Sukses

6 Chat Modus Penipuan Terbaru Menyamar Jadi Kurir, Data Pribadi Bisa Bocor

Liputan6.com, Jakarta Modus penipuan di zaman modern ini sangat beragam. Salah satunya dengan sebar link di media sosial, di mana yang klik link tersebut bisa saja datanya bocor sehingga bisa dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Sebar link dengan modus menjadi kurir salah satunya.

Ya, penipu akan menyamar dengan jadi kurir lengkap dengan foto profil diubah menjadi seperti gambar ekspedisi. Setelah itu, penipu akan mengirimkan link resi melalui chat WhatsApp. Link resi tersebut cukup berbahaya karena apabila diklik bisa membuat segala data yang ada di ponsel bocor.

Efek terburuk dari data ponsel bocor yakni bisa diaksesnya mobile banking yang bertujuan untuk mencuri uang. Tak hanya itu, data pengguna bisa disalahgunakan. Rawannya klik link dengan modus penipuan sebagai kurir harap diberikan perhatian serius agar tidak menjadi korban selanjutnya. Intinya harus waspada dan jangan asal klik link apapun yang dikirimkan oleh penipu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, contoh modus penipuan terbaru menyamar jadi kurir, Selasa (6/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Lebih baik dihiraukan dan jangan klik link yang dikirimkan.

3 dari 7 halaman

2. Kalau merasa tidak belanja online, harap diabaikan saja chat seperti ini.

4 dari 7 halaman

3. Harap waspada jangan sampai klik tulisan cek resi.

5 dari 7 halaman

4. Jangan sampai klik tulisan lihat foto paket.

6 dari 7 halaman

5. Memastikan secara detail lebih baik. Contohnya minta foto paketnya.

7 dari 7 halaman

6. Walaupun link nya terlihat dari Shopee, tetap jangan sampai klik link itu ya guys.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS