Sukses

Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Memasak Sayuran

Alih-alih renyah dan segar, proses yang keliru ketika memasak sayuran bisa membuatnya lembek dan kehilangan sebagian nutrisi.

Liputan6.com, Jakarta Mengolah sayuran jadi hidangan yang lezat dan menyehatkan memang gampang-gampang sulit. Alih-alih renyah dan segar, proses yang keliru ketika memasak sayuran bisa membuatnya lembek dan kehilangan sebagian nutrisi.

Juru masak Andy Bennett dari restoran Rouge Tomato berbagi tips memasak sayuran melalui laman Purewow, dikutip Kamis (25/5/2017). Berikut hal-hal yang harus Anda hindari ketika memasak sayuran:

1. Memotong sayuran dengan ukuran yang tak sama

Memasak berbagai sayuran seperti wortel, paprika, dan jamur secara bersamaan boleh-boleh saja. Yang perlu Anda perhatikan adalah ukuran potongannya. Bennett menyarankan agar Anda memotong sayuran dengan ukuran yang sama. Dengan begitu sayuran akan matang secara merata.

2. Memanggang pada suhu yang keliru

Ketika Anda memasak sayuran di wajan panggang, pastikan untuk memanggang pada suhu 400 derajat Fahrenheit. Bila memanggang dengan panas kurang dari suhu tersebut, sayuran tidak akan matang sempurna.

"Mungkin tampaknya terlalu panas, tapi untuk mendapatkan sayuran yang dipanggang sempurna, Anda memerlukan panas yang tinggi," ujar Bennett.

3. Merebus sayuran jangan terlalu matang

Brokoli yang Anda rebus tak seperti brokoli di restoran yang tampak renyah dan tetap hijau segar? Bisa jadi karena Anda merebusnya terlalu matang.

"Kukus sayuran hingga matang lalu rendam dalam air es untuk menghentikan proses kematangan dan membuatnya tetap renyah dan segar," saran Bennett. Anda bisa memanaskan kembali sayuran tersebut di wajan selama beberapa detik untuk menghangatkannya.

4. Telat membumbui

Bila Anda terlambat memberi bumbu saat memasak sayur, kemungkinan besar bumbu tak akan meresap. Bennett menyarankan untuk segera membumbui sayuran begitu Anda mulai memasaknya.

5. Menggunakan terlalu banyak minyak

Sayuran cenderung mengeluarkan cairan ketika dimasak, sehingga sayur akan menyerap apa pun yang Anda masukkan ke wajan, termasuk minyak untuk menumis.

Memercikkan sedikit minyak zaitun pun sudah cukup untuk menumis. Cairan yang dilepaskan sayuran ketika dimasak akan menambah kelembapan dan mencegah sayuran lengket di wajan.

6. Tak memanfaatkan batang sayuran

Hampir seluruh bagian sayur bisa diolah. Batang kembang kol misalnya, bisa Anda gunakan untuk sup sayuran. Jadi jangan terburu-buru membuang batang dan sisa sayuran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini