Sukses

Negara Apa yang Terletak Paling Utara ASEAN? Simak Penjelasannya

Negara apa yang terletak di paling Utara ASEAN adalah Myanmar.

Liputan6.com, Jakarta - Keanggotaan ASEAN terdiri dari sepuluh negara. Kawasan ASEAN yang disebut pula kawasan Asia Tenggara terbagi dalam tiga wilayah. Dari Indo-China, Semenanjung Malaka, dan Kepulauan ujung Tenggara Asia.

Negara apa yang terletak paling Utara ASEAN? Negara apa yang terletak di paling Utara ASEAN adalah Myanmar. Pemerintahan di Myanmar sebagai negara paling Utara ASEAN ini dipimpin oleh seorang presiden. Pemerintah nasional Myanmar dibagi menjadi badan eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Dalam buku berjudul Mengenal ASEAN dan Negara-Negaranya oleh Tri Prasetyono S.Pd, negara apa yang terletak paling Utara ASEAN adalah memiliki luas kurang lebih 680 km.

Myanmar memiliki letak geografis di sebelah barat laut Asia Tenggara. Letak astronomis dari negara apa yang terletak paling Utara ASEAN berada di 10° LU - 29° LU dan 92° BT - 101° BT. Simak penjelasan lengkapnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang negara apa yang terletak paling Utara ASEAN, Kamis (15/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Negara Apa yang Terletak Paling Utara ASEAN?

Negara apa yang terletak paling Utara ASEAN adalah Myanmar. Dalam buku berjudul Ilmu Pengetahuan Sosial 3 untuk SMP/MTs Kelas IX (2008) oleh Ratna Sukmayani dkk, Myanmar memiliki letak geografis di sebelah barat laut Asia Tenggara.

Letak astronomis dari negara apa yang terletak paling Utara ASEAN berada di 10° LU - 29° LU dan 92° BT - 101° BT. Identifikasi batas negara dari Myanmar adalah di bagian Utara berbatasan dengan China, Bangladesh, dan India.

Kemudian, di bagian Barat berbatasan dengan Teluk Benggala. Di bagian Timur berbatasan dengan Laos dan Thailand. Sementara di bagian Selatan berbatasan dengan Teluk Martaban dan laut Andaman.

Dalam buku berjudul Mengenal ASEAN dan Negara-Negaranya oleh Tri Prasetyono S.Pd, negara apa yang terletak paling Utara ASEAN adalah memiliki luas kurang lebih 680 km. Daerah cekung tengah Myanmar dialiri Sungai Irwadi dan sungai lainnya.

Di negara paling Utara ASEAN ini disebut pula sebagai penghasil padi terbesar di Asia Tenggara dengan mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani. Hasil utama dari pertanian adalah padi yang diekspor.

Ini sistem pemerintahan Myanmar sebagai negara apa yang terletak paling Utara ASEAN yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

- Kepala Negara Myanmar: Presiden

- Kepala Pemerintahan: Presiden

- Ibu Kota Myanmar: Nay Pyi Taw

- Hari Kemerdekaan Myanmar: 4 Januari

- Bahasa: Burma

- Mata Uang: Kyat (MMK)

- Populasi: 52.89 juta jiwa (2016)

- GDP: USD 75,7 miliar (est. 2017)

- GDP/Kapita: USD 1.438,8 (est. 2017)

- Luas Wilayah: 676.578 km persegi

Di bawah konstitusi 2008 yang dirancang oleh militer, Myanmar didefinisikan sebagai republik parlementer kesatuan. Presiden Myanmar adalah kepala negara dan kepala pemerintahan bagi negara Myanmar. Pemerintah nasional Myanmar dibagi menjadi badan eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

3 dari 3 halaman

Fakta Menarik Tentang Negara Paling Utara ASEAN Lainnya

Ini fakta menarik tentang negara apa yang terletak di paling Utara ASEAN tentang destinasi wisatanya melansir dari The Crazy Tourist:

1. Bagan

Bagan yang menakjubkan menempati posisi teratas dalam daftar tempat terbaik untuk dikunjungi di Myanmar. Lautan puncak candi yang tak terhitung jumlahnya menembus awan dan hutan; gumpalan debu menyatu di puncak stupa kuno; garis-garis pudar dari dewa-dewa Hindu yang terlupakan memberi isyarat dari panggung-panggung besar. Sementara, ujung-ujung bergerigi Pegunungan Arakan tampak di latar belakang.

Melihat Bagan dengan balon menjadi semakin populer. Di sini menawarkan pemandangan yang benar-benar unik di atas tanah candi seluas 26 mil persegi ini.

2. Ngwe Saung

Ngwe Saung adalah nama pantai yang berlokasi di tepi Teluk Benggala. Bersama dengan rumpun pohon kelapa yang cantik dan hotel resor bintang lima, destinasi ini perlahan-lahan naik menjadi tujuan pantai top Myanmar lainnya. Pantai berpasir keemasan yang panjang menjadi daya tarik utama. Anda juga dapat mencicipi hidangan laut Asia Tenggara yang fantastis di restoran sederhana yang berjejer di sepanjang pantai.

3. Yangon

Yangon menemukan kejayaan di masa pemerintahan Inggris, bangkit dengan munculnya Raj dan menjadi townhouse Victoria yang elegan dan bangunan Georgia. Sebagian besar sisi kota itu juga tetap utuh, dapat menavigasi jalan raya yang dipenuhi tuk-tuk untuk melihat Katedral St Mary dan menara Anglo-nya.

Bagian nyata dari atraksi (dan yang biasanya menarik wisatawan ke bekas ibu kota Burma ini) adalah Pagoda Shwedagon. Ini menandai tempat suci di mana kuncup teratai suci pernah muncul untuk menandakan kedatangan Buddha Gautama dan membimbing yang terpelajar ke Nirvana. Pastikan untuk mengunjungi situs dan keajaiban dan konstruksi emas berkilauan, ruang doa, dan paviliun berukir indah untuk peziarah.

Inilah salah satu tempat peribadatan terpenting sekaligus termegah di Myanmar. Pusat pagoda adalah sebuah stupa emas setinggi 99 meter, mendominasi langit Yangon dengan puncaknya yang keemasan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.