Sukses

10 Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan, Lengkap dengan Contoh Makanannya

Manfaat vegetarian sangat baik untuk kesehatan, karena dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Liputan6.com, Jakarta Umumnya kebanyakan orang memilih diet vegetarian karena berbagai alasan. Melansir dari laman healthline, makan vegetarian adalah cara untuk menjadi lebih sehat atau menghindari hormon yang digunakan dalam makanan hewani. Bagi yang lain, makan dengan cara ini lebih berkaitan dengan agama, hak hewan, atau masalah lingkungan. Manfaat vegetarian sangat baik untuk kesehatan, salah satunya dapat mengurangi risiko penyakit jantung. 

Untuk mendapatkan manfaat vegetarian, Anda bisa mencampur berbagai jenis sayur-sayuran segar seperti lettuce, wortel, kubis, dan tomat. Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan lain seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan tepung-tepung seperti quinoa. Mengutip health.harvard.edu, secara tradisional penelitian vegetarianisme difokuskan terutama pada potensi kekurangan nutrisi. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi perubahan dan penelitian menegaskan manfaat kesehatan dari diet vegetarian. 

Dalam kesimpulannya, makan makanan vegetarian dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan, serta menjadi pilihan yang baik bagi kesehatan jangka panjang. Namun, tetap penting untuk memastikan bahwa asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tetap terpenuhi dengan baik dengan memperhatikan asupan protein, vitamin B12, serta zat besi. Berikut ini manfaat vegetarian yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Vegetarian

1. Mengurangi risiko obesitas

Manfaat vegetarian dalam beberapa penelitian, menunjukkan bahwa orang yang makan vegetarian cenderung memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang makan daging. Hal ini disebabkan oleh karena makanan vegetarian umumnya kaya akan serat dan kurang kalori.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Makan vegetarian dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah, yang dapat mengurangi risiko serangan jantung. Penelitian juga menunjukkan bahwa makan makanan vegetarian dapat menurunkan risiko aterosklerosis, yaitu pembentukan plak di dalam pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

3. Menurunkan risiko kanker

Manfaat vegetarian dalam beberapa penelitian, menunjukkan bahwa makan vegetarian dapat menurunkan risiko kanker tertentu seperti kanker kolon dan kanker payudara. Hal ini dikaitkan dengan konsumsi yang lebih tinggi dari sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian yang kaya akan antioksidan dan fitonutrien

4. Menjaga kesehatan tulang

Makan makanan yang kaya akan sayuran dan buah-buahan, dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung kaya akan kalsium, sementara buah-buahan seperti apel dan pisang kaya akan potassium yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

3 dari 5 halaman

Manfaat Vegetarian

5. Mengurangi polusi lingkungan

Dibandingkan dengan pemeliharaan hewan, makan makanan vegetarian dapat mengurangi polusi lingkungan dan membantu menjaga sumber daya alam. Hal ini karena industri pemeliharaan hewan dapat menimbulkan emisi gas rumah kaca yang cukup besar dan menyebabkan kerusakan lingkungan.

6. Mengurangi risiko diabetes

Manfaat vegetarian dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan vegetarian dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Hal ini dikaitkan dengan konsumsi yang lebih tinggi dari sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian yang kaya akan serat dan kurang kalori.

7. Memperbaiki kualitas tidur

Makan makanan vegetarian dapat membantu meningkan kualitas tidur, karena mengandung banyak serat yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan mengurangi rasa lapar sebelum tidur. Selain itu, makan makanan vegetarian juga mengandung kurang lemak jenuh yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

4 dari 5 halaman

Manfaat Vegetarian

8. Meningkatkan kesehatan mental

Makan makanan vegetarian dapat meningkatkan kesehatan mental karena mengandung banyak antioksidan dan asam lemak esensial yang dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan mencegah depresi.

9. Meningkatkan kualitas kulit

Makan makanan vegetarian dapat memperbaiki kualitas kulit karena mengandung banyak vitamin seperti vitamin C dan E yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah keriput. Selain itu, makan makanan vegetarian juga mengandung banyak mineral seperti zink yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

10. Membantu dalam proses penurunan berat badan

Makan makanan vegetarian dapat membantu dalam proses penurunan berat badan, karena kandungan kalori yang lebih rendah dan kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan makanan yang mengandung daging. Hal ini dapat membantu mengontrol nafsu makan dan membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama.

5 dari 5 halaman

Contoh Makanan Vegetarian

1. Salad Sayur

Salah satu contoh makanan vegetarian yang sederhana adalah salad sayur. Anda dapat mencampur berbagai jenis sayur-sayuran segar seperti lettuce, wortel, kubis, dan tomat. Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan lain seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan tepung-tepung seperti quinoa atau kacang-kacangan polong.

2. Nasi Goreng Sayur

Nasi goreng sayur adalah makanan vegetarian yang populer di Asia. Anda dapat menggunakan berbagai jenis sayur-sayuran seperti wortel, kubis, buncis, dan paprika. Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan lain seperti tahu, tempe, atau kacang-kacangan polong.

3. Sambal Tempe

Sambal tempe adalah masakan vegetarian yang asli dari Indonesia. Tempe digoreng dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe, dan rempah-rempah lainnya. Sambal tempe dapat disajikan dengan nasi atau dijadikan sebagai topping untuk mie goreng.

4. Tumis Kacang Polong

Tumis kacang polong adalah masakan vegetarian yang sederhana namun lezat. Kacang polong ditumis dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe, dan rempah-rempah lainnya. Tumis kacang polong dapat disajikan dengan nasi atau dijadikan sebagai topping untuk mie goreng.

5. Makaroni Keju Vegetarian

Makaroni keju vegetarian adalah masakan yang menggabungkan makaroni dengan saus keju, yang dibuat dari produk susu nabati seperti keju kacang-kacangan atau keju almond. Anda juga dapat menambahkan sayur-sayuran seperti brokoli atau kubis untuk menambah kandungan nutrisi.

Semua contoh makanan vegetarian di atas, dapat diolah dengan berbagai cara dan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Namun tetap penting untuk memastikan bahwa diet vegetarian Anda memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.