Sukses

7 Tips Awet Muda yang Ampuh dan Mudah Dilakukan, Jalani Pola Hidup Sehat

Tips awet muda yang ampuh bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Liputan6.com, Jakarta Tips awet muda yang ampuh tentunya diinginkan semua orang. Seiring dengan bertambahnya usia, maka seorang manusia tentunya juga akan semakin menua, baik secara usia maupun secara penampilan. Hal ini merupakan proses alami yang tentunya terjadi pada setiap orang.

Tanda-tanda penuaan ini biasanya dapat dilihat dari kulit wajah seseorang. Seiring bertambahnya usia, kulit seseorang akan kehilangan elastisitasnya sehingga menimbulkan keriput, flek hitam, hingga garis halus pada kulit. Namun, kamu bisa mencegah hal tersebut terjadi dengan langkah sederhana saja.

Tips awet muda yang ampuh bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Tidak perlu melakukan berbagai perawatan yang mahal, kamu tinggal mengonsumsi makanan sehat, mencukupi waktu istirahat, berolahraga, mengurangi stres, hingga menjaga kesehatan wajah secara teratur setiap harinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/2/2023) tentang tips agar awet muda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Awet Muda yang Ampuh dan Mudah Dilakukan

Konsumsi Makanan Sehat

Tips awet muda yang pertama dan paling penting tentunya adalah mengonsumsi makanan yang sehat. Kamu perlu mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi seimbang setiap harinya agar tetap terlihat awet muda walaupun usia semakin bertambah. Konsumsi buah-buahan seperti alpukat, pepaya, hingga delima dapat menunjang tampilan awet muda kamu.

Selain itu, kacang almond, walnut, minyak kelapa murni, minyak zaitun, selada air, brokoli, bayam, hingga cokelat hitam juga dapat dikonsumsi sebagai tips awet muda yang ampuh. Semua makanan sehat tersebut memiliki kandungan serat, vitamin, mineral, hingga antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Jadi, konsumsi buah-buahan, kacang-kacagan, minyak sehat, hingga sayuran wajib diperhatikan.

Hindari Rokok, Gula, Alkohol, dan Soda

Masih berkaitan dengan konsumsi makanan, tips awet muda berikutnya yaitu dengan menghindari rokok, gula, alkohol, dan juga soda. Kebiasaan merokok dan minum alkohol dapat membuat produksi kolagen berkurang, sehingga kulit akan lebih cepat kendur dan keriput. Hal ini juga dapat menggangu aliran darah pada kulit, sehingga membuatnya tidak dapat menjaga kulit tetap awet muda.

Gula dapat membuat kamu terlihat lebih tua. Kulit didukung dua senyawa, kolagen dan elastin, yang membuatnya tampak kencang dan awet muda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Dermatology, ketika kamu mengonsumsi gula dengan kadar tinggi, maka ia mengikat asam amino dalam kolagen dan elastin, merusaknya, serta menghalangi upaya tubuh untuk memperbaikinya.

Cukupi Asupan Cairan Tubuh

Tips awet muda berikutnya berkaitan dengan kebiasaan minum air putih. Memenuhi asupan cairan tubuh sangat penting dalam mencegah penuaan. Kamu perlu minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya. Dengan begitu kulit akan senantiasa lembap dan bercahaya. Ketika kamu dehidrasi, hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut. Mencukupi asupan cairan tubuh juga penting untuk melancarkan fungsi pencernaan, sirkulasi darah, dan fungsi ginjal dalam membuang racun.

3 dari 4 halaman

Tips Awet Muda yang Ampuh dan Mudah Dilakukan

Mengurangi Stres

Tips awet mudah yang tidak kalah penting adalah mengurangi stres. Tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang memicu kerusakan sel tubuh ketika kamu mengalami stres. Hal ini membuatmu berisiko mengalami penuaan dini. Stres juga mengakibatkan kamu menjadi susah tidur dan sulit menjaga pola makan, sehingga ini juga memicu penuaan.

Harvard Medical School melaporkan bahwa seseorang yang mengalami stres kronis dapat mempercepat proses penuaan secara literal, juga lebih berisiko terkena penyakit serius termasuk penyakit jantung dan kanker.

Oleh karena itu, tips awet muda yang ampuh bisa dilakukan dengan mengurangi stres agar tetap awet muda dan sehat. Untuk mengatasi stres, kamu bisa relaksasi dengan melakukan kegiatan yang disukai atau mendengarkan musik favorit.

Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup juga merupakan tips awet muda yang ampuh dan mudah dilakukan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical and Experimental Dermatology, wanita yang mengaku sering tidur berkualitas memiliki "pemulihan penghalang kulit" 30% lebih baik dan "penuaan kulit intrinsik yang jauh lebih rendah", daripada wanita yang melaporkan kurang tidur.

Para ahli merekomendasikan kamu untuk tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya agar berkualitas. Hal ini tentunya untuk menjaga kulit tetap sehat dan tidak mengalami penuaan. Dengan tidur yang cukup, jaringan tubuh dan kulit akan mengalami regenerasi dengan lebih baik sehingga kulit bisa tetap kencang dan segar. Tidur telentang juga lebih baik untuk menjaga kulit wajah daripada telungkup yang bisa menyebabkan kulit keriput karena bergesekan dengan bantal.

4 dari 4 halaman

Tips Awet Muda yang Ampuh dan Mudah Dilakukan

Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Tips awet muda selanjutnya adalah dengan menjaga kesehatan kulit wajah. Hal ini tentunya sudah menjadi kewajiban untuk menghindari penuaan. Perawatan kulit juga tidak harus mahal, cukup dengan membersihkan wajah minimal 2 kali sehari dan gunakan pelembap, lalu gunakan tabir surya saat kamu keluar rumah. Tabir surya perlu digunakan untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat merusak kulit. Sementara pelembap dapat menjaga kulit agar tidak cepat kering atau keriput.

Olahraga Rutin

Olahraga secara rutin juga penting sebagai tips awet muda yang ampuh dan mudah dilakukan. Produksi kolagen yang menurun dan massa otot berkurang saat kamu bertambah usia. Hal ini membuat kulit jadi mengendur, dan proses ini akan menjadi lebih cepat terjadi kalau kamu kurang aktif berolahraga. Olahraga rutin dapat mencegah kulit menjadi kendur. Bahkan, olahraga juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, seperti kesehatan jantung, otak, dan tulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.