Sukses

Terlihat Sehat, 6 Bahan di Salad Ini Justru Bikin Gemuk

Salah memasukkan bahan pada salad bisa membuatnya lebih buruk. Tubuh bukannya langsing malah menggemuk.

Liputan6.com, Jakarta Salad memang termasuk makanan yang lebih sehat. Tapi, salah memasukkan bahan pada salad bisa membuatnya lebih buruk. Tubuh bukannya langsing malah menggemuk.

Misalnya saja pada salad caesar. Salad ini berisi bacon, crouton, dan keju parmesan. Apabila Anda memilih salad caesar untuk makan siang, Anda bisa mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada pilihan makan siang yang "tidak sehat" lainnya.

Berikut enam bahan yang membuat salad menggemukkan seperti dilansir Daily Star, Senin (30/10/2017):

1. Fat free dressing

Fat free dressing (saus tanpa lemak) lebih tinggi kandungan garam dan gulanya ketimbang full fat dressing. Ini karena, kehadiran lemak diganti dengan bahan-bahan lain yang tidak sehat agar rasanya enak.

Jadi, lebih baik Anda menggunakan dressing minyak zaitun atau jus lemon.

2. Bacon

Bacon termasuk bahan di salad caesar.  Satu sendok makan bacon memiliki sekitar 30 kalori di dalamnya. Tanpa menambahkan nutrisi apapun dan garam di dalamnya akan membuat Anda merasa haus dan kembung.

3. Mi kering

Menambahkan mi kering ke salad Anda bisa disamakan dengan menambahkan keripik ke dalamnya. Dengan 120 kalori per setengah cangkir, mi ini tidak menambahkan nilai gizi.

Sebagai gantinya, tambahkan beberapa kacang seperti kacang almond atau biji labu (pumpkin seed) untuk taburan salad. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Crouton dan buah kering

4. Ayam goreng renyah

Agar lengkap, perlu tambahan protein di sajian salad. Ayam yang digoreng akan membuat makanan rasanya enak, namun adonannya menambahkan kalori dan gula yang tidak perlu.

Ganti cara menyajikan protein dengan ayam atau salmon panggang.

5. Crouton

Crouton (roti tawar panggang) juga menggemukkan. Meski jumlahnya serikit bisa mengandung lebih dari 100 kalori, 200mg sodium, dan setumpuk lemak jenuh. Ganti dengan kenari saja.

6. Buah kering

Buah kering sarat dengan gula dan kekurangan serat tak seperti yang ditemukan pada buah segar. Sebagai gantinya, tambahkan beri segar ke salad Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.