Sukses

Bukan Cuma Susu, Ini 10 Makanan Tinggi Kalsium

Liputan6.com, Jakarta - Konsumsi makanan tinggi kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Rata-rata kebutuhan kalsium orang dewasa sekitar 1.000 sampai 1.200 mg per hari, sedangkan anak usia 9 hingga 18 tahun butuh 1.300 mg kalsium per hari.

Menurut U.S. National Library of Medicine (NLM), 99 persen kalsium dalam tubuh akan disimpan di gigi dan tulang. Namun, tubuh juga membutuhkan kalsium untuk fungsi otot dan darah yang tepat, serta membantu memfasilitasi pelepasan enzim dan hormon.

Makanan tinggi kalsium tidak hanya ditemukan di produk susu, tetapi juga ikan juga kacang-kacangan. Berikut 10 makanan tinggi kalsium dilansir dari laman Livestrong.

1. Sarden

Kandungan kalsium di ikan sarden cukup tinggi yakni 569,2 mg. Selain kaya kalsium, sarden juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik bagi kesehatan jantung. 

2. Yogurt Tanpa Lemak

Yogurt mengandung tinggi kalsium, satu cangkirnya memberikan sekitar 487,6 mg asupan kalsium bagi tubuh. Tidak hanya itu yogurt juga kaya akan bakteri probiotik yang menyehatkan usus. Ketika mengonsumsi yogurt disarankan untuk tidak menambahkan gula, sebagai gantinya dapat menambahkan buah segar, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Jus Jeruk

Siapa sangka kalau jus jeruk juga memiliki kandungan kalsium. Kandungan kalsium dalam satu cangkir jus jeruk, yakni 348,6 mg.

4. Keju Ricotta

Keju Ricotta merupakan keju asal Italia yang lembut dan paling sering ditemukan di lasagna atau ravioli. Dalam setengah cangkir saja, keju ricotta rendah lemak mengandung 337,3 mg.

2 dari 4 halaman

5. Kacang Navy

Kacang Navy atau juga dikenal sebagai kacang haricot merupakan sumber serat, vitamin B, dan kalsium. Biasanya kacang ini dicampurkan dalam sup atau diolah menjadi burger kacang. Dalam sajian satu cangkir, kacang navy mengandung 305, 8 m.

6. Wijen

Wijen ada di posisi teratas dari jenis biji-bijian yang mengandung kalsium tinggi. Ada 280,9 mg kalsium dalam 1 ons biji wijen. Biji wijen biasanya ditaburkan di atas makanan atau diolah menjadi tahini, sejenis selai yang banyak digunakan pada makanan timur tengah dan mediterania.

7. Collard Greens

Sayuran yang masih satu keluarga dengan kubis dan brokoli ini mengandung banyak vitamin A, C, B6, zat besi, dan magnesium. Collard Greens juga merupakan salah satu makanan non-susu terbaik yang tinggi kalsium. Setidaknya terdapat 267,9 mg kalsium dalam satu cangkir collard greens yang dimasak.

8. Kedelai

Kedelai dikenal sebagai sumber protein yang mengandung sembilan asam amino esensial, tetapi kedelai juga mengandung tinggi kalsium. Dalam satu cangkirnya terkandung 261 mg kalsium.

9. Tahu 

Tahu sebagai produk olahan dari kedelai juga memiliki kandungan tinggi kalsium dengan 253,3 mg kalsium dalam porsi setengah cangkir. Beberapa produsen juga ada yang memberikan tambahan kalsium sulfat yang seringkali dapat melebihi kebutuhan harian kita.

10. Keju Parmesan

Keju parmesan juga dikenal sebagai salah satu makanan tinggi kalsium. Dalam satu onsnya terdapat 226,8 mg kalsium. Keju ini juga rendah laktosa dan cukup rendah lemak.

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

3 dari 4 halaman

Infografis

4 dari 4 halaman

Simak juga video berikut