Sukses

Ready Artinya dalam Bahasa Indonesia, Kenali Istilah Belanja Online Lainnya

Liputan6.com, Jakarta Ready artinya dalam bahasa Indonesia mungkin sudah tidak asing bagi kebanyakan orang. Pasalnya, istilah bahasa Inggris ini sudah sangat sering dipakai dalam percakapan sehari-hari di Indonesia. Bahkan, penggunaanya saat belanja online sudah dipahami hampir semua orang.

Ready artinya “siap” dalam bahasa Indonesia bila diterjemahkan secara umum. Namun penggunaannya dalam belanja online sedikit berbeda, karena merujuk pada ketersediaan barang, yaitu menggunakan istilah “ready stock”.

Selain istilah ready, kamu juga perlu mengenali istilah-istilah dalam belanja online lainnya. Kamu mungkin juga sering mendengar kata “sold out”, “PO”, “COD”, “restock”, “keep”, hingga “blacklist”. Istilah-istilah tersebut penting kamu pahami saat melakukan aktivitas belanja online.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/12/2022) tentang ready artinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ready Artinya

Bila diterjemahkan secara umum, ready artinya siap dalam bahasa Indonesia. Ready adalah istilah yang merujuk pada kesiapan seseorang atau sesuatu untuk melakukan sesuatu. Ready artinya kerap juga dimaknai sebagai suatu hal yang selesai dibuat atau dikerjakan. Kamu mungkin juga mengenal istilah “ready” ini saat perlombaan atletik atau lari. Biasanya kata “ready” diserukan pada awal perlombaan untuk para pelari bersiap-siap karena perlombaan tersebut akan segera dimulai.

Namun, ready artinya agak berbeda bila konteksnya adalah belanja online. Istilah ini lebih akrab dikenal atau disebut sebagai “ready stock”, merujuk pada suatu barang yang telah tersedia. Jadi dalam belanja online, ready artinya adalah tersedia (berkaitan dengan tersedianya suatu barang pada sebuah toko online).

Istilah ini kerap digunakan pedagang dan pembeli pada percakapan online atau melalui chat. Pedagang biasanya akan memberi label “ready” atau “ready stock” pada suatu barang yang sedang tersedia di toko online-nya. Sementara itu, pembeli biasanya juga akan bertanya mengenai ketersediaan suatu barang yang diinginkannya pada penjual menggunakan kata “ready” ini. Ready artinya barang akan langsung dikirimkan kepada pembeli saat dipesan, karena barang tersebut sedang tersedia di toko.

3 dari 4 halaman

Istilah Belanja Online Lainnya

Selain ready artinya tersedia, kamu juga perlu mengenali arti dari istilah dalam belanja online lainnya, seperti PO, COD, sold out, restock, fix order, keep, hingga blacklist.

- PO

Ready artinya barang sudah tersedia, sedangkan PO sebaliknya. PO adalah singkatan dari Pre Order. Preorder adalah permintaan pembelian suatu produk sebelum tersedia untuk dijual. PO merupakan cara pemesanan sebuah produk di mana produk tersebut belum dirilis. Melalui PO, pembeli membeli produk yang belum dirilis atau diproduksi. PO bisa disebut sebagai metode pemesanan di muka. PO kini menjadi metode pemasaran yang populer di antara penjual dan pembeli. Dalam bahasa Indonesia, preorder bisa disebut dengan prapesan. Istilah yang berdekatan dengan preorder adalah inden. Menurut KBBI, inden adalah pembelian barang dengan cara memesan dan membayar lebih dahulu.

- COD

COD adalah singkatan dari Cash On Delivery. COD adalah transaksi dalam belanja online yang pembayarannya dilakukan di tempat. Pembayaran dilakukan ketika barang sudah berada di tangan pembeli atau saat barang sudah diterima, bukan saat barang akan dikirim.

- Sold Out

Sold Out artinya sudah terjual. Foto barang yang dipajang sudah habis, artinya kamu tidak bisa membeli barang tersebut hingga penjual melakukan restock.

- Restock

Sementara itu, restock masih berhubungan dengan istilah sebelumnya, yaitu menyetok kembali produk yang habis. Entah produk tersebut akan dibuat atau dipesan kepada supplier.

- BNIB

BNIB adalah singkatan dari Brand New In Box. Melansir Cyberdefinitions BNIB menjelaskan suatu barang yang dijual yang belum pernah dipakai dan masih memiliki kemasan aslinya. BNIB artinya adalah barang baru dan masih segel. Barang yang memiliki label BNIB dipastikan orisinalitasnya.

BNIB adalah penanda sebuah barang memang benar-benar asli dan masih baru dibuktikan dengan ia berada di dalam boxnya. Biasanya, keterangan BNIB dapat ditemukan pada sisi bawah maupun samping pada box keterangan suatu produk. Keterangan BNIB juga sering dimasukkan dalam deskripsi produk dalam marketpLace tempat ia dipasarkan.

4 dari 4 halaman

Istilah Belanja Online Lainnya

- Fix Order

Istilah belanja online lainnya yaitu fix order, yang artinya sepakat untuk membeli. Sebelum masuk ke tahap ini, biasanya akan ada transaksi antara penjual dan pembeli. Transaksi tersebut biasanya berisi obrolan mengenai spesifikasi barang, alamat, hingga nego harga. Setelah kedua belah pihak sepakat, maka inilah yang dinamakan fix order. Selanjutnya, pembeli akan diminta untuk mengisi format order.

- Format Order

Format order adalah bentuk atau cara pemesanan yang ditentukan oleh pembeli. Format order dibuat untuk memudahkan penjual dalam proses pelayanan, pembukuan, hingga pengiriman barang. Biasanya, pembeli yang sudah fix order akan diminta mengisi formulir. Isi dari formulir tersebut antara lain terdiri dari nama, alamat, no HP, dan gambar produk yang ingin dibeli.

- Keep

Keep artinya dalam bahasa Indonesia yaitu menyimpan. Biasanya, calon pembeli akan meminta penjual untuk keep barang yang ingin ia beli dengan memberikan DP terlebih dahulu. Penjual tidak akan menjual barang tersebut hingga pembeli melakukan pelunasan. Biasanya ada sistem yang diterapkan. Misalnya, keep maksimal 1x24 jam atau 2x24 jam, dan seterusnya tergantung kesepakatan. Jika pembeli tak segera melakukan pelunasan maka order dianggap batal.

- Blacklist

Blacklist adalah daftar hitam. Daftar ini biasanya berisi penjual atau pembeli yang tidak terpercaya. Orang yang masuk blacklist tak akan dilibatkan dalam transaksi lagi. Penyebab penjual terkena blacklist adalah servis buruk atau melakukan penipuan. Sementara itu, penyebab pembeli kena blacklist adalah pembeli yang melakukan penipuan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS