa dhakarina wa unthana. Allahumma man ahyaitahu minna fa ahyihi 'ala al-islami, wa man tawaffaytahu minna fatawaffahu 'ala al-iman."

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosa-dosa orang yang hidup dan yang sudah meninggal, yang hadir dan yang tidak hadir, yang muda dan yang tua, laki-laki dan perempuan. Ya Allah, orang yang telah Engkau hidupkan dari kalangan kami, hidupkanlah dia dengan iman dan orang yang Engkau wafatkan dari kalangan kami, wafatkanlah dia dengan iman."

6. Doa yang disunnahkan saat shalat jenazah

"Allahumma ighfir li hayyina wa mayyitina wa shahidina wa habibina wa saghirina wa kubirina wa dhakarina wa untsana. Allahumma man ahyaitahu minna wa ahya 'ala al-islami, wa man tawaffaytahu minna fatawaffahu 'ala al-iman. Allahumma la tahrimna ajrahu wa la tudillana ba'dahu."

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosa-dosa orang yang hidup dan yang sudah meninggal, yang hadir dan yang tidak hadir, yang muda dan yang tua, laki-laki dan perempuan. Ya Allah, orang yang telah Engkau hidupkan dari kalangan kami, hidupkanlah dia dengan iman dan orang yang Engkau wafatkan dari kalangan kami, wafatkanlah dia dengan iman. Ya Allah, janganlah Engkau menghalangi kami dari pahalanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami setelahnya."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.