Sukses

Jejak Pangkostrad Maruli Simanjuntak, Beri Harapan Hidup Warga Bantul

Kehadiran Maruli Simanjuntak memberikan harapan hidup warga Bantul.

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, yang baru ditunjuk sebagai Pangkostrad baru memberikan harapan hidup bagi warga Bantul. Penggalan kisah tersebut merupakan salah satu jejak karier Maruli tatkala berpangkat Kolonel.

Ketua Yayasan Kita Jaga Alam, Egy Massadiah menuturkan cerita inspirasi dari sosok Pangkostrad baru Maruli Simanjuntak. Cerita tersebut juga diperoleh Egy dari salah seorang warga Bantul, yang dipanggil Bonek. Diceritakan pada suatu waktu, Bonek bertemu Maruli pada 2016 silam.

"Saya beri sub judul Bina Bonek, sebab kisah berikut ini memang merupakan penggalan kisah lain dari kiprah Maruli saat masih pangkat Kolonel. Ini tentang jejak Maruli di bidang pertanian dan peternakan. Sebuah kisah yang saya dapat dari seseorang bernama Utomo alias Mas Bonek," tulis Egy melalui pesan singkat yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Senin (24/1/2022).

"Ia adalah warga Krapyak Kulon, Panggung Harjo, Sewon, Bantul. Saking terkenalnya sebagai “Bonek”, jangan sekali-kali datang ke Krapyak mencari nama Utomo. Sebab, dijamin tak banyak orang tahu. Sebaliknya, sebut nama Bonek, semua orang tahu."

Bonek sudah berhasil menggerakkan ribuan warga Bantul bertani dan beternak. Mereka menyebut dirinya Kelompok 15. Awal kegiatan, dimulai tahun 2014. Bonek yang semula memang hobi memelihara ikan hias, mengajak masyarakat memelihara ikan lele. Modal semua ditanggung oleh kelompok 15.

Satu kolam lele modalnya Rp4,6 juta. Dalam waktu 70 hari, lele bisa dipanen. Hasil panen ini biasanya mencapai 350 kg. Pihak peternak mendapatkan bagi hasil 20 kg, sedangkan Kelompok 15 mendapatkan 330 kg. Jika per kilogram ikan lele dijual Rp15.000, maka hasilnya mencapai Rp5,25 juta.

Jadi, setiap satu kolam, masyarakat Bantul yang memelihara lele mendapatkan hasil minimal Rp300.000. Sedangkan Kelompok 15 mendapatkan hasil minimal Rp4,95 juta. "Berapa keuntungannya, tergantung fluktuasi harga lele di pasaran,” kata Mas Bonek.

Kelompok 15 oleh Bonek sebagai pemimpin, diberi nama Abhinaya Upangga, artinya Semangat Berkarya. Tak ada legalitas hukum, namun hasil kerja mereka sangat bermanfaat secara sosio ekonomis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beri Suntikan Modal Usaha

Egy Massadiah melanjutkan, cerita pun mengalir menuju muara nama, Maruli Simanjuntak. Bonek berkisah belasan tahun lalu, saat bertemu Kolonel (Inf) Maruli yang saat itu menjabat Komandan Korem 074/ Warastratama, Surakarta pada tahun 2016.

"Bang Maruli itu adalah Bapak kami," ujar Bonek, seraya manambahkan, “Terima kasih, berkat beliau hidup kami sekarang lebih baik.”

Kedekatan kelompok Abhinaya Upangga dengan Maruli membawa pencerahan dalam kehidupan. Dari 'Bang Maruli' inilah Bonek dan teman-teman mendapatkan modal untuk berusaha di bidang perikanan, pertanian, dan peternakan.

"Sekarang, kami punya 72 kolam lele. Seminggu dua kali kami panen dua kolam," ungkap Bonek bangga.

Tak heran, jika keberadaan Bonek dan teman-teman disambut hangat masyarakat. Di kecamatan Pandak, Bantul, Bonek yang saat itu mengenakan kaos hitam bergambar 'Bang Maruli' disapa 'Abah' oleh anak-anak kecil di sana. Abah Bonek.

Tak hanya itu, masyarakat juga bangga karena ada orang penting, seorang jenderal TNI dari Jakarta bertamu di rumah mereka yang sederhana. Ya, Maruli yang dulu Kolonel, sekarang sudah Mayor Jenderal (sebentar lagi Letnan Jenderal).

3 dari 4 halaman

Ditraktir Warga Bantul

Dampak psikologis kunjungan Maruli ke Bantul sangat membesarkan hati warga. Masyarakat bergerak untuk bertani, beternak ikan dan kambing.

"Kemudahan mendapatkan bibit tanaman, bibit ikan maupun hewan ternak, membuat masyarakat mantap bekerjasama dengan Abhinaya. Semua kebutuhan masyarakat difasilitasi oleh Abhinaya Upangga," ucap Egy Massadiah.

Pada suatu kesempatan, Mayjen Maruli berkisah.

"Baru-baru ini, saya berjumpa mereka, dan mereka bilang terima kasih Bapak sudah memberi kami kehidupan, membuat kami punya penghasilan,” kata Maruli seraya menambahkan, “Bahkan saya tidak boleh membayar makan-minum di kedai tempat kami ngobrol. Ya, sekarang mereka yang mentraktir saya.”

"Kini, tidak hanya Maruli yang bangga akan keberhasilan Bonek dan kawan-kawan binaannya. Sebaliknya, mereka pun (pasti) bangga “Bapak”-nya menjadi Panglima Kostrad, memimpin 35.000 hingga 40.000 prajurit, dengan tiga bintang di pundaknya," imbuh Egy menutup sepenggal kisah Maruli Simanjuntak.

4 dari 4 halaman

Infografis Nasib Dunia Usaha Diterpa Corona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.