Sukses

Sudah Pakai Pelembap tapi Kulit Masih Kering, Ini 7 Penyebabnya

Ada beberapa kondisi yang membuat kulit tetap kering walau sudah memakai losion.

Liputan6.com, Jakarta Memakai losion yang kaya pelembap merupakan hal wajib yang dilakukan banyak kaum hawa. Sayangnya, ada beberapa kondisi yang membuat kulit tetap kering walau sudah memakai losion.

Berikut beberapa penyebab kulit menjadi lebih kering walau sudah memakai losion.

1. Paparan sinar UV

Sinar matahari memang sangat 'jahat' bagi kulit. Menggunakan pelindung seperti pakaian lengan panjang, payung, topi atau kacamata hitam adalah hal waji saat harus keluar ruangan di tengah hari.

"Sekarang paparan sinar UV semakin panas dan waktunya semakin panjang. Selain mengubah warna kulit, sinar UV juga menyebabkan kulit kering. Jadi di mana ada sunray, kita harus pakai protection," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Kardiana Purnama Dewi, dalam peluncuran Marina UV White E Collagen Asta Hand Body Lotion di Jakarta beberapa waktu lalu.

2. Polusi

Kalau terbiasa beraktivitas di luar ruangan, kamu akan merasa kulit lebih mudah kering. Hal tersebut terkait polusi dari asap kendaraan bermotor. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan pelembap yang cukup untuk menghidrasi kulit.

3. Perubahan cuaca

Perubahan cuaca yang tidak menentu dari panas ke dingin menyebabkan kulit sulit beradaptasi dengan suhu dan mengering. Apalagi, jika kamu tidak memakai pelembap yang cukup karena merasa kulit sudah cukup berminyak. Jadi, pakailah pelembap yang cukup di cuaca dingin maupun panas agar kulit tetap lembap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Mandi dengan air hangat

Mandi air hangat memang sangat nyaman. Rasa pegal akan menghilang dan kamu merasa lebih tenang. Tapi, suhu yang hangat menyebabkan kulit kering.

"Mandi pakai air hangat bisa mengikis kelembapan alami kulit. Jadi, kulit terasa kering. Sebaiknya, pakai air bersuhu normal saja. Enggak terlalu dingin maupun panas," katanya.

5. AC

Banyak orang yang merasa lebih lembap kalau pakai kipas angin. Akhirnya, orang lebih memilih pakai AC. Padahal, paparan AC sangat mudah membuat kulit kering. Makanya, orang yang terlalu sering terkena AC perlu menggunakan losion supaya kulitnya tidak kering dan mudah keriput.

6. Kurang minum air putih

Hidrasi dari dalam sangat penting dilakukan. Hal yang paling mudah adalah minum air putih 8 gelas per hari. Dengan banyak minum air putih, kamu bisa mengurangi risiko kulit kering dan membuatnya tampak lebih bercahaya.

3 dari 3 halaman

7. Terlalu sering pakai sabun antiseptik

Walaupun terkesan membersihkan secara ekstra, tapi sebenarnya jenis sabun ini sangat mudah membuat kulit kering. Maka dari itu, sabun antiseptik tidak dianjurkan untuk dipakai setiap hari.

8. Sering nengonsumsi makanan cepat saji

Makanan cepat saji tidak mengandung antioksidan, mineral maupun vitamin yang bermanfaat bagi kulit. Bahkan, bisa membuat kulit kering karena kandungan garam yang bisa menyerap cairan tubuh. Jadi, jika ingin memiliki kulit yang sehat, makan makanan segar seperti buah dan sayur serta hindari junkfood.

 

 

Penulis: Cynthia Amanda Male/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini