Sukses

Ilfill Adalah Hilang Perasaan, Pahami Makna dan Cara Menyikapinya

Kata ilfill adalah singkatan dari hilang feeling yang dalam bahasa Inggris artinys hilang perasaan.

Liputan6.com, Jakarta Ilfill adalah salah satu istilah dalam bahasa gaul yang banyak digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Istilah ilfill adalah kata yang dipakai anak muda untuk mengungkapkan perasaan. Lantas apa arti ilfill?

Ilfill adalah singkatan dari hilang feeling. Feeling sendiri merupakan kata dalam bahasa Inggris yang artinya perasaan. Kata ilfill identik dengan perasaan muak atau jijik terhadap perkataan atau perbuatan orang lain.

Seseorang menggunakan kata ilfill dalam hal hubungan asmara dalam konteks negatif. Namun tidak hanya asmara, kata tersebut juga bisa dipakai saat membicarakan hal lain, seperti persahabatan, pekerjaan, dan lain-lain.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai makna ilfill beserta cara menyikapi dan istilah bahasa gaul lainnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Arti Ilfill

Kata ilfill adalah singkatan dari hilang feeling yang dalam bahasa Inggris artinys hilang perasaan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa feeling sendiri merupakan kata dalam bahasa Inggris yang artinya perasaan. Kata ilfill adalah kata yang identik dengan perasaan muak atau jijik terhadap perkataan atau perbuatan orang lain. Kata ini biasanya dilontarkan kepada seseorang yang menunjukkan perilaku, ucapan, atau pemikiran kurang menyenangkan, yang akhirnya membuat orang lain merasa kurang nyaman hingga muak.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, arti ilfill adalah timbulnya perasaan kecewa akibat telah mengetahui keburukan seseorang. Sebelum mengetahui hal tersebut, orang ini sudah merasakan suka atau tidak membencinya.

Secara umum, ilfill adalah perasaan muak, risih, dan jijik terhadap tingkah atau perilaku seseorang yang berlebihan. Hal ini biasa diutarakan dengan cara yang cenderung kasar, bahkan jika sudah berlebihan dapat menyebabkan suatu hal yang kurang baik di mata umum.

3 dari 5 halaman

Cara Menyikapi Sikap Ilfill

1. Menjadi diri sendiri. Jika anda ingin menjalankan hubungan dengan orang yang mudah ilfill, tidak perlu berpura-pura dan tetap jadi diri sendiri. Apabila memang tidak suka dengan hal apapun yang ada dalam diri anda, maka anda memang tidak cocok untuk menjadi pasangan ataupun berteman.

2. Harus saling mengenal. Sebab, sesuatu hal terbiasa dilihat maka akan mudah juga untuk menerimanya, sehingga saling memahami satu sama lain menjadi kunci yang utama.

3. Hindari melakukan sesuatu hal yang berlebihan, karena orang yang mudah ilfill bisa merasa muak atau bahkan kecewa dengan sikap yang berlebihan.

4. Selalu membicarakan topik yang menarik. Dengan topik pembicaraan menarik, maka kecocokan akan timbul dengan sendirinya dan merasa orang tersebut satu frekuensi atau memiliki kesamaan dengan anda.

4 dari 5 halaman

Istilah Lain dalam Bahasa Gaul

1. Humble

Humble adalah istilah bahasa Inggris yang berarti rendah hati dalam bahasa Indonesia. Kata ini biasanya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang walaupun sudah terkenal atau banyak harta, namun memiliki sifat yang tidak sombong dan tetap rendah hati.

2. Bae

Bae memiliki arti mirip dengan baby artinya adalah kekasih, kesayangan atau belahan jiwa.

3. Worth it

Worth it artinya adalah setimpal, sepadan, atau layak.

4. Ghosting

Arti ghosting dalam bahasa gaul adalah menghilang secara tiba-tiba tanpa kontak sama sekali.

5. Down to earth

Menggambarkan sifat sederhana dan apa adanya.

6. Simp

Simp artinya sesorang yang melakukan terlalu banyak usaha untuk orang yang mereka sukai. Atau jika disederhanakan, tergila-gila. 

7. High-key dan Low-key

Low-key artinya dengan tenang atau rahasia. Kamu mungkin sering mendengar kalimat, "Keep it low-key" (Jaga ini sebagai rahasia). Sementara itu, high-key kebalikannya. "I high-key want to be there right now," (Aku sangat ingin berada di sana sekarang).

8. Hypebeast

Hypebeast digunakan untuk menggambarkan seseorang yang terlalu peduli pada hal-hal yang populer. 

9. Hang out

Artinya menghabiskan waktu bersama teman seperti jalan-jalan atau berlibur

10. Creep atau creepy

Menggambarkan orang yang aneh atau menyebalkan. Contoh “that man is such a creep, don’t be around him” artinya “orang itu sangat aneh, jangan dekat-dekat dia”

5 dari 5 halaman

Istilah Lain dalam Bahasa Gaul

11. Bun

Apabila anda merupakan pengguna media sosial aktif, Anda mungkin akan menemukan kata “bun” atau “bund”. Bun merupakan singkatan dari Bunda yang artinya ibu atau orangtua perempuan.  Dalam konteks bahasa gaul, kata ini sering kali digunakan untuk menyebut atau memanggil orang lain dengan akrab. Misalnya, “Besok ngumpul yuk bund”.

12. Hyung

Hyung merupakan kata yang diambil dari bahasa Korea yang digunakan oleh laki-laki untuk memanggil laki-laki yang lebih tua darinya. Namun dalam bahasa gaul, kata ini bisa digunakan untuk siapa saja, baik laki-laki atau perempuan. Misalnya, “lucu banget hyung”.

13. Mutualan

Para pengguna Twitter mungkin sudah tidak asing dengan kata “mutualan”. Istilah ini biasanya digunakan pengguna Twitter untuk menjalin pertemanan atau “saling follow”. Contoh penggunaan katanya, yaitu “mutualan yuk”, “nggak ada yang mau mutualan nih?”.

14. Salty

Masih membahas bahasa gaul dalam Twitter, istilah salty biasanya ditujukan pada seseorang yang marah atau nyinyir terhadap sesuatu. Misalnya, “no salty ya” yang artinya jangan nyinyir ya.

15. Anxiety

Anxiety merupakan kata yang diambil dalam bahasa Inggris yang artinya rasa takut atau gelisah. Kebanyakan orang menggunakan kata ini untuk mengekspresikan rasa takut atau cemas terhadap hal buruk yang akan datang. Contoh penggunaan katanya, yakni “duh gue anxiety banget nih”.

16. Bestie

Ungkapan bestie sendiri merupakan singkatan dari Best Friend menjadi "Bestie". Bestie artinya sebagai ikatan pertemanan yang biasanya sudah terjalin dalam waktu lama. Bestie merupakan panggilan untuk seseorang yang memiliki hubungan istimewa dengan anda, dan tidak semua orang begitu. Istilah bestie banyak digunakan di berbagai platform media sosial.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.