Sukses

Begini Penjelasan Sains tentang Orang Merasa Haus Setelah Bangun Tidur

Bangun tidur biasanya tenggorokan terasa kering.

Liputan6.com, Jakarta Respon tubuh usai bangun tidur bermacam-macam, salah satunya merasa kehausan. Haus bisa muncul berbarengan dengan tenggorokan terasa kering. Rasa haus ketika bangun tidur ini membuat kamu harus berusaha menahannya jika di keadaan puasa.

Bangun tidur lalu merasa kehausan memang hal yang wajar. Namun pernah kah kamu terpikirkan mengapa bisa setelah bangun tidur selalu merasa haus? Ada beberapa penyebab secara sains alasan orang merasa haus setelah bangun tidur. 

Salah satu alasan merasa haus setelah bangun tidur yakni karena kelenjar ludah tidak menghasilkan cukup air liur. Seperti diketahui, orang dewasa bisa menghasilkan setidaknya setengah liter air liur dalam satu hari. Air liur itu memiliki manfaat membersihkan mulut dari kuman.

Tak hanya bersihkan mulut dari kumat, air liur juga bisa atur pH dalam mulut, cegah kerusakan gigi, membantu proses pencernaan dan pelumas mulut saat berbicara. Pentingnya air liur, membuat tubuh jika kekurangan air liur akan membuat respons kehausan.

Selain produksi air liur tak tercukupi, ada beberapa penyebab lain alasan haus setelah bangun tidur. Berikut Liputan6.com rangkum dari Houston Methodist, alasan sains penyebab haus setelah bangun tidur, Selasa (5/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak minum cukup sebelum tidur

Selain air, sumber utama air liur yang diproduksi tubuh yakni elektrolit, enzim dan molekul antimikroba. Jika kekurangan sumber utama penghasil air liur makan akan menghambat tubuh dalam memproduksi air liur yang berdampak jadi dehidrasi.

Meskipun seperti itu, minum banyak air sebelum tidur bukanlah solusi agar bangun tidur tak merasa haus. Minum banyak air malah membuat peluang mulut kering semakin meningkat karena faktor ingin buang air kecil. Kunci agar tidak merasa haus usai bangun tidur yakni minulah air dengan jumlah yang tepat sepanjang air sehingga tubuh bisa secara stabil menghasilkan air liur dan rasa haus bisa terhindari.

 

3 dari 4 halaman

Efek Bernapas dengan Mulut

Penyebab lain kamu merasa haus setelah bangun tidur yakni kebiasaan bernapas dengan mulut saat tidur. Bernapas dengan mulut bisa menyebabkan mulut kering dan rasa haus muncul seketika.

Bernapas saat tidur biasanya terjadi secara spontan ketika tubuh dalam keadaan lelah sehingga mendekur. Selain itu, hidung yang alami flu bisa membuat mulut untuk benapas hingga dikarenakan tidur apnea.

4 dari 4 halaman

Sebelum Tidur Makan

Jika kamu punya kebiasaan makan sebelum tidur maka bisa memicu mulut kering yang berefek jadi mudah haus usai bangun tidur. Mulut kering ini dikarenakan tidak seimbangnya makanan yang masuk ke mulut dengan jumlah air yang diminum setelah makanan.

Tak hanya itu, kebiasaan minum tak seimbang sepanjang hari lalu makan malam hari akan membuat air liur jelas jumlah yang dihasilkan tak terpenuhi. Apalagi makanan yang kamu makan sebelum tidur camilan asin dan makanan pedas, maka bisa dipastikan kamu akan kehausan saat terbangun esok harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.