Sukses

Jangan Ikut Emosi, Ini 8 Tips Menghadapi Pasangan yang Sedang Bad Mood

Mendukung pasangan dalam suasana hati yang buruk (bad mood) bisa dilakukan dengan berbagai cara. Berikut ini adalah delapan tips yang dapat membantu Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Ada kalanya, berada di sekitar seseorang yang sedang dalam suasana hati buruk (bad Mood) bisa menjadi tantangan. Tetapi itu tidak menghalangi Anda untuk mencoba membantu mereka merasa sedikit lebih baik.

Mendukung pasangan dalam suasana hati yang buruk bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti yang diungkapkan oleh Sabrina Romanoff, seorang psikolog klinis dan pakar hubungan.

"Mulai dari memberi mereka pelukan, memberi ruang, hingga membicarakannya. Ikuti pilihan mereka dan bersikaplah terbuka terhadap apa yang terbaik untuk pasangan," ungkap Romanoff.

Jadi, meskipun tidak selalu mudah, memberikan dukungan kepada pasangan bisa menjadi langkah yang besar dalam memperkuat hubungan.

Berikut ini adalah delapan tips yang dapat membantu mendukung pasangan saat suasana hatinya sedang buruk seperti dilansir dari laman Verywell Mind pada Minggu, 12 Mei 2024.

1. Ajak Bicara dan Dengarkan

Tanyakan kepada pasangan apakah mereka ingin membicarakan hal yang mengganggu. Anda dapat menjadi pendengar yang baik dan membiarkan mereka curhat jika perlu.

Berikan perhatian penuh dan tunjukkan bahwa Anda peduli dengan apa yang mereka rasakan. Penelitian menunjukkan bahwa memvalidasi perasaan seseorang dapat membantu meringankan emosi negatif dan membuat suasana hati mereka menjadi lebih baik.

2. Beri Mereka Ruang

Di sisi lain, jika pasangan Anda tidak ingin diajak bicara, dan lebih memilih untuk memendam perasaannya sendiri, penting untuk menghormati keputusan mereka.

“Tujuannya adalah untuk mendukung pasangan seperti yang mereka butuhkan, bahkan jika itu berarti memberi ruang dan membiarkan mereka memprosesnya sendiri,” kata Romanoff.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Cobalah untuk Menghibur

Ketika memaksakan bersikap ceria untuk pasangan yang sedang bad mood, terkadang tidak nyaman dan justru mengganggu. Tetapi reaksi yang lebih bijak atau penuh kelembutan justru bisa membuat perbedaan.

Cobalah buatkan secangkir teh hangat atau beri kejutan dengan kue dari toko roti favorit mereka. Terkadang, hal-hal kecil seperti ini bisa memberikan makna yang besar.

4. Mengalihkan Perhatian

Mengalihkan fokus pasangan dari hal yang mengganggu dapat membantu meningkatkan suasana hatinya. Sarankan untuk melakukan aktivitas menyenangkan yang pasangan Anda sukai, seperti menonton film, bermain games, atau berjalan-jalan.

Tanyakan kepada pasangan Anda apakah Anda dapat membantu mengalihkan perhatian mereka dari apa saja yang mengganggu suasana hatinya.

 

 

 

3 dari 4 halaman

5. Jangan Ambil Hati Karena Sikap Mereka

Ingatlah bahwa suasana hati pasangan Anda dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diluar hubungan, kecuali jika Anda sedang bertengkar.

Suasana hati yang buruk dapat muncul dari mana saja, maka dari itu sangat penting untuk membuat batasan antara kondisi emosional pasangan dan diri Anda sendiri.

Suasana hati yang sedang buruk bukan berarti pasangan tidak peduli lagi pada Anda, atau Anda telah melakukan sesuatu yang salah.

6. Jangan Mengabaikan Perasaan Mereka

Jika Anda mencoba menghibur pasangan tentang apa pun yang mengganggunya, jangan lakukan itu dengan mengecilkan atau menepis perasaannya.

Ini akan membuat mereka frustasi karena kekhawatirannya diabaikan. Sebaliknya, dengarkan apa yang mereka katakan dan berempati dengan perasaan mereka.

Validasi pendapat mereka dan tunjukkan bahwa kekhawatiran mereka penting bagi Anda, sehingga mereka merasa dilihat dan didengar.

4 dari 4 halaman

7. Jangan Ikut Terbawa Emosi

Meskipun berada di dekat pasangan yang sedang dalam suasana hati yang buruk tidaklah menyenangkan, penting untuk bersabar dan memahami suasana hati mereka.

Jangan bereaksi negatif dengan suasana hati Anda yang ikut menjadi buruk, karena hal itu hanya akan menyulut api dan memicu pertengkaran.

Sebaliknya, tetaplah tenang dan berikan mereka waktu dan ruang yang mereka butuhkan untuk menyelesaikannya. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang merasa stres akan merasa terhibur saat pasangannya menunjukkan ketenangan, harapan, dan dukungan, daripada kekhawatiran atau hal negatif lainnya.

8. Jangan Jadikan Situasi Ini Tentang Anda

Fokuslah pada perasaan dan kebutuhan pasangan, bukannya justru diabaikan atau ditolak. Hubungan adalah tentang memberi dan menerima, dan ini mungkin merupakan situasi di mana Anda lebih banyak memberi daripada menerima, dan itu tidak masalah.

Setelah suasana hati pasangan membaik, mereka akan menghargai kesabaran dan pengertian Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.