Sukses

Mau Sehat? Lakukan 4 Jenis Latihan Ini

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kunci agar tetap sehat adalah olahraga. Namun, seringkali kita hanya fokus pada satu jenis latihan saja. Misalnya lari, sepeda, atau olahraga lain yang meneteskan keringat.

Padahal, agar tetap sehat paling tidak ada empat jenis olahraga yang harus Anda lakukan. Hal ini agar kebugaran lebih maksimal dan mencegah cedera.

"Latihan aerobik penting, tapi itu tidak efektif untuk kesehatan secara menyeluruh," ujar Co-Director Mayo Clinic Sports Medicine Center di Minnesota, Amerika Serikat, Edward Laskowski seperti dilansir Live Science pada Jumat (16/11/2018), 

Karena itu, lebih baik kenali empat jenis latihan yang harus Anda lakukan berikut ini.

1. Latihan aerobik

Latihan aerobik seperti lari, berenang, atau menari, adalah kegiatan yang bekerja dengan sistem kardiovaskular. Mereka meningkatkan detak jantung dan membuat napas menjadi lebih keras.

Jenis olahraga ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi. Selain itu, juga bisa menurunkan risiko kanker.

2. Latihan kekuatan

Latihan kekuatan seperti angkat berat, push-up, dan crunch, meningkatkan massa otot tanpa lemak. Ini penting untuk menurunkan berat badan karena pembakaran kalorinya lebih banyak.

 

Saksikan juga video menarik berikut

 

2 dari 2 halaman

3. Latihan keseimbangan

3. Latihan keseimbangan

Latihan keseimbangan meningkatkan kemampuan untuk mengontrol dan menstabilkan posisi tubuh. Jenis ini penting untuk lansia karena keseimbangan mereka semakin memburuk seiring berjalannya usia.

Namun, latihan ini juga bermanfaat untuk semua orang. Termasuk mereka yang telah memperoleh atau kehilangan berat badan seperti ibu yang baru saja hamil.

4. Latihan fleksibilitas

Latihan fleksibilitas meregangkan otot-otot Anda dan meningkatkan jangkauan gerakan sendi. Latihan ini meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi risiko cedera selama olahraga atau kegiatan lainnya.

Mencari olahraga yang memiliki empat unsur latihan di atas penting agar mendapatkan manfaat kebugaran maksimal dari olahraga itu sendiri.

Artikel Selanjutnya
Turunkan Berat Badan dengan Olahraga 30 Menit Sehari
Artikel Selanjutnya
Hanya 5 Menit, 3 Gerakan Ini Bakar Banyak Lemak di Tubuh