Sukses

Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen dan Sementara, Mudah dan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Cara menghapus akun Instagram terkadang sering dicari. Ada banyak alasan seseorang ingin menghapus akun Instagramnya. Ini bisa karena ingin 'diet' media sosial, memiliki akun lain, atau menginginkan kehidupan yang lebih privat.

Cara menghapus akun Instagram bisa jadi cara untuk mengurangi penggunaan media sosial. Cara menghapus akun Instagram bisa secara permanen atau sementara. Kamu bisa memilih cara menghapus akun Instagram sesuai kebutuhan.

Cara menghapus akun Instagram secara permanen memungkinkanmu menghapus akun dan membuatnya tidak dapat diaktifkan kembali di masa mendatang. Sementara cara menghapus akun Instagram sementara memungkinkanmu menonaktifkan akun dan bisa kembali mengaktifkannya di lain waktu.

Cara menghapus akun Instagram ini juga bisa dilakukan dari PC ataupun dari ponsel. Berikut cara menghapus akun Instagram, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (31/8/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara menghapus akun Instagram sementara

Cara menghapus akun Instagram sementara bisa kamu manfaatkan bagi kamu yang ingin beristirahat dari media sosial. Kamu bisa menonaktifkan akun untuk sementara dan mengaktifkannya kembali jika kamu sudah siap untuk bermain media sosial lagi.

Cara menghapus akun Instagram sementara bisa dilakukan lewat PC ataupun ponsel. Namun, perlu diketahui cara menghapus akun Instagram tidak bisa dilakukan melalui aplikasi Instagram. Cara menghapus akun Instagram baik itu sementara maupun permanen hanya bisa dilakukan dari browser web.

Berikut cara menghapus akun Instagram sementara di PC maupun ponsel:

1. Masuk ke browser di PC atau ponsel dan buka www.instagram.com.

2. Masuk ke akun Instagrammu menggunakan email/username dan kata sandi.

3. Masuk ke profil, pilih edit profil.

4. Scroll hingga bagian bawah. Pada pojok kanan bawah pilih ‘Temporariliy Disable My Account’ atau ‘Nonaktifkan sementara Akun Saya’.

5. Kemudian pilih salah satu alasan mengapa kamu ingin menonaktifkan akun Instagram.

6. Terakhir, masukkan password atau kata sandi akun Instagram, kemudian klik ‘Temporarily Disable Account’. Instagram kemudian akan menonaktifkan akun untuk sementara waktu.

3 dari 5 halaman

Cara mengaktifkan kembali akun Instagram

Saat kamu menonaktifkan Instagram, foto, komentar, dan suka akan disembunyikan sampai kamu mengaktifkan kembali akunmu. Karena bersifat sementara, kamu bisa menonaktifkan akun dan mengaktifkannya kembali di kemudian hari.

Cara mengaktifkan kembali akun Instagram sangatlah mudah. Kamu cukup login dengan username dan kata sandi seperti biasa. Jika berhasil login, secara otomatis akun Instagrammu akan kembali dan bisa kamu gunakan seperti semula.

Namun, untuk menonaktifkan akun Instagram ini tidak bisa dilakukan secara berkala alias berulang dalam waktu dekat. Kamu memiliki batas waktu seminggu dari masa mengaktifkan akun jika ingin kembali menonaktifkannya kembali.

4 dari 5 halaman

Cara menghapus akun Instagram secara permanen

Bagi kamu yang ingin menghapus Instagram secara permanen, kamu harus menggunakan cara yang berbeda. Penting diketahui, jika kamu menghapus akun Instagram secara permanen, kamu tidak dapat mengaktifkannya kembali di masa mendatang.

Akun Instagram yang dihapus secara permanen akan kehilangan semua pengikut, suka, komentar, dan kiriman. Setelah akun dihapus, kamu juga tidak bisa mendaftar kembali dengan nama pengguna yang sama atau menambahkan nama pengguna itu ke akun lain.

Sama seperti cara menghapus akun Instagram sementara, menghapus akun Instagram secara permanen juga hanya bisa dilakukan melalui browser baik PC maupun ponsel.

Berikut cara menghapus akun Instagram secara permanen:

1. Buka browser di PC atau di ponsel. Masuk ke akun Instagram dengan username dan kata sandimu.

2. Lalu buka tautan https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/

3. Pilih salah satu alasan mengapa kamu ingin menghapus akun Instagram.

4. Terakhir, masukkan password atau kata sandi akun Instagram kamu. Jika kamu sudah yakin ingin menghapus akun Instagrammu untuk selamanya, klik 'Permanently Delete My Account'.

5 dari 5 halaman

Cara menghapus akun Instagram secara permanen dari ponsel

Sebenarnya, kamu bisa menghapus akun Instagram secara permanen dari ponsel. Namun, cara ini tetap akan memandumu untuk mengakses Instagram versi web di browser. Berikut cara menghapus akun Instagram secara permanen dari ponsel:

1. Buka aplikasi Instagram di handphone kamu, lalu masuk ke profil Instagram milik mu.

2. Pilih ikon garis tiga yang terdapat di pojok kanan atas. Kemudian masuk ke menu 'Settings' yang ada di paling bawah, lalu pilih opsi 'Help Centre'.

3. Selanjutnya, kamu akan di-direct atau diarahkan ke situs help.instagram.com

4. Kemudian pilih menu 'Mengelola Akun Anda'. Lalu lanjutkan dengan memilih menu 'Hapus Akun Anda'.

5. Pilih 'Bagaimana Cara Menghapus Akun Saya?'. Kemudian, dari pilihan yang tersedia, pilih nomor satu dan klik 'Halaman Menghapus Akun Anda'.

6. Pilih salah satu alasan kenapa kamu ingin menghapus akun Instagram.

7. Terakhir, masukkan password atau kata sandi akun Instagram mu, lalu klik 'Permanently Delete My Account'.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS