Sukses

50 Kata-Kata Cemburu Bahasa Jawa dan Artinya, Cocok untuk Menggambarkan Keadaan

Liputan6.com, Jakarta Rasa cemburu sering muncul secara tiba-tiba dalam hati karena beberapa alasan tertentu. Tak hanya cemburu kepada pacar, rasa cemburu bisa datang kepada sesama teman maupun saudara kandung.

Kata-kata cemburu bahasa Jawa dapat menjadi referensi kamu untuk menggambarkan keadaanmu saat ini. Dengan kata-kata cemburu bahasa Jawa dan artinya, kamu bisa sedikit mengurasi rasa galau dan sedih dalam hati.

Kata-kata cemburu bahasa Jawa dan artinya bisa kamu tuangkan dalam status di akun media sosial apabila kamu susah untuk mengungkapkan secara langsung. Setidaknya dengan menuliskan kata-kata cemburu bahasa Jawa dan artinya bisa membantu kamu melampiaskan emosi dalam hati.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai kata-kata cemburu bahasa Jawa dan artinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (13/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Kata-Kata Cemburu Bahasa Jawa dan Artinya kepada Teman

1. "Kowe ngeluh etuk wong seng salah terus, coba kowe luwih peka sitik pas dicedakke karo uwong seng bener yo."

(Kamu terus mengeluh dapat orang yang salah terus, coba kamu lebih peka sedikit ketika bersama orang yang benar)

2. "Yen kowe ra nduwe sego, yo ojo mangan konco."

(Kalau kamu tidak punya nasi, ya jangan 'makan' teman)

3. "Dadi uwong kui ora usah macem-macem, opo onone wae."

(Jadi orang itu tidak usah macam-macam, apa adanya saja)

4. "Ojo kakean sebut urip iku penak, ning ojo kepenakan."

(Jangan terlalu banyak bilang hidup itu enak, tapi jangan teralalu keenakan)

5. "Musuhen aku sak modarmu, rasanono sak jebole cocotmu. Ora kenal kowe aku ra rugi."

(Musuhilah aku hingga kamu mati, bicarakan aku sampai mulutmu hancur. Tidak kenal kamu aku tidak rugi)

6. "Kowe ki uwong opo kalkulator ko ra tau gelem salah."

(Kamu itu manusia atau kalkulator kok tidak pernah mau salah)

7. "Rupane wong mlaku karo pacar hasil nikung mesti tingak-tinguk atine nar nir nek ketemon koncone."

(Wajahnya orang yang jalan sama pacar orang hasil nikung itu pasti nengak nengok, hatinya was-was takut bertemu temannya)

8. "Teko mung pas butuh wae, emange aku toilet umum?"

(Datang hanya ketika butuh saja, memangnya aku ini toilet umum?)

9. "Neng ngarep dadi koncone, neng mburi kepo-kepo bojone."

(Di depan seperti teman, di belakang cari tahu tentang pasangannya)

10. "Urip dipaido, mati ditangisi, waras dilarani."

(Hidup dikomentarin, mati ditangisin, sehat disakitin)

3 dari 6 halaman

Kata-Kata Cemburu Bahasa Jawa dan Artinya kepada Pacar

11. "Jarene wes ikhlas de’e karo sing liyo, kok iseh ngomong ‘Nek Tuhan ra bakal mbales, karma sing mbales.’ Mbok wes meneng wae luwih apik."

(Katanya sudah ikhlas kalau dia bersama orang lain, kenapa masih bilang 'Kalau Tuhan tidak akan membalas, karma bagi yang jahat' sudahlah diam lebih baik)

12. "Nelangsa rasane, sing tak tresno ono sing nduwe."

(Sedih rasanya, yang aku sukai sudah ada yang punya)

13. "Tresno kuwi pancen aneh. Contone aku tresno kowe, tapi kowe ora tresno aku."

(Cinta itu memang aneh. Contonnya aku cinta kamu, tapi kamu tidak cinta aku)

14. "Aku sing loro ati, ngopo wong liyo sing mbok obati?."

(Aku yang sakit hati, kenapa orang lain yang kamu obati?)

15. "Witing tresno jalaran soko kulino, lunture tresno jalaran ono wong liyo."

(Cinta datang karena kebiasaan, lunturnya cinta karena adanya orang lain)

16. "Raperlu sih nunjukke roso sayang seng luwih, nek suk akhire kowe nunjukke wong seng anyar seng mbok celuk sayang."

(Tidak perlu menunjukkan rasa sayang yang lebih, kalau besok pada akhirya kamu menunjukkan ada orang baru yang kamu panggil sayang)

17. "Kadang aku kudu ngeculke, ben koe ngerti rasane kelangan karo mempertahankan ki pie."

(Terkadang aku harus melepaskan, agar kamu tahu bagaimana rasanya kehilangan sama mempertahankan itu seperti apa)

18. "Dicedaki acuh tak acuh bareng suwung bingung, lha karepmu i pie. Opo aku kudu mlayu neng laut ben koe ngerti aku tenanan."

(Didekati acuh tak acuh, apa sebenarnya maumu. Apa aku harus lari ke tengah laut supaya kamu mengerti)

19. "LDR kuwi ya kaya pacaran karo memedi, langka wujude."

(LDR itu seperti pacaran dengan hantu, jarang sekali terlihat wujudnya)

20. "Janjimu tresnamu gede, nyatane saiki mbok tinggalne."

(Janjimu cintamu besar, tapi kenyataannya sekarang kamu pergi)

4 dari 6 halaman

Kata-Kata Cemburu Bahasa Jawa dan Artinya kepada Pacar

21. "Kowe iku bagaikan embun pagi sing menyejukkan, tapi sayang aku ora tau ngerti mergo tangiku awan."

(Kamu itu seperti embun pagi yang menyejukkan, tapi sayang aku nggak pernah tahu karena bangunku siang)

22. "Kowe nek sayang ngomong, ojo ngode terus. Aku dudu brangkas sing butuh kode."

(Kamu kalau sayang bilang, jangan ngode terus. Aku bukan brangkas yang butuh kode)

23. "Ngapusi kui hakmu. Kewajibanku mung etok-etok ora ngerti yen mbok apusi."

(Berbohong itu hakmu. Kewajibanku hanya pura-pura tidak tahu kalau kamu berbohong)

24. "Kowe nangis mergo diputus pacarmu? Senasib ro aku. Reneo, aku dodolan tisu tuku siji gratis aku."

(Kamu nangis karena diputus pacarmu? Sini, aku jualan tisu beli satu gratis aku)

25. "Aku ra iso nyindir isone tresno ning awakmu."

(Aku nggak bisa nyindir bisanya cinta sama kamu)

26. "Ngenteni awakmu sayang karo aku bebasan koyo ngenteni udan ning mongso ketigo, ora mungkin."

(Menunggu kamu sayang denganku sama halnya seperti menunggu hujan di musin kemarau, nggak mungkin)

27. "Rapopo aku karo awakmu ora isoh bareng, sing penting kopiku karo kopimu wis tau sak mejo berdua."

(Nggak pa pa aku sama kamu nggak bisa bersama, yang penting kopiku dan kopimu udah pernah semeja berdua)

28. "Wis kadung ngomong sayang jebule wis nduwe gandengan, wis kadung tak sawang malah ninggal kenangan."

(Udah terlanjur bilang sayang ternyata udah punya gandengan, udah terlanjur aku pandang malah meninggalkan kenangan)

29. "Tuku bawang kleru mrico, tiwas wis sayang mung dianggep konco."

(Beli bawang keliru merica, terlanjur sayang ternyata cuma dianggap teman)

30. "Kowe kuwi koyo bintang, sing indah didelok tapi susah untuk digapai."

(Kamu itu seperti bintang, yang indah dilihat, tapi susah untuk digapai)

5 dari 6 halaman

Kata-Kata Cemburu Bahasa Jawa dan Artinya kepada Pacar

31. "Ana siji wae sing bisa mbok tindakake kanthi apik, yaiku ngremukke ati."

(Hanya satu hal yang bisa kamu lakukan dengan baik, yaitu meremukkan hati)

32. "Sak umur-umurku, wong ngomong yen aku ora ana apa-apane".

(Seumur hidupku, orang-orang mengatakan aku bukanlah apa-apa)

33. "Mungsuhku sing paling gedhe kuwi awakku dhewe."

(Musuh terbesarku adalah diriku sendiri)

34. "Kenyataan sing paling nggawe sedhih iku yen sadar wis nyia-nyiakke kesempatan sing ora bakal teka ping loro".

(Kenyataan yang paling menyedihkan adalah menyadari diri ini telah menyia-nyiakan kesempatan yang tidak datang dua kali)

35. "Aku serius marang kowe, nek kowe gur arep dolanan, aja ning kene, iki ati dudu lapangan."

(Aku serius kepada kamu, kalau kamu hanya mau main-main, jangan di sini, ini hati bukan lapangan)

36. "Urip ini ora sedhih nganti aku sadar opo wae sing ora isa tak duweni amarga kesalahanku dhewe".

(Hidup ini tak terlalu menyedihkan sampai aku menyadari berapa banyak hal yang tak bisa aku miliki karena kesalahanku)

37. "Aku kuwi wong sing digawe saka lara ati lan janji sing dilalekna".

(Aku adalah seseorang yang terbuat dari sakit hati dan janji yang teringkari)

38. "Uripku kaya kuburan sing sampurna kanggo pangarep-arep sing tiwas".

(Hidupku ibarat kuburan sempurna untuk harapan yang mati)

39. "Aku nangis dudu mergo aku lemah, tapi aku nangis mergo wis kesel nyoba kuat kanggo wektu sing suwe".

(Aku menangis bukan karena aku lemah, tetapi aku menangis karena telah lelah berusaha kuat dalam waktu yang lama)

40. "Sing bisa mbatesi aku saka rasa seneng ikut kasunyatan".

(Yang bisa membatasi aku dari kebahagiaan adalah kenyataan)

6 dari 6 halaman

Kata-Kata Cemburu Bahasa Jawa dan Artinya kepada Pacar

41. "Aku mbangun pangarep-arep, nanging mung gagal ding tak oleh".

(Kubangun harapan, tapi hanya kegagalan yang kudapatkan)

42. "Dudu sengit sing nggawe aku adoh saka sampeyan, nanging kecewa".

(Bukan benci yang membuat aku menjauh darimu, tapi kecewa)

43. "Aku pengin ndhelik ing endi wae. Donya iki kebak goroh".

(Aku ingin bersembunyi di suatu tempat. Dunia ini penuh dengan kebohongan)

44. "Pangarapku marang sampeyan bubar nyritakake sapa sejatine sampeyan".

(Bayanganku tentang dirimu diluluhkantahkan oleh kenyataan siapa dirimu sebenarnya)

45. "Mungkin, kabeh sing tak karepke iku mung mandheg sedhela kanggo ngartekke kabeh kegagalan kuwi".

(Mungkin, semua yang aku butuhkan hanyalah jeda untuk memaknai semua kegagalan ini)

46. "Wong sing ora tau kecewa iku wong sing ora tau ngarep-arep".

(Orang yang tidak pernah kecewa adalah ia yang tidak pernah berharap)

47. "Rasane wis kesel nyoba, yen kabeh sing dicoba mung muspra."

(Rasanya lelah untuk berusaha, ketika semua yang diusahakan sia-sia)

48. "Tresno iku mergo ati, ora bakal owah tekane mati."

(Cinta ini datang dari hati, tak bakal berubah sampai mati)

49. "Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, mantan wes neng penghulu aku iseh kesepian."

(Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, mantan sudah di penghulu aku masih kesepian)

50. "Nek koe tenanan tresno, ojo koe nggawe eluh banyu motone, ojo nyakiti atine, ojo nggawe atine loro."

(Jika kamu benar-benar cinta padanya, jangan hiasi matanya dengan air mata, telinganya dengan dusta, hatinya dengan luka)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS