Sukses

Kerap Tak Disadari, 4 Kebiasaan Mandi Ini Bikin Kulit Kering

Liputan6.com, Jakarta Kulit kering tidak hanya mengganggu penampilan, tapi juga mempercepat penuaan dan masalah lain. Sayang, kita kerap tidak menyadari ada beberapa kebiasaan saat mandi yang malah membuat kulit jadi kering.

Berikut empat kebiasaan paling sering saat mandi yang membuat kulit kering seperti dilansir Huffington Post, Minggu (9/12/2018).

1. Mandi terlalu lama menggunakan air hangat

Suhu udara yang dingin akhir-akhir ini membuat banyak orang memilih mandi menggunakan air hangat di pagi dan malam hari. Suhu hangat terkadang membuat nyaman dan tanpa disadari mandi jadi lebih lama. 

Padahal, jika terlalu sering mandi air hangat dalam jangka waktu yang lama tak baik untuk kulit. Minyak alami yang ada di kulit akan hilang bila mandi terlalu lama menggunakan air hangat.

“Hal ini juga meningkatkan seseorang merasa gatal, bahkan terjadi pada orang yang tidak memiliki eksim,” kata pendiri perawatan kulit Specific Beauty, Heather Woolery-Lloyd.

 

2 dari 3 halaman

2. Pakai sabun berlebihan

 Menggunakan sabun dengan busa berlimpah sangat menyenangkan ya. Namun, perlu juga diketahui bila menggunakan sabun berlebihan membuat minyak alami di kulit hilang.

“Di dalam sabun terdapat surfaktan, ini adalah bahan kimia yang menarik minyak dan air dalam kulit,” kata Woolery-Lloyd.

“Ketika dikombinasikan dengan air, surfaktan ini mengikat minyak dan menghilangkan minyak alami dari kulit kita,” jelasnya lagi.

Dalam pratiknya sehari-hari, ia juga kerap mendapati pasien dengan kulit kering dan gatal. Hal pertama yang akan Woolery tanyakan adalah sabun yang dipakai.

“Terkadang, hanya dengan mengganti sabun dengan yang lebih lembut, gejala yang kerap mereka alami berkurang drastis.”

3 dari 3 halaman

3. Bilas tak bersih

 

Mandi terburu-buru karena takut terlambat, bisa membuat ada beberapa bagian tubuh yang belum bersih dari sabun. Hal ini juga bisa membuat kulit jadi kering.

“Ini terjadi pada sabun yang keras. Jika dibiarkan di kulit, dapat mengiritasi kulit. Sebaiknya pilih sabun yang lembut. Bila tidak dibilas sampai bersih, tidak masalah,” kata Woolery-Lloyd.

4. Mengelap tubuh dengan kasar

Saat udara dingin, rasa-rasanya badan ingin segera kering usai mandi. Hal ini membuat kita jadi buru-buru mengelap air yang menempel di kulit. Padahal cara mengelap air di kulit turut memengaruhi kelembapan.

“Untuk mencegah kulit kering, sebaiknya tepuk-tepuk lembut kulit dengan handuk,” kata Direktur Dermatologi Kosmetik Moutn Sinai Hospital, New York City, Amerika Serikat, Heidi Waldorf.

Jangan lupa juga gunakan losion atau krim pelembap di bagian-bagian tubuh yang kering seperti disarankan Waldorf.

Polisi Menjaga Ketat LP Gunung Sindur

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
4 Bahaya yang Mengintai Saat Mandi Menggunakan Shower
Artikel Selanjutnya
Jangan Salah, Ini Niat dan Tata Cara Mandi Wajib