Sukses

5 Seleb Ini Lakukan Donasi untuk Pengungsi Erupsi Gunung Semeru, Gerak Cepat

Donasi yang diberikan pun diharapkan bisa meringankan beban pengungsi erupsi Gunung Semeru.

Liputan6.com, Jakarta Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu, 4 Desember 2021 kemarin tentu saja menyisakan kesedihan mendalam bagi banyak masyarakat. Bahkan, adapula kisah-kisah haru dari meletusnya Gunung Semeru yang terjadi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur hingga menjadi viral di berbagai media sosial.

Usai adanya erupsi Gunung Semeru ini berbagai pihak pun membuka uluran tangan masyarakat untuk korban serta pengungsi. Mulai dari pemerintah, lembaga-lembaga hingga kalangan selebriti turut serta mengulurkan tangan untuk melakukan penggalangan dana.

Bahkan, memanfaatkan media sosial, sejumlah selebriti Tanah Air juga turut serta mengajak untuk melakukan galang dana bagi korban erupsi Gunung Semeru. Tak hanya itu saja, ada pula artis yang ikut serta secara langsung untuk menyerahkan bantuan bagi para pengungsi.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa selebriti Tanah Air yang lakukan galang dana dan mengajak masyarakat ikut berdonasi untuk pengungsi Gunung Semeru, Rabu (8/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Atta Halilintar

Atta Halilintar langsung mengajak masyarakat untuk ikut memberikan bantuan kepada korban dari erupsi Gunung Semeru usai mendengar insidern erupsi tersebut. Bahkan, melalui akun Instagram pribadinya, ia juga mengajak masyarakat untuk berdonasi tanpa adanya batasan nominal.

Bahkan, hingga tulisan ini ditulis donasi yang telah terkumpul sudah mencapai lebih dari Rp 364 juta. Tak hanya itu saja, Atta Halilintar juga turut memberikan bantuan melalui Ikatan Motor Indonesia (IMI) kepada pengungsi erupsi Gunung Semeru.

3 dari 6 halaman

2. Denny Sumargo

Aktor sekaligus mantan atlet basket Denny Sumargo juga diketahui ikut memberikan donasi bagi korban dari erupsi Gunung Semeru. Dikutip Liputan6.com dari MOP Channel, Rabu (8/12/2021) Denny Sumargo memberikan donasi secara pribadi.

"Menurunkan donasi lewat dedikasi.id. Itu konsep pribadi itu tidak pakai donasi dari orang dan tidak mengumpulkan donasi dari orang. Itu dari penghasilan saya memang saya taruh di dedikasi untuk saya salurkan," ujar Denny Sumargo.

Meski begitu, dirinya tak menyebutkan nominal donasi yang diberikan. Akan tetapi ia juga berharap bentuan yang diberikan bisa meringankan korban.

4 dari 6 halaman

3. Ashanty

Ashanty memilih untuk langsung memberikan bantuan ke Posko Semeru. Bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh Ashanty ini pun juga bekerja sama dengan lembaga Aksi Cepat Tanggap atau ACT. melalui akun Instagram pribadinya, istri Anang Hermansyah ini juga membagikan momen saat ia memberikan sejumlah bantuan serta mengunjungi posko Semeru.

5 dari 6 halaman

4. Melanie Subono

Melanie Subono memang menjadi salah satu artis yang terbilang aktif memberikan sejumlah bantuan saat terjadi bencana alam. Melalui tim Rumah Harapan Melanie, wanita 45 tahun ini juga turut menyalurkan bantuan yang telah terkumpul kepada pera pengungsi. Tak hanya itu saja, dalam video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, ia juga berniat untuk membeli alat evakuasi manual untuk membantu para relawan.

6 dari 6 halaman

5. Doni Salmanan

YouTuber Doni Salmanan juga turut serta memberikan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru. Melalui akun Instagram pribadinya, Doni memilih melakukan lelang motor Harley Davidson. Hasil lelang tersebut pun ia bagikan untuk bantuan korban banjir bandang serta erupsi semeru.

Motor tersebut laku dengan harga Rp 2 miliar, dimana ia memberikan Rp 1 miliar untuk bantuan korban Gunung Semeru, sedangkan sisanya digunakan untuk memberikan bantuan kepada warga korban banjir bandang di Garut, Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.