Sukses

PT Salam Pacific Indonesia Lines, Perusahaan Pelayaran dan Logistik dengan Jaringan Terluas

PT Salam Pacific Indonesia Lines atau yang juga disebut PT SPIL merupakan salah satu perusahaan pelayaran peti kemas yang berkantor pusat di Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta PT Salam Pacific Indonesia Lines atau yang juga disebut PT SPIL merupakan salah satu perusahaan pelayaran peti kemas yang berkantor pusat di Surabaya. Sebagai perusahaan pelayaran peti kemas, PT Salam Pacific Indonesia Lines memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan berkelas dalam bidang shipping & logistics port to port, port to door, door to door dalam dan luar negeri.

PT Salam Pacific Indonesia Lines juga menjamin bahwa barang yang dikirimkan dapat dilacak keberadaannya. Selain itu, dalam mengirimkan barang PT Salam Pacific Indonesia Lines menawarkan kepastian jadwal dan banyaknya pilihan waktu berlayar yang dapat membantu bisnis dan juga kebutuhan pengiriman barang untuk menghindari kerugian.

Sebagai sebuah perusahaan shipping dan logistik, PT Salam Pacific Indonesia Lines memiliki visi untuk menjadi perusahaan pelayaran terbaik yang menggerakkan perekonomian. Makan untuk dapat mewujudkan visi tersebut, perusahaan memiliki misi dengan memberikan solusi transportasi dengan jaringan terluas yang didukung sumber daya berkualitas untuk kepuasan pelanggan.

PT Salam Pacific Indonesia Lines merupakan perusahaan pelayaran yang sangat berpengalaman. Pengalaman ini dapat dilihat dari sejarahnya yang sudah berjalan selama puluhan tahun. Berikut perjalanan PT Salam Pacific Indonesia Lines, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari laman resmi perusahaan, Sabtu (17/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah PT Salam Pacific Indonesia Lines

PT Salam Pacific Indonesia Lines berdiri pada tahun 1984. Maka tidak mengherankan jika PT Salam Pacific Indonesia Lines merupakan perusahaan dengan pengalaman panjang, sehingga sekarang menjadi perusahaan pelayaran yang memiliki jaringan terluas.

Meski secara resmi PT Salam Pacific Indonesia Lines berdiri pada 1984, namun awal mula kelahiran perusahaan pelayaran ini telah dimulai jauh sebelum itu.

Sejarah PT Salam Pacific Indonesia Lines telah dimulai sejak tahun 1970, dengan dibentuknya PT Samudera Pacific sebagai perusahaan pengangkutan antarpulau. Kapal Doro Sambi menjadi kapal pertama yang menandai lahirnya perusahaan perusahaan pelayaran nasional bernama PT Samudera Pacific Indah Raya.

Kemudian pada 1984 perusahaan tersebut mengakuisisi saham PT Salam Sejahtera yang tadinya berkantor di Samarinda. Setelah proses akuisisi selesai, kantor pusatnya kemudian dipindahkan ke Surabaya sebagai tanda lagirnya PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL).

Pada tahun 1996, PT Salam Pacific Indonesia Lines mengembangkan bisnisnya, yang tadinya dari kapal curah menjadi pengiriman yang lebih efisien dengan menggunakan kontainer. SPIL terus melakukan inovasi, hingga pada tahun 2017 perusahaan pelayaran meluncurkan aplikasi MySPIL. Aplikasi ini diklaim sebagai aplikasi berbasis digital pertama di industri pelayaran dan logistik yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Sekarang, PT Salam Pacific Indonesia Lines telah memiliki jaringan internasional, yang memungkinkan pengiriman barang ke seluruh dunia. Pada tahun 2020, PT Salam Pacific Indonesia Lines menjalin kerjasama dengan Toll Group (anggota dari Japan Post). Kerja sama tersebut akhirnya melahirkan anak perusahaan, yakni PT SPIL Toll Indonesia.

3 dari 4 halaman

Layanan PT Salam Pacific Indonesia Lines

Sebagai perusahaan pelayaran dan logistik, PT Salam Pacific Indonesia Lines menyediakan layanan untuk memberikan solusi pengiriman dan logistik dalam satu atap. Setidaknya ada lima jenis layanan yang ditawarkan oleh PT Salam Pacific Indonesia Lines, yakni Port to Port, Door to Door, Less Container Loaded, International Shipment, dan Warehousing.

Port to Port

Port to Port merupakan layanan pengiriman barang di mana pengirim mengantarkan barang kirimannya ke perusahaan pengiriman yang telah ditunjuk di tempat asal shipper. Kemudian barang dikirim ke port/pelabuhan penerima barang. Penerima barang atau consignee tersebut juga mengambil sendiri di port yang telah ditentukan oleh consignee sendiri.

Door to Door

Door to Door service dalam dunia cargo merupakan sebuah layanan dengan metode pengiriman, di mana barang akan dijemput atau di-pickup pada lokasi pengirim dan diantar menuju lokasi penerima barang atau consignee.

Less Container Loaded (LCL)

Less Container Loaded merupakan jenis pengiriman barang tanpa menggunakan container dengan kata lain parsial. Jika kita menggunakan jenis pengiriman Less Container Loaded, maka barang yang kita kirim itu ditujukan ke Gudang penumpukan dari shipping agent. Lalu dari pihak Gudang tersebut akan mengumpulkan barang-barang kiriman Less Container Loaded lain hingga memenuhi kuota untuk di-loading/dimuat ke dalam container.

International Shipment

International Shipment adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengiriman paket atau kelompok pengiriman paket, di mana paket tersebut diambil dari satu negara dan dikirim ke alamat di negara lain. Dalam hal ini, SPIL bersinergi dengan TOLL menjadi SPIL TOLL Indonesia.

Warehousing

Sebagai perusahaan layanan logistik yang terintegrasi, SPIL menyediakan gudang modern yang didukung dengan konsep desain modern, lokasi strategis, dan memiliki akses cepat dari depo kontainer untuk pengiriman antar pulau.

4 dari 4 halaman

Perusahaan yang Terafiliasi

PT Salam Pacific Indonesia Lines juga memiliki sejumlah perusahaan yang terafiliasi yang tergabung dalam satu grup. Perusahan-perusahaan ini antara lain adalah sebagai berikut:

1. PT Nilam Port Terminal Indonesia (NPTI)

NPTI adalah sebuah perusahaan terminal kontainer yang berlokasi di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, sebagai gerbang menuju Indonesia Timur. NPTI berkomitmen untuk menjalankan terminal secara efisien dan efektif menggunakan teknologi modern dengan tetap mengedepankan keselamatan, keamanan, dan ramah lingkungan.

2. PT Adipurusa

Perusahaan ini berlokasi di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, sebuah pelabuhan teramai di Indonesia. Adipurusa melayani terminal kontainer domestik dengan bekerja sama dengan PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk., sebuah perusahaan terkemuka yang memberikan solusi layanan pelabuhan secara lengkap.

3. PT NYK-SPIL INDORORO

Perusahaan ini menyediakan layanan pengiriman domestik komprehensif untuk otomotif dan alat berat.

4. PT Pelayaran Mana Lagi

PT Pelayaran Mana Lagi merupakan perusahaan salah satu transporter curah tercepat. PT Pelayaran Mana Lagi saat ini memiliki dan mengoperasikan 4 supramax dan 1 kapal handysize.

5. PT Dok Pantai Lamongan

PT DOk Pantai Lamongan adalah perusahaan yang melayani perbaikan kapal regional dengan mengutamakan keselamatan, kualitas, dan ketepatan waktu.

6. PT SPIL TOLL Indonesia

Bekerja sama dengan Toll Group, penyedia logistik internasional dengan pengalaman 130 tahun di sektor logistik dan supply chain, PT SPIL Toll Indonesia mengelola pengiriman domestik dan internasional, serta logistik kontrak lokal dan distribusi barang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.