Sukses

Tidur Nyenyak dan Badan Terasa Segar saat Bangun dengan 11 Cara Ini (1)

Liputan6.com, Jakarta Tidur nyenyak merupakan dambaan bagi semua orang, terutama bagi mereka yang kesulitan mendapatkannya. Berbagai kondisi membuat sebagian orang kerap merasa kesulitan dalam mencapai kualitas tidur yang lebih baik, seperti terlalu lelah, suara gaduh, dan kondisi badan yang tidak fit.

Mengutip dari Step to Health, Sabtu (3/3/2018), tak dapat tidur nyenyak dapat berdampak pada kondisi badan yang tidak segar. Oleh karena itu, berikut adalah 11 cara yang dapat Anda lakukan agar mencapai kualitas tidur yang lebih baik.

1. Tidur nyenyak

Kunci kesuksesan menjaga kualitas tidur adalah tidur nyenyak itu sendiri. Pada dasarnya, semua orang dapat mengatur waktu tidur sesuai dengan kebutuhannya. Waktu tidur yang harus dipenuhi oleh orang dewasa adalah tujuh sampai delapan jam.

Oleh sebab itu, jaga kualitas tidur Anda. Hal ini sangat berpengaruh terhadap efisiensi Anda saat berada di tempat kerja.

2. Kopi bukanlah solusinya

Kecenderungan Anda yang tidak dapat tertidur nyenyak adalah menyeruput kopi agar dapat lebih terjaga. Namun demikian, nampaknya hal ini bukanlah solusi yang baik.

Perlu Anda ingat bahwa kafein dapat mencegah penyerapan adenosin. Hal ini membuat Anda menjadi kurang tenang. Akibatnya, Anda harus memiliki perjuangan lebih untuk bisa mencapai kualitas tidur nyenyak yang lebih baik.

 

Saksikan juga video berikut ini :

2 dari 2 halaman

Bantal Bikin Tidur Nyenyak

3. Menggunakan bantal

Mungkin Anda tidak menyadarinya, namun bantal ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur. Jika Anda tidur menghadap ke atas, letakkan bantal di bawah lutut dan yang lainnya di bawah pinggang.

Jika Anda tidur menghadap ke satu sisi, hal terbaik yang harus dilakukan yaitu mengapitnya di antara kedua kaki. Melakukan hal tersebut dipercaya dapat membuat Anda tertidur nyenyak dan bangun dengan penuh kesegaran.

4. Menghirup udara segar

Kesulitan tidur bisa juga disebabkan oleh suasana kamar yang tidak mendukung, seperti hawa yang pengap. Oleh sebab itu, Anda dapat melangkahkan kaki keluar ruangan untuk sekadar menghirup udara segar. Anda akan dapat merasakan manfaatnya hanya dalam waktu setengah jam berada di luar ruangan.

5. Menikmati minuman panas

Meskipun pada poin sebelumnya, Anda tidak dianjurkan menikmati kopi untuk bisa tidur nyenyak, namun minuman ini dapat menggantikannya. Setelah mencoba menikmati udara segar di luar ruangan, Anda pun dapat menyeruput minuman panas seperti teh herbal dengan susu atau madu untuk bisa mencapai kualitas tidur yang baik.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Teknik Pernapasan Tentukan Kualitas Tidur
Artikel Selanjutnya
8 Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan