Sukses

Vaksin Flu Bisa Selamatkan Nyawa Anda

Vaksin flu tak hanya bisa melindungi Anda dari flu, tapi juga dari pneumonia

Liputan6.com, Jakarta Flu atau influenza bisa dibilang adalah penyakit yang paling umum dan paling sering menyerang. Biasanya, tak ada yang perlu dikhawatirkan serius dari penyakit ini, sehingga tak banyak orang yang mau repot-repot mengimunisasi diri atau anaknya dengan vaksin flu. Tapi, tahukah Anda bahwa imunisasi flu ternyata bisa menyelamatkan nyawa Anda?

Sebuah penelitian baru-baru ini, yang dilansir dari Health.com pada hari Rabu, (07/10/2015), mengatakan bahwa vaksin flu tak hanya bisa melindungi Anda dari flu, tapi juga dari Pneumonia.

Pneumonia merupakan penyebab utama masuknya seseorang ke rumah sakit karena gejala flu, dan juga penyebab kematian nomor satu. Para peneliti juga mengatakan bahwa anak-anak dan orang dewasa yang dirawat karena pneumonia hampir semuanya tidak pernah menerima vaksin flu.

"Vaksin flu secara nyata bisa menurunkan risiko Anda dirawat karena pneumonia influenza, komplikasi serius yang disebabkan oleh infeksi influenza," jelas kepala peneliti. Dr. Carlos Grijalva, seorang asisten profesor bidang kebijakan kesehatan di Vanderbilt University School of Medicine, Nashville, Amerika Serikat.

Di Amerika saja, ada sekitar 200.000 orang yang masuk rumah sakit karena wabah flu tahunan, dan 49.000 orang meninggal karenanya. Namun, perlu diingat bahwa penyebab kematian utamanya bukanlah karena penyakit flu itu sendiri, melainkan karena pneumonia, suatu komplikasi umum yang terjadi setelah flu.

Para peneliti mengatakan bahwa walaupun vaksin flu tidak bisa mencegah pneumonia, namun vaksin ini memberi Anda perlindungan terhadap penyakit ini. (Nils)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini