Sukses

Pertolongan Pertama Digigit Ular, Hal yang Harus Dilakukan dan Jangan Dilakukan

Gejala digigit ular, jenis gigitan ular dan pertolongan pertama digigit ular yang bisa anda lakukan saat keadaan darurat ini terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Pertolongan pertama digigit ular umumnya dapat dilakukan dengan melakukan beberapa hal mulai dari mencari pertolongan medis, menghindari membasuh area yang digigit dengan air, merendam luka dengan air es dan lain sebagainya.

Setiap tahunnya, ada ribuan orang yang harus kehilangan nyawanya karena gigitan ular berbisa. Memahami cara dalam pertolongan pertama digigit ular, menjadi salah satu cara untuk menurunkan potensi kehilangan nyawa, akibat gigitan ular.

Ular akan menggigit untuk pertahanan diri yang dapat membawa racun bagi manusia.Gigitan ular berbisa membutuhkan kedaruratan medis karena menyebabkan syok dan dapat menyebabkan kematian. Namun dengan melakukan pertolongan pertama gigitan ular yang cepat dan tepat berpotensi dapat menurunkan kematian hingga lebih dari 90 persen. 

Lantas bagaimana cara pertolongan pertama digigit ular? Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber gejala digigit ular, jenis gigitan dan pertolongan pertama saat keadaan darurat ini terjadi, Rabu (21/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gigitan Ular

Ular merupakan hewan yang banyak ditemukan di negara-negara tropis, termasuk Indonesia. Untuk itu, penting untuk mengetahui pertolongan pertama gigitan ular. Sebelum mempelajari lebih lanjut cara memberikan pertolongan pertama pada gigitan ular, berikut adalah tanda-tanda jika anda digigit ular berbisa.

Tanda-tanda digigit ular

Gigitan ular menyebabkan kerusakan pada daerah yang digigit dan gangguan sistemik lainnya. Gejala di lokasi gigitan umumnya terjadi dalam waktu 30 menit hingga 24 jam. Orang yang digigit ular umumnya akan mengalami:

- Bengkak dan nyeri

- Luka bercak biru

- Kelemahan otot

- Panas dingin

- Berkeringat

- Mual

- Muntah

- Sakit kepala

- Penglihatan kabur

 

Selain itu, ular berbisa menimbulkan gejala khusus pada beberapa organ seperti:

- Hepatotoksik (darah): perdarahan pada paru-paru, jantung, otak, gusi, saluran cerna, urin darah, serta gangguan pembekuan darah.

- Neurotoksik (saraf): penderita merasakan kelemahan otot-otot tubuh, kaku, kejang. Jika menyerang saraf pernapasan, ini bisa membuat penderita sulit bernapas dan bisa menyebabkan kematian.

- Kardiotorasik : gejala yang terjadi berupa penurunan tekanan darah, syok, dan henti jantung.

- Sindrom kompartemen : menyebabkan peningkatan tekanan pada sekelompok otot yang disebabkan oleh pembengkakan. Akibatnya, pembuluh darah dan saraf bisa terjepit, dan otot yang bertahan lama bisa kekurangan oksigen dan bisa mengharuskan dokter untuk melakukan operasi.

3 dari 5 halaman

Jenis Gigitan Ular

1. Gigitan kering

Gigitan kering adalah saat ular menyerang tetapi tidak ada racun yang dilepaskan. Gigitan kering menyakitkan dan dapat menyebabkan pembengkakan dan kemerahan di sekitar area gigitan ular. Setelah dinilai secara medis, biasanya tidak diperlukan perawatan lebih lanjut dan hanya perawatan luka luar.

2. Gigitan berbisa

Gigitan berbisa adalah saat ular menggigit dan melepaskan racun ke dalam luka. Racun ular mengandung racun yang dirancang untuk membuat pingsan, mati rasa, atau membunuh hewan lain. Gejala gigitan berbisa meliputi:

- Sakit parah di sekitar gigitan 

- Bengkak, memar atau berdarah dari gigitan

- Kelenjar bengkak dan lunak di ketiak atau selangkangan anggota tubuh yang digigit

- Kesemutan, menyengat, terbakar atau perasaan abnormal di sekitar kulit

- Merasa cemas

- Mual atau muntah

- Pusing

- Penglihatan kabur

- Sakit kepala

- Kesulitan bernafas

- Masalah menelan

- Sakit perut

- Detak jantung tidak teratur

- Kelemahan otot

- Kebingungan

- Darah mengalir dari gusi atau tempat gigitan ular

- Kelumpuhan, koma atau bahkan kematian

4 dari 5 halaman

Pertolongan Pertama Digigit Ular

Umumnya, Seseorang yang digigit ular akan mengalami shock, muntah dan sakit kepala setelah digigit ular. Namun, itu tergantung pada jenis racun dan reaksinya. Periksa area yang digigit untuk nekrosis lokal, perdarahan atau pembesaran kelenjar getah bening lokal yang lunak.

Jika anda digigit ular, anda bisa melakukan tips pertolongan pertama gigitan ular berikut ini untuk mengurangi atau mencegah penyebaran racunnya:

- Segera panggil ambulans jika penderita digigit ular berbisa yang membuat penderita sulit bernapas dan hilang kesadaran

- Tetap tenang dan meminimalkan gerakan. Hal ini berfungsi untuk mengurangi penyebaran racun dalam tubuh. Lebih baik jika anda melepas cincin, jam tangan atau perhiasan dari anggota tubuh yang digigit.

- Coba ingat-ingat ciri-ciri ular tersebut. Ini berfungsi untuk dokter untuk mengidentifikasi racun dari ular. Dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai jika dokter memungkinkan untuk mengidentifikasi jenis ular apa yang menggigit penderita.

- Bersihkan area gigitan. Lebih baik menutupi gigitan dengan kain kering yang bersih. Ini bisa menjadi salah satu cara pencegahan gigitan ular pertolongan pertama.

- Pertahankan area gigitan di bawah jantung. Ini berfungsi untuk memperlambat penyebaran racun melalui aliran darah.

 

Selain itu, ada hal-hal yang perlu anda hindari jika digigit ular yaitu:

- Jangan memotong luka gigitan dan menghisap racun melalui mulut.

- Jangan minum alkohol atau minuman dengan kafein.

- Jangan gosok area yang digigit dengan bahan kimia 

- Jangan kompres dengan air panas atau es.

- Jangan mencuci area yang digigit dengan air.

- Jangan mencoba mengejar ular yang menggigit.

- Jangan menggunakan es untuk merendam luka di dalam air.

- Jangan minum obat pereda nyeri (seperti aspirin, ibuprofen, naproxen).

- Jangan gunakan kejut listrik atau terapi tradisional.

Secara umum, tips tersebut dapat anda gunakan sebagai pertolongan pertama gigitan ular untuk mengurangi penyebaran racun ular. Ular dengan racun berpotensi menyebabkan kematian dan kondisi parah. Untuk itu, penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dan dihindari untuk pertolongan pertama gigitan ular.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Digigit Ular

Tergantung di mana anda tinggal, anda mungkin atau mungkin tidak kesulitan menghindari ular. Namun jika anda akan berada di wilayah dengan ular yang lebih sering muncul, ada beberapa tips berguna untuk menghindari gigitan ular:

- Jangan berbaring atau duduk di area yang mungkin terdapat ular.

- Jangan mencoba menangkap, menangani atau memelihara ular berbisa.

- Jika anda menemukan ular, perlahan-lahan menjauhlah darinya dan hindari menyentuhnya.

- Selalu berhati-hati di mana anda meletakkan tangan dan kaki anda. Jangan menjangkau ruang dan lubang yang tidak diketahui, atau di bawah objek tanpa terlebih dahulu memastikan ular tidak bersembunyi di bawahnya.

- Jika anda akan berkemah, berhati-hatilah di sekitar rawa dan tempat lain yang biasanya ditinggali ular.

- Kenakan sepatu boot kulit tinggi saat berjalan atau bekerja di area dengan vegetasi yang lebat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.