Sukses

Lawan Sleep Apnea dengan 5 Ramuan Herbal Ini

Liputan6.com, Jakarta Sleep Apnea atau gangguan pernapasan saat tidur seringkali mengganggu kenyamanan istirahat Anda. Hal ini terjadi karena penyempitan atau penyumbatan parsial pada saluran pernapasan.

Mereka yang menderita sleep apnea biasanya akan mengalami jeda napas selama beberapa detik sebanyak 30 kali dalam satu jam.

Dilansir Step to Health, Kamis (22/2/2018), orang yang berisiko menderita sleep apnea adalah mereka yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, dan penderita penyakit pernapasan. Guna mengatasi hal tersebut, terdapat 5 ramuan herbal yang mampu menjadi solusi lawan sleep apnea. Apa sajakah itu? berikut ulasannya.

1. Lada hitam dan madu

Ramuan dua bahan herbal ini dipercaya ampuh membuat Anda terhindar dari sleep apnea. Kandungan antiinflamasi dan sifat dekongestan pada lada hitam dapat mengendurkan saluran pernapasan.

Tambahan madu pada ramuan ini dapat mengobati Anda yang kerap mendengkur ketika tidur. Anda dapat mengonsumsi rebusan lada hitam dengan madu 30 hingga 40 menit sebelum tidur, agar terhindar dari sleep apnea.

2. Minyak lavender esensial

Minyak dari bunga beraroma sedap ini dipercaya ampuh atasi sleep apnea. Kandungan senyawa volatil pada minyak lavender esensial dapat mengurangi penyumbatan pada saluran pernapasan saat tidur.

Berbeda dengan ramuan sebelumnya, minyak lavender esensial hanya digunakan sebagai obat luar. Anda dapat menghirup aroma dari rebusan minyak lavender esensial setiap malam sebelum tidur, agar terhindar dari sleep apnea.

 

Saksikan juga video berikut ini:

1 dari 2 halaman

Lawan sleep apnea dengan jahe dan kayu manis

3. Jahe dan kayu manis

Ramuan kedua bumbu dapur ini merupakan salah satu pengobatan alternatif bagi penderita sleep apnea. Sifat antibiotik dan antiinflamasi pada jahe dan kayu manis dapat mengoptimalkan aliran udara ke paru-paru. Hal ini dapat membantu Anda terhindar dari sleep apnea.

Untuk mengonsumsinya, Anda dapat mengonsumsi teh jahe yang ditambahkan dengan kayu manis 30 menit sebelum tidur.

4. Adas, valerian dan mint

Ramuan alami ini memiliki sifat penenang dan antiinflamasi. Campuran ketiga bahan herbal ini bekerja dengan mengendurkan otot-otot tenggorokan agar Anda tidak mendengkur akibat sleep apnea.

Anda dapat menggunakan campuran ketiga minyak herbal tersebut dengan berkumur selama dua atau tiga menit sebelum tidur.

5. Bawang Putih

Salah satu bumbu dapur ini bersifat antibiotik dan antiinflamasi, yang dapat membantu mengobati peradangan. Hal tersebut bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya sleep apnea.

Selain itu, kedua sifat pada bawang putih tersebut dapat berguna untuk mengobati infeksi pernapasan akibat kelebihan racun. Anda dapat meminum air rebusan bawang putih yang ditambahkan dengan sesendok makan madu 15 menit sebelum tidur.

Artikel Selanjutnya
Tidur Terpisah dari Pasangan dan 4 Manfaatnya untuk Anda
Artikel Selanjutnya
Pria Selalu Tidur Lebih Cepat? Ini Alasan Sebenarnya, Penasaran?