Sukses

Harta Pangkostrad Baru Maruli Simanjuntak Capai Rp 51,65 Miliar, Ini Rinciannya

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk Mayjen Maruli Simanjuntak sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Surat Keputusan jabatan Pangkostrad, Pangkoarmada, dan Pangkoopsudnas ditandatangani Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada Jumat, 21 Januari 2022.

Dikutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Sabtu (22/1/2022), Maruli Simanjuntak memiliki harga Rp 51,65 miliar. Laporan ini disampaikan pada 29 Maret 2021 untuk periode 2020.

Jika dirinci, harta yang dilaporkan berupa tanah, bangunan, kendarangan dan surat berharga. Rinciannya untuk tanah dan bangunan mencapai 9 bidang dengan nilai Rp 16,76 miliar. Tanah yang dimiliki tersebar di Bandung, Jakarta, Bogor, dan Buleleng.

Sedangkan untuk kendaraan, Maruli Simanjuntak melaporkan tiga jenis motor yaitu Piaggio, Kawasaki dan BMW. Motor termahalnya adalah BMW K-75 Solo Tahun 1995 dengan harga Rp 109 juta.

Selain itu Maruli Simanjuntak juga memiliki harga bergerak lainnya sejumlah Rp 1,12 miliar. Surat berharga mencapai 3,3 miliar dan kas dan setara kas mencapai Rp 17,34 miliar.

Untuk harta lainnya, Pangkostrad Maruli Simanjuntak melaporkan sebesar 12 miliar sehingga total harga yang ia miliki mencapai Rp 51,77 miliar.

Di luar itu, menantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ini juga memiliki utang sebesar Rp 120 juta. Dengan begitu total harta kekayaannya mencapai Rp 51,65 miliar.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Panglima TNI Tunjuk Mayjen Maruli Simanjuntak Jadi Pangkostrad

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa telah menunjuk Mayjen Maruli Simanjuntak sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Keputusan ini berdasarkan Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI melalui Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Dari 328 Perwira Tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, 28 diantaranya masuk kedalam jabatan satuan-satuan baru TNI seperti diamanatkan dalam Perpres Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal TNI Prantara Santosa, Andika Perkasa juga menunjuk Mayjen TNI Nyoman Cantiasa sebagai Pangkogabwilhan 3, kemudian Danjen Akademi TNI dijabat oleh Letjen TNI Bakti Agus Fajari, Wakasad dijabat oleh Mayjen TNI Agus Subiyanto.

Lalu Dankodiklatad dijabat oleh Mayjen TNI Ignatius Yogo, Pangkoarmada dijabat oleh Laksdya TNI Agung Prasetiawan, Dan Pushidrosal dijabat oleh Laksdya TNI Nurhidayat, Dan Kodiklatal dijabat oleh Mayjen TNI Mar Hartono, Pangkoopsudnas dijabat oleh Marsdya TNI Andyawan Martono, dan Kodiklatau dijabat oleh Marsda TNI Nanang Santoso.