Sukses

Saat Stres Melanda, Perbanyak Minum Air Putih

Minum banyak air putih saat stres membantu menurunkan tingkat stres jangka pendek.

Liputan6.com, Jakarta Kala stres melanda biasanya diikuti dengan pusing, sulit konsentrasi, dan munculnya jerawat. Jika Anda dilanda stres ada baiknya untuk memperbanyak minum air putih. Mengapa begitu?

Minum banyak air putih saat stres membantu menurunkan tingkat stres jangka pendek. Sehingga membantu membuat kondisi kepala jadi lebih baik seperti mengutip Reader's Digest, Rabu (1/2/2017).

Pada saat tubuh stres, kelenjar adrenal jadi lelah sehingga tidak optimal dalam menjalankan fungsinya seperti dikatakan dokter dari Ohio, Robert Kominiarek. Padahal kelenjar yang terdapat di atas ginjal ini memproduksi hormon yang mengatur sistem dan kekebalan tubuh, metabolisme tubuh dan fungsi lainnya.

Stres juga membuat produksi beberapa hormon sedikit, termasuk hormon aldesterone yang mengatur kadar cairan dalam tubuh. Ketika produksi hormon aldesterone menurun memicu tubuh mengalami dehidrasi yang berujung meningkatkan kadar kortisol atau stres.

Ketika kadar kortisol meningkat, bisa memicu masalah pada tubuh. Tidak hanya stres tapi juga depresi dan gangguan mental lainnya. Sehingga stres dan dehidrasi itu seperti lingkaran setan. Dengan banyak minum air putih membantu menjaga tubuh agar tidak dehidrasi saat stres

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini