Sukses

10 Cara Mengetahui Kehamilan Sejak Dini, Perhatikan Tandanya Pada Tubuh

cara mengetahui kehamilan dengan memperhatikan gejala yang muncul pada tubuh

Liputan6.com, Jakarta Cara mengetahui kehamilan sejak dini bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa gejala yang muncul pada tubuh. Dengan mengenali tanda kehamilan di minggu pertama, akan meningkatkan peluang bagi sang ibu dan calon bayi untuk mendapatkan perawatan terbaik, sehingga proses kehamilan dapat berjalan dengan lancar.

Cara mengetahui kehamilan sejak dini penting untuk diketahui, karena hal ini berperan penting untuk bisa dengan mudah memastikan usia kehamilan dan Hari Perkiraan Lahir (HPL). Tanda kehamilan di minggu pertama seringkali tidak terasa, sehingga membuat banyak calon ibu tidak menyadarinya.

Cara mengetahui kehamilan yang paling efektif adalah dengan melakukan tes kehamilan atau dengan memeriksakan diri ke dokter. Tetapi ada gejala awal kehamilan yang mungkin menunjukkan kemungkinan itu. Inilah yang harus dicari sebelum anda melakukan tes kehamilan ataupun memeriksakan diri ke dokter.

Sebagai panduan, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/10/2022). Tentang cara mengetahui kehamilan dengan memperhatikan gejala yang muncul pada tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mengetahui Kehamilan Sejak Dini

Setiap wanita memiliki gejala kehamilan awal yang berbeda. Tidak setiap wanita memiliki gejala yang sama atau bahkan gejala yang sama dari satu kehamilan ke kehamilan berikutnya. Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa gejala awal kehamilan yang paling umum.

1. Bercak dan Kram

Setelah pembuahan, sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim. Ini dapat menyebabkan salah satu tanda awal kehamilan seperti bercak dan terkadang kram. Ini disebut pendarahan implantasi, yang terjadi di mana saja dari enam hingga 12 hari setelah sel telur dibuahi.

Kram tersebut menyerupai kram menstruasi, sehingga beberapa wanita salah mengira bahwa kram dan pendarahan adalah awal dari menstruasi mereka. Selain pendarahan, seorang wanita mungkin melihat keluarnya cairan putih susu dari vaginanya.

Hal ini terkait dengan penebalan dinding vagina, yang dimulai segera setelah pembuahan. Peningkatan pertumbuhan sel-sel yang melapisi vagina menyebabkan keluarnya cairan. Keputihan ini, yang dapat berlanjut selama kehamilan, biasanya tidak berbahaya dan tidak memerlukan perawatan.

 

2. Perubahan Payudara

Perubahan payudara adalah tanda awal kehamilan lainnya. Tingkat hormon wanita berubah dengan cepat setelah pembuahan. Karena perubahan tersebut, payudara mereka mungkin menjadi bengkak, sakit, atau kesemutan satu atau dua minggu kemudian. Atau mereka mungkin merasa lebih berat atau lebih penuh atau terasa lembut saat disentuh.

Area di sekitar puting, yang disebut areola, juga bisa menjadi gelap. Hal-hal lain dapat menyebabkan perubahan payudara. Tetapi jika perubahan tersebut merupakan gejala awal kehamilan, perlu diingat bahwa perlu beberapa minggu untuk membiasakan diri dengan tingkat hormon yang baru. Tetapi ketika itu terjadi, nyeri payudara akan mereda.

3 dari 5 halaman

Cara Mengetahui Kehamilan Sejak Dini

3. Kelelahan

Merasa sangat lelah adalah hal yang wajar dalam kehamilan, dimulai sejak dini. Seorang wanita dapat mulai merasa sangat lelah segera setelah satu minggu setelah hamil. Ini sering dikaitkan dengan tingkat tinggi hormon yang disebut progesteron, meskipun hal-hal lain, seperti kadar gula darah yang lebih rendah, tekanan darah yang lebih rendah dan peningkatan produksi darah - semuanya dapat berkontribusi.

 

4. Mual (Morning Sickness)

Morning sickness adalah gejala kehamilan yang terkenal. Tapi tidak semua wanita hamil mengalaminya. Penyebab pasti mual di pagi hari tidak diketahui tetapi hormon kehamilan kemungkinan berkontribusi pada gejala ini. Mual selama kehamilan dapat terjadi kapan saja sepanjang hari tetapi paling sering di pagi hari.

Juga, beberapa wanita mengalami mual saat berhadapan dengan makanan tertentu saat mereka hamil. Itu juga terkait dengan perubahan hormonal. Efeknya bisa begitu kuat bahkan memikirkan apa yang dulunya menjadi makanan favorit bisa membuat perut ibu hamil bergejolak.

Ada kemungkinan bahwa mual, mengidam dan keengganan makanan dapat berlangsung selama kehamilan. Untungnya, gejalanya berkurang bagi banyak wanita sekitar minggu ke-13 atau ke-14 kehamilan mereka.

4 dari 5 halaman

Cara Mengetahui Kehamilan Sejak Dini

5. Periode yang terlewat

Gejala awal kehamilan yang paling jelas dan salah satu yang mendorong sebagian besar wanita untuk melakukan tes kehamilan adalah telat haid. Namun tidak semua menstruasi yang terlewat atau tertunda disebabkan oleh kehamilan.

Juga, wanita dapat mengalami beberapa pendarahan selama kehamilan. Jika anda hamil, tanyakan kepada dokter anda apa yang harus anda waspadai dengan pendarahan. Ada banyak alasan, selain kehamilan, yang membuat anda melewatkan menstruasi.

Mungkin saja berat badan anda naik atau turun terlalu banyak, masalah hormonal, kelelahan atau stres adalah kemungkinan lain penyebab telat haid. Beberapa wanita melewatkan menstruasi mereka ketika mereka berhenti minum pil KB. Tetapi jika menstruasi terlambat dan kemungkinan hamil, anda mungkin ingin melakukan tes kehamilan.

 

6. Sering buang air kecil

Bagi banyak wanita, sering buang air kecil dimulai sekitar minggu keenam atau kedelapan setelah pembuahan. Meskipun hal ini dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih, diabetes atau penggunaan diuretik, jika anda hamil, kemungkinan besar karena kadar hormon.

5 dari 5 halaman

Cara Mengetahui Kehamilan Sejak Dini

7. Sembelit

Selama kehamilan, kadar hormon progesteron yang lebih tinggi dapat membuat anda sembelit. Progesteron menyebabkan makanan lewat lebih lambat melalui usus anda. Untuk meringankan masalah, minum banyak air, olahraga dan makan banyak makanan berserat tinggi.

 

8. Perubahan suasana hati

Perubahan suasana hari umum terjadi pada masa kehamilan, terutama selama trimester pertama. Hal ini juga terkait dengan perubahan hormon.

 

9. Sakit kepala dan sakit punggung

Banyak wanita hamil yang sering mengalami sakit kepala ringan dan yang lainnya mengalami sakit punggung. Gejala ini dapat terjadi bersamaan atau hanya salah satu yang muncul.

 

10. Pusing dan pingsan

Gejala awal kehamilan berupa pusing dan pingsan dapat terjadi terkait dengan melebarkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan menurunkan gula darah. Karena adanya perubahan dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.