Sukses

Buat Apa Ikut Kursus? Begini Cara Cepat dan Mudah Kuasai Bahasa Asing!

Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing akan semakin memudahkan kita berkomunikasi dengan rekan kerja atau pimpinan yang asalnya dari luar Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Zaman semakin modern. Kita semakin dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan yang terjadi. Kalau nggak bisa menyesuaikan diri? Ya bakalan ketinggalan tho? Sekarang, keterampilan lebih nggak cuma di bidang teknologi atau berhitung aja, tapi bahasa asing juga semakin dibutuhkan.

Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing akan semakin memudahkan kita berkomunikasi dengan rekan kerja atau pimpinan yang asalnya dari luar Indonesia. Selain itu, kita juga akan mudah memahami segala bentuk penjelasan dan arahan melakukan sebuah pekerjaan.

Tapi, realitanya, sebagian dari kita pasti mengalami struggle dalam belajar bahasa asing. Nggak perlu mengsedih ya kawan, ini caranya biar kamu bisa menguasai atau mempelajari bahasa asing dengan mudah!

1. Dengerin Lagu

Cara simple pertama ya dengan kamu dengerin lagu. Nggak bosenin, malah buat kamu jadi asyik sendiri. Pertama, kamu harus pilih dulu ya lagu yang liriknya nggak ribet dan gampang dipahami.

Setiap awalan pasti sulit, bukan berarti nggak bisa kan? Nah, sama juga dengan belajar bahasa asing lewat lagu. Pasti dari kamu ada sebagian diksi yang nggak jelas pelafalannya di telinga, itu mengharuskan kita mendengarkannya secara berulang-ulang. But, jangan menyerah ya! Kamu bisa pakai translate yang ada di mesin pencari Google, terus coba artikan deh diksi di lagu yang kamu dengar.

2. Nonton Film

Setali tiga uang dengan dengerin lagu, nonton film juga cara yang asyik buat belajar bahasa asing. Untuk awalan, kamu bisa sematkan teks terjemahan di film yang kamu tonton, tapi usahakan besokannya nggak usah pakai teks terjemahan lagi.

Pilih film yang mau kamu tonton dan sukai pastinya biar tambah asyik. Terus cari deh diksi yang menurut kamu itu sulit buat dimengerti. Selepas itu, kamu tinggal translate deh diksi tersebut. Tapi ingat ya, supaya lebih afdhol, kamu harus nonton film dengan headset. Biar pelafalannya jelas didengar!

3. Pakai Aplikasi

Dengan merajalelanya penggunaan smartphone, kamu udah bisa belajar di mana aja dan kapan aja. Udah banyak juga aplikator yang buat aplikasi buat kita belajar bahasa asing. Nggak monoton pula cara belajar di aplikasi tersebut.

Kamu bisa cari aplikasi belajar bahasa asing di Play Store atau App Store ya! Kalau kamu serius dan tekun, nggak terkena distraksi dari mana-mana, yakin deh, dua atau tiga bulan udah lancar bahasa asing kamu!

4. Bicara dengan Diri Sendiri

Nah, kalau kamu udah dengerin lagu, nonton film, ditambah belajar pakai aplikasi, tinggal implementasinya aja kan? Ini salah satu cara pertama dalam hal implementasi ya. Biar cepat fasih, diksi atau kalimat yang kamu dengar dan lihat, kamu ulang kembali pelafalannya. 

Coba deh, ngomong sama diri sendiri di depan cermin. Ini bukan tanda gejala kejiwaan ya, ingat! Ini biar kamu tambah fasih dalam berbahasa asing. Sebelum kamu ngobrol sama orang lain, ada baiknya biar kamu nggak minder ya ngomong sama diri sendiri di depan cermin, biar tingkat kepedean kamu meningkat!

5. Bicara dengan Orang Lain

Ini langkah terakhir dari kamu belajar bahasa asing. Langkah ini harus banget kamu implementasikan ya. Soalnya, ya sami mawon kalau kamu udah belajar bahasa asing tapi nggak ngobrol sama orang lain, buat apa tho? Dengan kamu bicara sama orang lain, kamu bisa mendapatkan saran dan opininya agar kamu bisa semakin fasih berbicara dalam bahasa asing. Nggak usah minder, terus aja berlatih. Salah itu wajar kok, namanya juga lagi belajar!

Nha, begitu deh caranya kalau kamu mau menguasai bahasa asing tanpa harus ikut ekskul atau ambil kursus kepelatihan yang mengeluarkan biaya yang mahal. Lumayan kan uangnya bisa kamu tabung buat investasi di kripto atau uang digital lainnya. Selamat belajar ya semua! 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini