Sukses

Pakar Gizi: Gunakan Susu Kental Manis Sesuai Fungsinya

Susu kental manis adalah pelengkap makanan, tidak bisa menjadi pengganti susu biasa.

Liputan6.com, Jakarta Produk yang selama ini dikenal sebagai susu kental manis mungkin memiliki kandungan susu. Namun, tidak bisa disetarakan dengan produk susu lain. Sehingga susu kental manis tidak bisa menjadi pengganti susu biasa.

"Untuk pengganti (susu) tentu tidak bisa," kata Dokter Spesialis Gizi Klinik Diana Sunardi saat ditemui di Jakarta Selatan pada Kamis (5/7/2018).

Kehadiran susu kental manis idealnya digunakan sebagai pelengkap saja. Seperti tambahan di martabak, minum kopi, atau menjadi topping kue. "Jika digunakan seperti ini tidak masalah, kan produk ini tidak berbahaya, tidak beracun, gunakanlah secara tidak berlebihan," tambah wanita yang juga dosen di Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM Jakarta ini.

Bila masyarakat mengonsumsi susu kental manis sesuai dengan gunanya, efeknya tidak membahayakan. 

"Pokoknya gini, segala makanan yang sudah dijual bebas pasti sudah melewati BPOM. Kita boleh mengonsumsi, cuma tempatkanlah sesuai dengan kegunaan, sesuai dengan fungsinya," saran Diana.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek berlebihan konsumsi susu kental manis

Tingginya kandungan gula pada susu kental manis yang menjadi alasan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Pemerintah juga sudah memberitahu batasan mengonsumsi gula yakni hanya 4 sendok makan.

Jika susu kental manis dikonsumsi terlalu banyak, kata Diana, bisa menyebabkan kegemukan atau di kemudian hari mincul masalah penyakit metabolik seperti diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.